Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Shifting Career Adalah: Pengertian dan Cara Melakukannya

Ingin pindah bidang kerja tapi bingung mulai darimana? Mari simak penjelasan tentang shifting career!

Posted: Friday, Nov 25, 2022

Share:

Shifting Career Adalah: Pengertian dan Cara Melakukannya cover

Dalam bekerja, pasti ada satu momen di mana kamu akan merasa bosan, jenuh, dan capek dengan pekerjaan yang membuat dirimu mempertimbangkan untuk berpindah bidang kerja.


Tidak hanya itu, faktor pendukung lainnya seperti suasana pekerjaan, rekan kerja, hingga gaji yang didapatkan juga menjadi aspek penting agar bisa melakukan shifting career.


Namun, sebenarnya apakah kamu mengerti apa itu shifting career dan cara melakukannya? Kali ini, MyEduSolve akan memberikan jawabannya lewat artikel ini. Simak penjelasannya di bawah ini.


Apa Itu Shifting Career?

Secara umum, shifting career adalah sebuah proses ganti jenis pekerjaan atau profesi yang sedang kamu lakukan.


Sebagai contoh, saat ini kamu sedang bekerja di bidang Marketing dan ingin memulai karier di bidang Data Analyst itu bisa dikategorikan shifting career juga.


Mengapa hal ini bisa terjadi? Setidaknya ada beberapa faktor yang mendukung seseorang untuk melakukan shifting career, yaitu: 


  1. Prospek karier tidak menjanjikan

  2. Gaji yang lebih tinggi

  3. Ingin punya tantangan baru


Baca juga: Apa Arti Self Healing dan Cara Melakukannya


Cara Melakukan Shifting Career

Sebelum memutuskan untuk shifting career, ada baiknya kamu mengikuti empat caranya di bawah ini. Berikut adalah caranya:


  1. Evaluasi kepuasan kerja kamu saat ini

Kamu bisa memulai mengevaluasi kepuasan pekerjaan kamu saat ini melalui journaling


Misalkan, kamu bisa menuliskan apa yang membuat kamu senang dan nyaman di pekerjaan kamu sekarang, serta apa yang membuat dirimu tidak nyaman di pekerjaannya.


Dengan melakukan ini, kamu bisa mendapatkan gambaran yang jelas apa yang kamu mau di pekerjaan berikutnya.


  1. Menilai skill, value, dan minat

Kamu bisa menilai skill, value, serta minat dengan review kembali pekerjaan atau proyek apa saja yang telah kamu lakukan beserta pencapaiannya.


Hal ini sangat berguna untuk mengetahui apakah skill dan value kamu berguna untuk karier saat ini, sehingga jadi lebih tahu apa yang harus ditingkatkan di karier berikutnya.


  1. Ambil kelas online

Saat ini, banyak sekali informasi mengenai kelas online dan bisa mendapatkan sertifikasi yang dapat membantumu mencapai tujuan karier.


Maka dari itu, jika kamu ingin shifting career, mengambil kelas online dan mengetahui skill apa saja yang harus ditingkatkan di karier tertentu adalah hal yang sangat penting.


Baca juga: 5 Langkah Perencanaan Karir untuk Masa Depan Lebih Sukses


  1. Pertimbangkan alternatif karier pilihan

Terakhir, kamu bisa mendiskusikan tentang berbagai pilihan karier kamu berikutnya ke keluarga dan teman.


Selain itu, kamu juga bisa membahas tentang apa kelebihan dan kekuranganmu kepada keluarga dan teman sehingga bisa mendapatkan feedback yang sangat berguna untuk menentukan karier berikutnya.


Demikian penjelasan tentang shifting career, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar karier dan kesehatan mental tapi bingung mau cerita ke siapa, bisa kamu curahkan secara anonim lewat #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Shifting Career

4,970

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.