Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya

Soft skill adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki jika kamu ingin masuk ke dalam dunia profesional. Cari tahu yuk, apa itu itu soft skill melalui artikel berikut ini!

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya cover

Soft skill adalah salah satu hal yang dibutuhkan dalam dunia profesional saat ini selain hard skill. Apakah kamu tahu apa itu soft skill?


Saat ini, hampir setiap institusi pendidikan mulai dari bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi memberikan pelajaran mengenai soft skill. Dengan adanya pengarahan mengenai soft skill, maka setiap individu diharapkan dapat bersaing di dunia profesional.


Apabila kamu masih kurang memahami apa itu soft skill dan bedanya dengan hard skill, silakan simak artikel berikut ini. MyEduSolve akan memberikan informasi lengkap yang tentu saja akan sayang untuk kamu lewatkan.

Apa Itu Soft Skill?


Jadi, apa itu soft skill? Soft skill adalah kemampuan yang berfokus kepada kecerdasan sosial, kreativitas, komunikasi, dan hal lainnya.


Soft skill ini dibutuhkan di dunia profesional karena perusahaan membutuhkan karyawan yang dapat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Selain itu, tuntutan dalam dunia profesional saat ini yang cukup tinggi membuat karyawan harus lebih tanggap dan kreatif dalam memberikan solusi untuk setiap permasalahan yang ditemukan.


Sebaliknya, hard skill merupakan kemampuan yang dikembangkan dari pendidikan atau latihan. Jadi, ilmu yang kamu dapatkan selama sekolah dan kuliah termasuk ke dalam hard skill yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara teknis.


Soft skill harus berjalan beriringan dengan hard skill dan begitupun sebaliknya. Dalam bekerja di dunia profesional, kamu tidak dapat bekerja sendiri melainkan bekerja di dalam 1 tim sehingga soft skill sangat diperlukan dalam hal ini untuk dapat berkomunikasi dengan sesama anggota tim.


Baca Juga: 10 Cara Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

4 Contoh Soft Skill yang Sangat Dibutuhkan oleh Perusahaan

Berikut ini, kamu akan menemukan 4 contoh soft skill yang sangat dibutuhkan di dalam dunia profesional saat ini, yaitu:

1. Pemecahan Masalah (Problem Solving)


Contoh soft skill pertama yang mungkin sering kamu temukan dalam bagi job requirements adalah kemampuan untuk memecahkan masalah atau problem solving. Kemampuan ini dibutuhkan untuk dapat mencari solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh client.


Untuk memecahkan masalah tersebut, kamu harus memiliki kemampuan untuk melakukan research, bekerja sama dalam tim, serta berpikir kritis. Selain itu, dibutuhkan juga adanya kreativitas yang dapat membantu menciptakan sebuah ide dalam menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan yang ada.


Baca Juga: Pengembangan Diri Adalah Aspek Kehidupan yang Penting di Zaman Now

2. Kepemimpinan (Leadership)

Kamu tentu saja ingin mendapatkan jabatan yang lebih tinggi di kemudian hari bukan? Apalagi jika perusahaan yang kamu tuju atau tempat bekerja sekarang menawarkan promosi jabatan.

Agar kamu dapat memiliki peluang yang tinggi untuk menjadi seorang lead atau head, maka tentu saja kemampuan yang dibutuhkan untuk hal tersebut adalah menjadi seorang pemimpin atau leadership. Sebagai seorang pemimpin, kamu harus dapat belajar membuat keputusan, mendelegasikan tugas, mengatur konflik, manajemen proyek, bahkan hingga mentoring.

3. Komunikasi (Communication)

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kemampuan yang sangat diperlukan dalam soft skill adalah komunikasi, khususnya jika kamu sering berhubungan dengan client. Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan dan perlu kamu kembangkan adalah public speaking, presentasi, mendengarkan serta memahami apa yang diminta oleh client, dan masih banyak lagi. 


Baca Juga: 5 Cara Memperluas Networking Bagi Pencari Kerja

4. Manajemen Waktu (Time Management)

Kamu tentu sering mendengar kata deadline. Biasanya, client atau atasan pasti sering meminta kamu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam batas waktu yang telah ditentukan.


Untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan secara tepat waktu, maka kamu membutuhkan manajemen waktu yang baik. Kemampuan time management ini dapat membantu kamu untuk fokus dengan setiap pekerjaan yang diberikan dan tentu saja dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu.


Baca Juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Gap Year Biar Lebih Produktif


Jadi, sebagai kesimpulan, soft skill adalah kemampuan yang harus dikembangkan untuk mengimbangi hard skill yang kamu miliki. Apabila kamu sudah memiliki soft skill yang baik namun masih ingin mengasah hard skill atau menambah skill baru, MyEduSolve menyediakan berbagai macam sertifikasi bertaraf internasional seperti Adobe, Microsoft, Project Management Institute, dan IT Specialist yang dapat digunakan sebagai penunjang untuk menggapai karier impianmu. Cek website kami sekarang juga untuk melihat pilihan sertifikasi yang kamu butuhkan!

Article Tag:

soft skillapa itu soft skillsoft skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

Article Tag:

soft skillapa itu soft skillsoft skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.