Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

7 Contoh Surat Lamaran yang Paling Sering Dipakai dan Tips agar Surat Lamaran Dilirik Tim HRD

Surat lamaran kerja adalah dokumen terpenting yang harus disertakan setiap akan melamar pekerjaan. Pelajari cara menulis dan contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu simak di artikel ini!

Posted: Thursday, Jul 20, 2023

Share:

7 Contoh Surat Lamaran yang Paling Sering Dipakai dan Tips agar Surat Lamaran Dilirik Tim HRD cover

Ketika kamu akan melamar ke perusahaan yang kamu inginkan, tentunya kamu harus mengirimkan surat lamaran terlebih dahulu. Surat lamaran berisi riwayat diri kamu secara singkat supaya perusahaan tempat kamu melamar dapat mengetahui kompetensi yang kamu miliki.

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, buatlah surat lamaran semenarik mungkin supaya HRD perusahaan yang kamu lamar tertarik dan memanggil interview. Lantas, bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang benar dan menarik? Artikel ini akan mengulas tentang surat lamaran lengkap dengan contohnya supaya kamu bisa dipanggil wawancara. Yuk, simak sampai habis!

Hal Penting Saat Menyusun Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang wajib kamu sertakan saat hendak melamar kerja ke suatu perusahaan. Di dalam surat lamaran, kamu wajib menyertakan data diri terbaru secara lengkap yang meliputi: nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, jenjang pendidikan terakhir, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat domisili.

Tak kalah penting dari data diri, di dalam surat lamaran juga sebaiknya kamu menuliskan deskripsi singkat tentang dirimu dengan menarik dan apa adanya. Nah, supaya surat lamaran dilirik oleh tim HRD, ikuti tips-tips berikut ini.

1. Tulislah Surat Lamaran dengan Bahasa yang Sopan dan Tersusun Rapi

Sebelum memanggil pelamar ke tahap interview, tim HRD akan menyeleksi pelamar melalui surat lamaran dan CV. Oleh karena itu, tulislah surat lamaran dengan bahasa yang baik dan sopan.

Di samping itu, susunan surat juga harus dibuat rapi supaya jelas dan nyaman dibaca tim HRD. Dengan begitu tim HRD akan menganggapmu cukup kompeten dan serius untuk melamar ke perusahaan, sehingga peluang untuk dipanggil wawancara akan semakin besar.

2. Surat Lamaran Disusun oleh Diri Sendiri

Saat akan melamar kerja, kamu wajib menyusun surat lamarannya sendiri. Jangan sampai surat lamaranmu dibuatkan oleh orang lain, karena pelamar akan mendapatkan kesan negatif dari pihak tim HRD, misalnya dianggap tidak jujur atau tidak dapat mengerjakan tanggung jawabnya sendiri.

Maka, kamu harus berusaha membuat lamaran kerja secara mandiri. Bila ada hal yang tidak diketahui, kamu bisa langsung bertanya pada orang yang sudah berpengalaman atau bisa juga mencari di internet.

3. Menyiapkan Berkas-Berkas Lain yang Diperlukan

Perusahaan yang membuka lowongan kerja tentunya mencantumkan beberapa persyaratan berkas yang harus dipenuhi oleh pelamar.

Selain surat lamaran, perusahaan biasanya meminta pelamar melengkapinya dengan dokumen lain seperti: CV, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, fotokopi KTP, fotokopi SKCK, fotokopi surat sehat, dan dokumen pendukung lainnya.

Baca Juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja, Struktur dan Cara Menulisnya! 

Tata Cara Menyusun Surat Lamaran yang Baik dan Menarik

Tidak ada aturan mutlak dalam penulisan surat lamaran, sehingga para jobseeker yang masih baru lulus kerap bingung saat membuat surat lamaran.

Akan tetapi, dalam menulis surat lamaran yang baik, para pelamar wajib memastikan tidak melewatkan beberapa hal berikut karena kerap menjadi perhatian tim HRD. Apa sajakah itu?

