Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager

Project manager atau manajer proyek adalah profesi yang berperan dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penyelesaian proyek. Untuk memulai karir sebagai project manager, diperlukan skill-skill dan juga sertifikasi sebagai penunjang untuk berkarir di bidang project management.

Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Share:

Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager cover

Apa Itu Project Manager?

Seorang project manager memiliki tanggung jawab dalam perencanaan, pengadaan dan pelaksanaan proyek dari awal hingga selesai. Project Manager dapat mengerjakan proyek dalam berbagai macam bidang dan industri, mulai dari Event Organizer, IT, Pembangunan Infrastruktur, Sipil, Perkebunan, Entertainment, dan lain sebagainya.

Tanggung jawab Seorang Project Manager

1. Memastikan bahwa proyek yang dijalankan selesai dengan tepat waktu
2. Menyusun budget dan menjalankan proyek sesuai budget yang ditetapkan
3. Menjaga agar tujuan proyek terpenuhi dan anggota tim melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing
4. Mengawasi proyek dan memastikan hasil yang diinginkan tercapai dengan sumber daya yang paling efisien
5. Memahami risiko-risiko suatu proyek dan memiliki langkah untuk mengatasi/meminimalisir risiko tersebut.

Keterampilan yang Diperlukan bagi Project Manager

Dilansir dari Project Manager.com ada banyak skill yang sangat diperlukan sebagai berikut:

1. Kepemimpinan

Sebagai project manager, kamu bertanggung jawab tidak hanya untuk memperhatikan proyek hingga berhasil, tetapi kamu juga akan memimpin tim untuk mencapai tujuan itu. Pahami bagaimana cara mengarahkan anggota tim untuk mengerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan, memotivasi, dan membuat mereka mampu menyelesaikan proyek tersebut.

2. Komunikasi

Kamu tidak hanya akan berkomunikasi dengan tim, tetapi kamu juga harus memiliki komunikasi yang jelas dengan semua orang yang terkait dengan proyek, mulai dari vendor dan kontraktor hingga pemangku kepentingan dan juga pelanggan.

3. Penjadwalan

Satu-satunya cara untuk mencapai tujuan proyek dalam jangka waktu yang telah diputuskan adalah dengan memecah tujuan itu menjadi tugas-tugas dengan membuat timeline. Itulah penjadwalan, dan itulah inti dari apa yang dilakukan manajer proyek yakni menyiapkan jadwal yang realistis dan kemudian mengelola sumber daya agar tetap sejalan sehingga proyek dapat diselesaikan secara tepat waktu dan sukses.

4. Manajemen Risiko

Segala sesuatu tindakan yang dilakukan pasti mempunyai risiko. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan proyek, kamu perlu untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan risiko. Semakin handal kamu mengelola risiko, semakin besar kemungkinan proyek akan berhasil.

5. Biaya Manajemen

Untuk menjalankan sebuah proyek, tentunya akan ada biaya yang dibutuhkan. Tugas seorang project manager adalah untuk memastikan bahwa anggaran tersebut realistis dan dapat memenuhi kebutuhan keuangan selama proyek dan mengendalikan biaya tersebut melalui pelaksanaan proyek.

6. Negosiasi

Skill ini sangat diperlukan sebagai seorang project manager karena berhubungan dengan supplier, klien, dan para stakeholders lainnya yang memiliki kepentingan dalam sebuah proyek. Negosiasi merupakan bagian dari komunikasi, tetapi terkadang kita harus bernegosiasi mengenai tugas yang diberikan, dengan anggota tim, berargumen tentang mengambil keputusan, dan lain sebagainya.

7. Berpikir Kritis

Berpikir kritis maksudnya kamu bersikap seobjektif mungkin dalam menganalisis dan mengevaluasi suatu masalah atau situasi yang dihadapi, sehingga kamu dapat membentuk penilaian yang tidak bias agar dapat memandu keputusanmu secara adil.

8. Manajemen Tugas

Seorang project manager akan dihadapkan dengan tugas-tugas yang banyak sehingga kamu harus menetapkan deadline, memprioritaskan tugas, melacak kemajuan, dan hal-hal lainnya untuk memastikan bahwa tidak akan terjadi penundaan terhadap proyek tersebut.

Baca juga: Cara Praktis Membuat Project Management Plan

9. Manajemen Mutu

Manajemen mutu berfungsi mengawasi kegiatan dan tugas yang diperlukan untuk menghasilkan suatu produk atau layanan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

10. Selera Humor

Selera humor termasuk soft skill yang diperlukan karena dengan selera humor, memungkinkan kamu untuk menghilangkan stres bagi dirimu sendiri dan juga tim. Kamu juga dapat mempengaruhi budaya tempat kamu bekerja dengan suasana hati yang lebih baik.

11. Memiliki Kesabaran

Proyek membutuhkan waktu, mulai dari penelitian hingga perencanaan, perlu dipikirkan secara matang agar dapat berjalan dengan lancar dan juga pasti tidak akan terhindar dari suatu masalah. Baik itu permintaan perubahan atau tindakan anggota tim ataupun stakeholders yang memiliki harapan yang terlalu besar. Jika kamu tidak memiliki kesabaran, maka kondisinya akan semakin buruk.

12. Paham Teknologi

Pekerjaan sebagai project manager sangat erat kaitannya dengan teknologi. Dari teknologi, bisa membantumu untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja tim selama proyek berlangsung. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui teknologi terkini dan menguasainya agar bisa bermanfaat bagimu dan tim. 

Baca juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

Gaji Project Manager

Dilansir dari Neuvoo Rata-rata gaji Project Manager di Indonesia adalah Rp. 11.500.000 per bulan dan Rp. 138.000.000 per tahun. Untuk gaji awal posisi tersebut dimulai di kisaran Rp. 47.590.768 per tahun sementara bagi karyawan berpengalaman, gaji berada di kisaran Rp. 234.600.000 per tahun.

Pentingnya Sertifikasi Bagi Project Manager

Menjadi manajer proyek yang bersertifikat dapat membuka pintu untuk peluang karir dan potensi kamu untuk menghasilkan gaji yang lebih tinggi. Ada berbagai lembaga pendidikan yang menawarkan sertifikasi manajemen proyek dengan berbagai spesialisasi. Salah satu lembaga yang paling dikenal luas adalah Project Management Institute (PMI). Kamu bisa mengambil sertifikasi ini di website MyEduSolve

MyEduSolve adalah edutech dengan fokus meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui literasi digital. Sebagai upaya dari pelaksanaan visi tersebut, MyEduSolve berupaya membangun ekosistem solusi pendidikan yang memberdayakan siswa, pendidik dan profesional.

Kesimpulannya, untuk menjadi seorang project manager yang handal adalah sebuah tantangan yang tidaklah mudah. Apalagi, ada banyak skill yang harus diasah. Namun, bukan berarti kamu tak bisa untuk mencapai hal tersebut. Dengan kemauan untuk belajar seperti mengikuti sertifikasi PMI, kamu bisa sangat berpeluang untuk menjadi seorang project manager yang profesional.

Baca juga: Mau Jadi Project Manager? Kenali Apa Itu Sertifikasi Project Management Ready

Untuk kamu yang sedang berkeinginan atau mempunyai cita-cita menjadi seorang project manager, semoga informasi seputar profesi project manager diatas dapat berguna, dan tetap semangat ya!

Article Tag:

project manager,manajer proyek,gaji project manager,tugas project manager,project management institute

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager

Posted: Thursday, Oct 07, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

project manager,manajer proyek,gaji project manager,tugas project manager,project management institute

Category:

Pencarian Kerja

Share:

587

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.