Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tips dan Trik Untuk Menanyakan Lowongan Kerja Melalui E-Mail!

Dapatkan tips dan contoh efektif cara bertanya tentang lowongan kerja via e-mail. Tingkatkan kesempatanmu untuk mendapatkan respons positif dari perusahaan!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Mar 21, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Tips dan Trik Untuk Menanyakan Lowongan Kerja Melalui E-Mail! cover

Mungkin kamu sudah memiliki perusahaan impian dan ingin bekerja di sana. Meski perusahaan impian kamu tidak sedang membuka lowongan kerja, tapi kamu bisa bertanya lowongan pekerjaan lewat e-mail

Jika e-mail kamu dibalas, kamu bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang kadang-kadang tidak dipublikasikan di portal lowongan kerja.

Nah, kalau kamu ingin mencoba trik ini, yuk pelajari cara bertanya lowongan kerja lewat e-mail agar kamu berpeluang tinggi mendapat balasan e-mail. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat E-Mail

Tidak semua perusahaan mempublikasikan lowongan pekerjaan di portal-portal lowongan kerja. Nah, tapi kamu bisa mencari informasi lowongan kerja dengan mengirim pesan ke e-mail perusahaan. Berikut cara yang dapat kamu praktikkan.

  1. Cari Tahu tentang Perusahaan

Sebelum bertanya lowongan pekerjaan, tentu saja kamu harus rajin membuka website resmi setiap perusahaan yang kamu incar. Biasanya perusahaan besar akan mencantumkan lowongan pekerjaan di website atau media sosial mereka.

Namun, kadang kala terdapat lowongan yang tidak dipublikasikan secara terbuka, sehingga kamu harus mencari sendiri informasinya dengan menghubungi admin perusahaan. Caranya bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di website dan media sosial.

  1. Temukan Penerima E-Mail yang Tepat

Setelah membuka website dan media sosial resmi perusahaan, kamu harus mencatat kontak yang tertera baik itu e-mail, WhatsApp, LinkedIn, atau direct message. Kamu bisa menanyakan lowongan pekerjaan ke salah satu dari keempat media tersebut.

Namun, supaya terlihat lebih profesional, kamu bisa bertanya terkait bukaan lowongan melalui e-mail. Biasanya e-mail perusahaan dipegang oleh admin ataupun staf HRD.

  1. Perkenalkan Diri

Apabila kamu sudah menemukan kontak perusahaan, jangan lupa perkenalkan dirimu secara singkat di bagian awal pesan. Kemudian, tuliskan juga alasan mengapa kamu mengontak mereka.

Lalu, kamu bisa lanjutkan dengan mempromosikan kemampuanmu. Jika keterampilanmu menarik dan dianggap sebagai calon kandidat potensial, kamu akan diminta mengirimkan CV dan surat lamaran.

  1. Tutup dengan Kontak yang Bisa Dihubungi

Di bagian akhir pesan, masukkan juga kontak yang bisa dihubungi supaya admin atau HRD akan mudah menghubungimu. Kamu dapat memakai fitur signature e-mail untuk mencantumkan kontakmu.

Dengan begitu, kamu akan langsung dihubungi oleh admin atau HRD jika mereka memang tertarik pada profil dan keterampilanmu.

  1. Lampirkan CV dan Cover Letter

Kalau kamu ingin lebih menghemat waktu, kamu juga bisa langsung melampirkan CV dan cover letter atau surat lamaran ketika mengirimkan e-mail. Jadi, HRD atau admin dapat langsung membaca riwayat hidup dan pendidikanmu.

Nanti mereka akan langsung menghubungi kontak yang kamu cantumkan di CV jika kamu memang sudah memenuhi kualifikasi yang dicari.

Baca juga: Syarat Melamar Kerja, Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan?