  1. Menggunakan bahasa Indonesia baku.

  2. Menulis tujuan surat di bagian paling awal surat lamaran.

  3. Mencantumkan nama dan alamat perusahaan yang hendak kamu lamar.

  4. Tuliskan salam pembuka.

  5. Penjelasan singkat tentang diri kamu, mulai dari data diri, tujuan melamar, kompetensi diri, dan pengalaman kerja.

  6. Menggunakan salam penutup.

  7. Menulis tempat dan tanggal saat kamu membuat surat lamaran kerja.

  8. Bubuhkan tanda tangan dan nama terang pelamar di akhir surat lamaran.

  9. Menyertakan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Baik

Surat lamaran menjadi sarana tim HRD untuk menilai kualitas diri, profesionalisme, dan kompetensi pelamar secara singkat.

Maka dari itu, pelamar tidak boleh asal dalam menyusun lamaran kerja. Buatlah lamaran kerja semenarik mungkin dan tonjolkan kelebihanmu dibandingkan pelamar lain, tapi tetap apa adanya.

Di bawah ini ada beberapa contoh penyusunan surat lamaran yang bisa kamu ikuti dan terapkan di surat lamaranmu sendiri. Yuk, simak sampai akhir!

Baca Juga: Mengenal Cover Letter, Bagian Penting Ketika Ingin Melamar Pekerjaan 

1. Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Yogyakarta, 17 Juli 2023


Kepada Yth.

HRD PT. Teknologi Maju

Jl. Teknologi No. 45

Jakarta


Dengan hormat,


Nama saya Lutfi Pratama, S.Kom., baru saja lulus dari Universitas Gadjah Mada jurusan Teknik Informatika. Saya mengetahui bahwa PT. Teknologi Maju membuka lowongan kerja untuk posisi Junior Programmer, dan saya tertarik untuk melamar posisi tersebut.


Saya percaya bahwa pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh selama studi akan membantu saya untuk memberikan kontribusi yang berarti untuk perusahaan Anda. Selain itu, saya memiliki kemampuan dalam berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Python, dan C++.


Saya lampirkan CV saya sebagai bahan pertimbangan. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan lebih lanjut tentang potensi dan kapabilitas saya.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,


Lutfi Pratama



2. Surat Lamaran Kerja Melalui E-Mail

Subjek: Lamaran Kerja - Digital Marketer


Yth. Bapak/Ibu HRD PT. Kreatif Media,


Nama saya Dian Sastrohusodo. Saya mengetahui adanya lowongan pekerjaan sebagai Digital Marketer di PT. Kreatif Media dari situs pencarian kerja Indeed.com.


Saya telah menyelesaikan pendidikan S1 Manajemen Informatika di Universitas Indonesia dan memiliki pengalaman magang sebagai asisten digital marketing selama 6 bulan di PT. Solusi Digital. Dalam magang tersebut, saya terlibat langsung dalam pembuatan strategi pemasaran digital dan telah berhasil meningkatkan traffic situs perusahaan sebesar 30%.


Saya melampirkan CV dan portofolio saya dalam email ini. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk diskusi lebih lanjut.


Terima kasih atas perhatian dan kesempatannya.


Salam hangat,


Dian Sastrohusodo


3. Surat Lamaran Magang

Bandung, 17 Juli 2023


Kepada Yth.

HRD PT. Desain Grafis Indonesia

Jl. Aesthetic No. 100

Jakarta


Dengan hormat,


Perkenalkan, saya adalah Bella Laudya, mahasiswa semester 4 Jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Parahyangan. Saya ingin mengajukan diri untuk magang sebagai asisten desainer di PT. Desain Grafis Indonesia.


Selama kuliah, saya telah banyak mempelajari dan praktik desain grafis menggunakan Adobe Illustrator dan Photoshop. Saya percaya pengalaman magang di perusahaan Anda akan sangat berharga untuk pengembangan skill dan pengetahuan saya.


Saya melampirkan portofolio dan CV saya dalam surat ini. Saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk wawancara.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,


Bella Laudya



Baca Juga: Syarat Melamar Kerja, Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan?

4. Surat Lamaran Kerja untuk yang Sudah Berpengalaman

Surabaya, 17 Juli 2023


Kepada Yth.

HRD PT. Karya Bangsa

Jl. Industri No. 21

Jakarta


Dengan hormat,


Nama saya Budi Santoso, S.E., M.M. Saya mengetahui adanya lowongan pekerjaan sebagai Manajer Keuangan di PT. Karya Bangsa. Dengan surat ini, saya ingin mengajukan diri untuk posisi tersebut.


