Perencanaan Karir: Pengertian dan Cara Membuatnya

Demi masa depan lebih baik, perencanaan karir adalah hal wajib yang harus kamu miliki. Ketahui bagaimana cara merancangnya dan juga informasi lainnya di sini.

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Perencanaan Karir: Pengertian dan Cara Membuatnya cover

Bagi kamu yang saat ini berencana untuk mulai melamar pekerjaan, maka perencanaan karir adalah hal yang harus dipahami. Kamu harus memahami mulai dari cara membuatnya dan berbagai macam hal yang terkait untuk mendukung rencanamu.

Membuat perencanaan dari karier yang akan kamu lalui adalah hal yang penting dilakukan. Proses ini akan memungkinkan kamu mengenali kekuatan dan minat yang dimiliki sehingga dapat menemukan peluang profesional yang akan bisa dimaksimalkan dan diraih.

Proses perencanaan karir mencakup serangkaian langkah sederhana dan dapat digunakan kembali di sepanjang jalur karir untuk memastikan jika kamu bekerja menuju tujuan akhir yang memuaskan. Sebelum merencanakan hal ini, ada baiknya untuk mengenal apa yang dimaksud dengan perencanaan karir.

Perencanaan Karir Untuk Menata Masa Depan

Perencanaan karir merupakan proses menemukan peluang pendidikan, pelatihan, dan profesional sesuai dengan minat, hasrat, dan tujuan kamu. Ada baiknya sebelum mencari pekerjaan, kamu menetapkan tujuan jangka panjang yang dapat dicapai dan kemudian mengidentifikasi apa yang ingin dilakukan sepanjang jalur karier. Buatlah dalam jangka waktu 5, 10, 15, 20 tahun dan seterusnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Perencanaan Karir yang Harus Diketahui Mahasiswa

Setelah itu kamu bisa menetapkan tujuan jangka pendek di antara setiap tahap untuk memastikan bahwa kamu memiliki langkah-langkah yang jelas untuk mencapai tujuan jangka panjang kamu. Perencanaan karir ini akan memungkinkan kamu untuk menguraikan tujuan dan mengevaluasinya seiring kemajuan yang dirasakan.

5 Langkah Membangun Perencanaan Karir

Untuk membuat perencanaan karir, kamu dapat menyelesaikan setiap langkah hanya sekali, atau meninjau kembali proses untuk mengubah arah dan menemukan pilihan karir baru yang lebih cocok. Berikut ini tahapan secara berurut untuk membangun perencanaan kariermu.

  • Eksplorasi dan penilaian diri sendiri

  • Riset karir

  • Eksplorasi dan eksperimen

  • Pengambilan keputusan dan pemilihan karir

  • Perencanaan dan tindakan akhir

  • Pencarian pekerjaan dan penerimaan

1. Eksplorasi dan Penilaian Diri Sendiri

Pahami kebutuhan, kekuatan, kepribadian, keterampilan, bakat, dan minat kamu untuk membuat keputusan akademis dan karier yang lengkap. Bakat yang dikembangkan dengan baik akan bisa menjadi salah satu amunisi kamu untuk mengarungi dunia kerja. Memilih karier yang sesuai dengan minat juga merupakan salah satu pilihan bagus yang bisa kamu coba. Jadi, mari mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

2. Riset Karir

Jika sudah menemukan kualitas dan bakat kamu, hal selanjutnya adalah memutuskan jenis karir yang diminati melalui penelitian. Mulai dengan daftar pekerjaan dan industri diinginkan. Kamu juga bisa mengikuti berbagai macam tes untuk mendapatkan gambaran akan karir yang bisa diambil. Cari sebanyak-banyaknya informasi agar bisa membuat perencanaan yang baik.

Baca Juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

3. Eksplorasi dan Eksperimen Karier

Setelah mempersempit daftar karier kamu, temukan cara untuk merasakan setiap karier secara langsung. Bisa dengan coba-coba melamar dan interview, atau bisa juga dengan melakukan kegiatan magang.

Baca Juga: 10 Profesi yang Paling Dicari di Abad 21

4. Pengambilan Keputusan dan Pemilihan Karier

Pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari semua pilihanmu, pertimbangkan faktor lainnya, seperti kemungkinan keseimbangan antara gaji dan kesenangan, pro dan kontra relokasi, dan keseimbangan kehidupan kerja.

5. Perencanaan dan Tindakan Akhir

Tulis semua tujuan dari perencanaan kariermu, baik yang jangka panjang maupun jangka pendek. Tulis juga setiap langkah untuk jalur karir yang kamu inginkan, termasuk langkah-langkah yang telah diambil untuk melihat kemajuan yang telah dibuat.

6. Pencarian pekerjaan dan penerimaan

Gunakan rencana karir tadi untuk memulai mencari pekerjaan yang diinginkan. Identifikasi pekerjaan dan perusahaan yang diminati, bandingkan preferensi dan persyaratan tersebut dengan rencana kariermu.

Nah, perencanaan karir adalah sesuatu yang harus kamu miliki. Namun untuk memantapkannya kamu bisa mengikuti berbagai macam pelatihan skill. Jika kamu butuh konsultasi dalam menentukan kariermu, maka TalktoDIAN siap membantu kamu. Program ini gratis jika kamu sudah mengambil sertifikasi di MyEduSolve, dapatkan sertifikasi untuk menunjang karier dan diikuti dengan konsultasi untuk menentukan masa depan yang lebih baik. Kunjungi website kita sekarang juga ya!

Article Tag:

perencanaan karirperencanaan karir adalah

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Perencanaan Karir: Pengertian dan Cara Membuatnya

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

Article Tag:

perencanaan karirperencanaan karir adalah

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.