Tips Bertanya Lowongan Kerja Lewat E-Mail

Ketika kamu bertanya terkait lowongan kerja melalui e-mail ke suatu perusahaan, tentu kamu harus mengetahui apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bertanya via e-mail demi menjaga nama baik. Apa sajakah itu?

  1. Hal yang Boleh Dilakukan Saat Bertanya Lowongan Kerja Lewat E-Mail

  • Menulis alasan kamu tertarik melamar ke perusahaan.

  • Menjabarkan riwayat pendidikan, kemampuan, pengalaman, dan pencapaian yang pernah kamu kerjakan.

  • Meminta kesempatan untuk wawancara jika kemampuanmu sesuai dengan kualifikasi yang diminta perusahaan dan akan meluangkan waktu untuk wawancara.

 

  1. Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bertanya Lowongan Kerja Lewat E-Mail

  • Melebih-lebihkan keterampilan, kelebihan, dan pengalaman apalagi jika tidak sesuai dengan kenyataan.

  • Mengarang informasi yang ditulis dalam e-mail, CV, dan surat lamaran demi menarik di mata HRD.

  • Menulis dengan kesan terlalu memaksa atau dengan kesan pesimis. Usahakan tulis pesan e-mail dengan suasana positif dan optimis supaya nyaman dibaca. Selain itu, dengan isi pesan positif, maka kamu akan mendapatkan respon yang positif juga dari HRD.

Baca juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja, Struktur dan Cara Menulisnya!

Contoh E-Mail Bertanya Lowongan Kerja

Jika kamu ingin mengirim pesan e-mail ke perusahaan tapi masih bingung dalam menyusun kalimatnya, di bawah ini akan diberikan contoh e-mail yang dapat dijadikan acuan.

“Yth.

Bapak/Ibu HRD (nama perusahaan)

Selamat pagi, perkenalkan nama saya (nama kamu) bermaksud mengirimkan e-mail ini karena tertarik ingin bekerja di (nama perusahaan). Oleh karena itu, saya ingin menanyakan peluang kerja di perusahaan ini.

Menurut berbagai informasi yang sudah saya baca di (sebutkan sumber), Bapak/Ibu sudah lama bekerja di (nama perusahaan). Jadi, saya memutuskan menghubungi Bapak/Ibu sebagai orang yang tepat untuk dikontak.

Saya adalah lulusan (sebutkan jurusan) di (nama universitas) yang memiliki keterampilan di bidang (sebutkan bidang keahlian) dan ingin belajar serta mengembangkan potensi saya lebih dalam lagi.

Saya juga telah menyertakan CV dan surat lamaran di e-mail ini agar Bapak/Ibu dapat melihat lebih jauh mengenai keterampilan dan pengalaman saya.

Saya sangat menghargai apabila Bapak/Ibu memberikan informasi lowongan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi yang saya miliki dan bersedia memberikan saya peluang untuk berkarier di (nama perusahaan).

Terima kasih banyak, Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(nama kamu)

(kontak kamu)”

Baca juga: Tips Menyusun Surat Lamaran Kerja Pabrik dan Contohnya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menghubungi HRD?

Jika kamu bingung kapan waktu yang tepat untuk menghubungi HRD, sebaiknya kirimkan e-mail di hari kerja dan pada jam kerja.

Supaya e-mail kamu bisa langsung dibaca dan mendapat respon yang cepat. Sebab, kalau kamu mengirimkan e-mail di luar jam kerja, pesanmu akan bertumpuk dan berisiko tidak terbaca.

Itu dia informasi mengenai cara bertanya lowongan pekerjaan di e-mail yang dapat kamu pelajari dan ikuti. Kalau kamu masih memiliki kendala dalam karier dan mencari pekerjaan tapi tidak memiliki teman diskusi, kamu bisa manfaatkan fitur #TalkToDIAN dari MyEduSolve yang memberikan kamu kesempatan untuk ngobrol dengan profesional secara gratis.

Related Tags

Pencarian kerja

860

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.