Saya memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun sebagai Asisten Manajer Keuangan di PT. Maju Bersama. Saya yakin pengalaman tersebut akan memampukan saya untuk memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan Anda.


Saya melampirkan CV dan referensi kerja saya dalam surat ini. Saya berharap dapat mendiskusikan lebih lanjut tentang bagaimana saya bisa berkontribusi bagi PT. Karya Bangsa.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,


Budi Santoso


5. Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 

Jakarta, July 17, 2023


To whom it may concern,

HRD ABC Company

Jl. International No. 10

Jakarta


Dear Sir/Madam,


My name is Raisa Indriana. I learned about the job vacancy for an English Translator at ABC Company through LinkedIn job posting. I am interested in applying for this position.


I hold a Bachelor's Degree in English Literature from University of Indonesia and have worked as a freelance translator for the past three years. My experience and linguistic skills would enable me to contribute effectively to your team.


Enclosed is my CV for your review. I look forward to the opportunity to discuss my candidacy further.


Thank you for considering my application.


Sincerely,


Raisa Indriana


6. Surat Lamaran Kerja CPNS

Medan, 17 Juli 2023


Kepada Yth.

Panitia Seleksi Penerimaan CPNS

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Jakarta


Dengan hormat,


Saya, Andi Saputra, S.Hut, berusia 26 tahun, ingin mendaftar sebagai calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Saya telah menyelesaikan pendidikan S1 Kehutanan di Institut Pertanian Bogor dan memiliki minat yang kuat dalam pelestarian hutan dan lingkungan hidup.


Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan dokumen pendukung lainnya. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi lebih lanjut.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,


Andi Saputra


7. Surat Lamaran Kerja Bank

Jakarta, 17 Juli 2023


Kepada Yth.

HRD Bank BRI

Jl. Pembangunan No. 50

Jakarta


Dengan hormat,


Nama saya Joko Wardoyo. Saya mengetahui bahwa Bank BRI membuka lowongan untuk posisi Customer Service, dan saya tertarik untuk melamar posisi tersebut.


Saya adalah lulusan S1 Ekonomi dari Universitas Airlangga dan memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun sebagai Customer Service di Bank Mandiri. Saya percaya bahwa pengalaman dan dedikasi saya dalam melayani pelanggan akan menjadi nilai tambah bagi Bank BRI.


Saya lampirkan CV saya sebagai bahan pertimbangan. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk wawancara.


Terima kasih atas perhatiannya.


Hormat saya,


Joko Wardoyo


Itu dia contoh-contoh surat lamaran yang baik dan benar, mulai dari surat lamaran untuk job seeker yang belum ada pengalaman kerja, sudah berpengalaman kerja, CPNS, bank BUMN, magang, hingga contoh surat lamaran dalam bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti.

Surat lamaran berbahasa Inggris sangat disarankan untuk kamu yang ingin melamar kerja di perusahaan multinasional, internasional, NGO, dan badan perusahaan asing lainnya yang ada di Indonesia atau luar negeri. Tujuannya agar tim recruiter bisa memahami surat lamaran kamu dan menyeleksi seluruh berkas administratif yang kamu kirimkan.

Namun yang perlu diingat, surat lamaran untuk CPNS bisa berbeda-beda tergantung kementeriannya dan biasanya akan diberikan contoh di laman resmi kementerian. Jadi, kamu harus cermat ketika menyelami berbagai informasi di laman resmi perusahaan setiap ada lowongan pekerjaan.

Demikian ulasan singkat tentang menyusun surat lamaran yang baik dan menarik lengkap dengan contoh-contoh yang paling sering dipakai. Tetap semangat dan teruslah tingkatkan nilai diri dengan mengikuti berbagai kursus bersertifikasi internasional. ke siapa, bisa kamu ceritakan secara anonim ke HR Profesional MyEduSolve melalui #TalkToDIAN, ya! 

MyEduSolve menawarkan berbagai kursus sertifikasi yang tentunya sudah diakui secara internasional. Dengan mengikuti kursus sertifikasi ini, kamu dapat mengasah keterampilan dan juga meningkatkan nilai diri di persaingan kerja yang semakin ketat. Yuk, daftar sekarang hanya di MyEduSolve.


Related Tags

contoh surat lamaran kerja
pencarian kerja

2,219

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.