Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu UX Writer dan Skill yang Harus Dimiliki

Mari ketahui pekerjaan dan tugas UX Writer yang sedang diminati fresh graduate!

Posted: Tuesday, Oct 25, 2022

Share:

Apa Itu UX Writer dan Skill yang Harus Dimiliki cover

Salah satu pekerjaan yang sedang diminati oleh para fresh graduate adalah UX Writer. Bagaimana tidak, perkembangan teknologi serta perilaku konsumen sangat dinamis, perusahaan perlu menarik perhatian konsumen melalui produknya di aplikasi atau website. UX Writer dapat menghadirkan solusi dari permasalahan tersebut. Mari kita bahas mengenai UX Writer, tugas yang harus dilakukan, serta skill yang harus kamu miliki!


Apa Itu UX Writer?

Menurut CareerFoundry, UX Writer adalah para ahli menyusun teks dalam bentuk microcopy yang muncul di seluruh interface produk digital. Berbeda dengan Copywriter, UX Writer bertugas untuk memandu pengguna dalam menggunakan produk digital secara intuitif.


Masih di dalam payung UI UX Design, tugas yang harus dilakukan seorang UX Writer diantaranya:


  1. Riset dan mencari solusi dari masalah pengguna

  2. Penulis yang handal mencari diksi yang sederhana

  3. Mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak


Baca juga: UI dan UX: Perbedaan, Tujuan Hingga Prospek Pekerjaan


Skill yang Harus Dimiliki

Bagi kamu yang suka menulis dan tertarik belajar UI UX, maka UX Writer merupakan pekerjaan yang sesuai. Maka dari itu, kamu harus mengetahui skill yang harus dimiliki seorang UX Writer. Berikut adalah skill-nya:


  1. Punya pola pikir seperti seorang desainer

Sebagai UX Writer, kamu harus sering bersinggungan dengan UI UX Design dan secara tidak langsung punya pola pikir seperti seorang desainer, agar membuat produk bisa lebih dijangkau dengan mudah oleh pengguna.


  1. Dapat menjadi pendengar yang aktif

Saat pengguna mengalami masalah ketika menggunakan produk digital, maka kritik dan saran juga akan sering dihadapkan kepada UX Writer. Kamu harus terbuka kepada saran-saran tersebut agar menjalin komunikasi yang kuat dengan pengguna.


Baca juga: Mengenal UX Illustrator, Pekerjaan yang Diminati Generasi Milenial


  1. Mampu menjaga networking

Dalam dunia UX Writer, berkolaborasi dengan divisi lain adalah suatu hal yang wajib. UX Writer harus menjalin kerja sama kepada UX Designer, UX Engineer, UX Researcher, dan Product Manager agar dapat mencari solusi dari permasalahan pengguna.


Itu dia penjelasan mengenai UX Writer! Jika kamu ingin tahu tentang pekerjaan di bidang digital yang lain, kamu bisa membaca konten menarik lewat MyEduSolve Blog, ya!

Related Tags

UX Writer

3,343

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.