Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Technical Writer Adalah: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Diperlukan

Kamu suka menulis? Mari ketahui pekerjaan Technical Writer yang saat ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan!

Posted: Tuesday, Feb 28, 2023

Share:

Technical Writer Adalah: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Diperlukan cover

Belakangan ini pasti kamu sering melihat lowongan Technical Writer yang beredar di berbagai platform mencari kerja.


Sebagai orang awam, mungkin kamu menganggap pekerjaan Technical Writer sama saja seperti pekerjaan di bidang penulisan lainnya seperti Content Writer dan Copywriter.


Namun, Technical Writer merupakan salah satu profesi penulisan lebih spesifik dan tentunya perlu skill tertentu agar bisa bekerja di pekerjaan tersebut.


Oleh karena itu, kali ini MyEduSolve akan membantu untuk menjelaskan kepadamu pengertian, tugas, serta skill yang diperlukan agar bisa menjadi seorang Technical Writer.


Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Technical Writer

Menurut Career Explorer, Technical Writer adalah seorang penulis yang memiliki tugas menulis yang spesifik untuk memudahkan pengguna dalam memahami permasalahan teknis.


Apa maksudnya? Seorang Technical Writer memiliki fungsi untuk mengubah berbagai penulisan yang kompleks dengan banyak istilah teknis supaya bisa gampang dipahami oleh pengguna, terutama pengguna yang awam.


Biasanya, Technical Writer akan membuat sebuah tulisan di user manual, spesifikasi produk, panduan instalasi, dan masih banyak lagi dengan tujuan agar pengguna bisa memahami dan menggunakan teknologi yang kompleks.


Saat bekerja, Technical Writer akan bekerja sama dengan Developer, Engineer, dan lainnya untuk mengumpulkan beragam informasi agar bisa membuat sebuah tulisan dengan bahasa yang jelas, ringkas, serta dibantu oleh penambahan visual seperti diagram untuk memudahkan pengguna memahami penggunaan produk.


Secara singkat, bekerja sebagai Technical Writer memiliki tujuan untuk membuat informasi tentang masalah teknis dengan bahasa yang mudah dimengerti serta user friendly.


Baca juga: Apa Itu UX Writer dan Skill yang Harus Dimiliki


Tugas Technical Writer

Seorang Technical Writer memiliki berbagai tugas spesifik yang harus diperhatikan, yaitu:


  1. Membuat Functional Specification Document

Functional Specification Document adalah sebuah dokumen untuk menjelaskan spesifikasi, bagaimana fungsinya, hingga cara kerja dari alat atau aplikasi tertentu.


Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti tentunya sangat membantu dan memudahkan pengguna untuk mengoperasikan alat atau aplikasi tersebut tanpa ribet.


  1. Membuat User Manual

Selanjutnya adalah membuat User Manual, yaitu sebuah dokumen yang berisikan tentang cara kerja dan bagaimana produk atau alat tersebut digunakan.


User Manual ditujukan tidak hanya untuk orang yang sudah ahli di bidang teknis, tetapi juga untuk orang yang masih awam sehingga seorang Technical Writer perlu menggunakan bahasa teknis yang mudah untuk dimengerti.


  1. Membuat Installation Guide

Installation Guide adalah sebuah buku petunjuk yang biasa digunakan untuk merakit sebuah alat atau produk.


Tidak hanya berbentuk tulisan saja, namun Installation Guide juga ada dalam format flowchart, diagram, animasi, hingga video yang memiliki bahasa yang mudah untuk dipahami pengguna.


  1. Membuat Frequently Asked Question

Pastinya kamu sering melihat bagian ini saat menggunakan produk atau alat apapun.


Frequently Asked Question berisikan daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna, sehingga tugas Technical Writer adalah untuk mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menjawabnya secara padat dan jelas.


  1. Membuat Product Development Plan

Tugas berikutnya adalah seorang Technical Writer bisa menjelaskan bagaimana sebuah produk atau alat dapat dikembangkan kedepannya.


Dalam konteks ini, Technical Writer akan menuliskan penjelasan bagaimana produk tersebut akan berkembang di masa depan.


Skill yang Diperlukan

Zippia menjelaskan, setidaknya ada 5 skill yang diperlukan jika kamu ingin menjadi seorang Technical Writer yang handal, seperti:


  1. Keterampilan menulis

Sama seperti pekerjaan di bidang penulisan lainnya seperti Content Writer dan Copywriter, seorang Technical Writer harus memiliki keterampilan menulis yang sangat baik.


Sebagai Technical Writer, menulis dengan bahasa yang baik dan benar, tersusun dengan rapi, serta mudah dipahami adalah kemampuan yang harus ditunjukan dalam penulisannya.


Selain itu, memilih kosa kata yang sederhana dan tepat untuk menyampaikan hal yang rumit dan kompleks juga menjadi skill yang perlu dikuasai sebagai Technical Writer.


  1. Kemampuan riset

Membuat tulisan instruksi dalam pemakaian sebuah produk atau alat tentunya harus diawali dengan riset yang mendalam tentang barang dimaksud.


Alhasil, memiliki kemampuan riset yang baik dapat memastikan bahwa apa yang kamu tuliskan itu sudah benar dan juga relevan.


  1. Bekerja sama dalam tim

Technical Writer harus bisa mengkomunikasikan apa yang dituliskan secara baik ke pengguna serta perusahaan.


Mereka akan bekerja sama dengan Desainer, Staf Teknis, Developer, hingga Editor untuk memastikan bahwa produk yang akan dikembangkan sesuai apa yang diharapkan oleh pengguna dan perusahaan.


Baca juga: Customer Service: Pengertian, Tugas, dan Pentingnya Bagi Bisnis


  1. Berpikir kritis

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Technical Writer karena harus bisa mengumpulkan informasi, menganalisis, serta membuat sistematika produknya.


Ketika sudah memahami produknya seperti apa dan fungsinya, Technical Writer harus berpikir kritis bagaimana cara menuliskan instruksinya dengan bahasa yang sederhana dan sistematika menjelaskannya seperti apa.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar tips karier dan kesehatan mental namun bingung harus bertanya ke siapa, bisa kamu ceritakan secara anonim ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve hanya di #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Technical Writer

9,144

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.