5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sudah sangat umum digunakan untuk keperluan kuliah bahkan bekerja. Ketahui apa saja trik-trik Microsoft Word yang masih jarang diketahui melalui artikel ini!

Posted: Friday, Dec 17, 2021

Updated: Friday, Feb 03, 2023

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Friday, Dec 17, 2021

Share:

5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui cover

Ternyata, sebagian orang belum mengetahui apa saja trik-trik dari Microsoft Word agar lebih memudahkan pekerjaan mereka.

Lantas, apa sajakah itu? Berikut ini adalah trik-trik Microsoft Word yang masih jarang diketahui:

1. Mengganti Teks

Suatu waktu, kamu menemukan bahwa terjadi kesalahan yang berulang-ulang pada dokumenmu, contohnya seperti salah mengeja. Kamu dapat menggunakan fitur "Word Find and Replace" agar lebih cepat untuk membuat revisinya. Caranya, dari tab Home, klik "Replace" atau Ctrl+H. Lalu, kotak dialog "Find and Replace" akan muncul.
Ketik teks yang ingin kamu temukan pada "Find what". Kemudian ketik teks yang ingin kamu ganti di kotak "Replace". Lalu klik "Find Next". Kemudian, tinjau kembali teks yang ingin dirubah. Setelah selesai, klik "Close" untuk menutup kotak dialog.

Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

2. Kertas Portrait dan Landscape

Ternyata kamu bisa mengatur kertas portrait dan landscape secara sekaligus dalam satu file loh! Caranya, tentukan dulu halaman atau paragraf yang ingin diatur menjadi portrait atau landscape. Lalu, klik "Page Layout > Page Setup > Margins > Custom Margins". Kemudian pilih "Portrait" atau "Landscape".
Pada pilihan "Apply to" yang berada di kiri bawah, klik "Selected Text". Cara ini juga dapat kamu lakukan dengan klik "Page Layout > Section Breaks" yang ada di toolbar. Selain untuk orientasi halaman, kedua cara ini juga bisa dipakai untuk pengaturan nomor halaman dokumen pada skripsi atau buku.

3. Copy Paste yang Banyak

Kamu bisa memilih beberapa paragraf acak dari sejumlah dokumen, kemudian paste di satu file sekaligus. Fitur ini disebut dengan Spike. Caranya mudah, blok kata yang ingin di-cut dan tekan "Ctrl+F3". Blok bagian lainnya lagi dengan cara yang sama. Jika ingin Undo Spike terakhir, klik saja "Ctrl+Z". Ketika sudah merasa cukup, paste dengan Ctrl+Shift+F3. Dengan ini, semua yang kamu cut akan tampil rapi di file baru.

4. Hyperlink

Abaikan cara lama dengan membubuhkan hyperlink referensi dengan cara "Insert > Hyperlink". Cobalah cara yang lebih cepat dengan klik "Ctrl+K".

5. Meminimalisir Kehilangan Dokumen

Atasi kehilangan dokumen dengan trik jitu ini!
Caranya, kamu bisa klik "
File > Open", lalu pilih file yang rusak dan ambil command "Recover Text from Any File" dari daftar tipe file tersebut yang berada di kanan bawah.

Baca juga: Microsoft Office Adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan!

Nah, sudah tahu kan trik-trik apa saja yang bisa digunakan dalam Microsoft Word? Saatnya kamu validasi keterampilanmu melalui sertifikasi Microsoft Office Specialist - Word Associate maupun Word Expert

Dengan keuntungan mendapat fasilitas seperti:
- Ujian dimanapun dan kapanpun
- CertPREP Practice Tests: aplikasi simulasi tes berisi soal-soal yang akurat sesuai dengan ujian sertifikasi sebenarnya
- LearnKey: 20+ jam materi pembelajaran online
- 1 kali kesempatan ujian ulang

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi alamat website kami!

Related Tags

Microsoft Word
Trik Microsoft Word

2,540

No Available Bundling Promo

Recommended Articles

Mengenal Managerial Skill yang Penting untuk Promosi Jabatan cover

Posted: 8 months ago

8 Min Read

author:MyEduSolve

MyEduSolve

5 Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman yang Perlu Kamu Ketahui! cover

Posted: 5 months ago

10 Min Read

Kenanga Admin

Afirmasi Positif: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya cover

Posted: 21 days ago

6 Min Read

Kenanga Admin

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.