Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Menentukan Jenjang Karier untuk Fresh Graduate

Jangan sampai salah dalam menentukan jalur karier, Berikut adalah tips & layanan konsultan karier yang akan membantu menentukan karier cemerlang untuk seorang fresh graduate.

Posted: Monday, Jun 19, 2023

Share:

Cara Menentukan Jenjang Karier untuk Fresh Graduate cover

Memasuki dunia profesional setelah lulus bisa menjadi petualangan yang menarik namun juga menantang bagi para fresh graduate. Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah menentukan jalur karier yang tepat sesuai minat dan potensi. Dalam era yang semakin kompleks dan beragam seperti saat ini, salah memilih karier berarti sama saja salah dalam menentukan masa depan, tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Menemukan karier yang memadukan antara passion dan keahlian yang tepat tidaklah mudah. Dalam artikel MyEduSolve kali ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah penting yang dapat membantu fresh graduate menentukan jenjang karier dan meraih sukses di kemudian hari.

Tips Perencanaan Karier

Penting bagi seorang fresh graduate untuk aktif dan proaktif dalam merencanakan jalur karier yang sesuai dengan minat, bakat, kelebihan & kekurangan yang dimiliki. Merencanakan karier menjadi langkah awal untuk mempersiapkan masa depan yang sukses, dan membangun karier yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja yang terus berubah.

Kenali Minat dan Passion

Mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang benar-benar membuatmu termotivasi dan antusias merupakan bekal utama yang harus kamu siapkan. Pertimbangkan bidang atau industri yang sesuai dengan minat dan passion, karena bekerja dengan hal yang kita sukai akan memberikan kepuasan dan motivasi yang lebih tinggi, sehingga bisa lebih bertahan lama dan lebih konsisten.

Perhatikan Tren

Di era industri 4.0 terjadi perubahan teknologi yang sangat cepat. Maka dari itu, penting untuk kamu memperhatikan tren dan perkembangan terkini pada industri yang kamu minati. Kamu juga bisa lihat bidang-bidang yang sedang berkembang saat ini, seperti kecerdasan buatan, analisis data, teknologi internet, atau blockchain. Dengan menyesuaikan diri dengan tren tersebut, kamu bisa mendapatkan peluang karier yang mungkin cocok untukmu dan banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Baca juga: Shifting Career Adalah: Pengertian dan Cara Melakukannya

Tingkatkan keterampilan digital

Di era industri 4.0, keterampilan digital adalah kunci yang sangat-sangat penting! Perbarui dan kembangkan keterampilan yang kamu miliki dalam bidang teknologi, seperti pemrograman, desain grafis, analisis data, atau manajemen sistem informasi, cyber security, dan lain sebagainya. Sertifikasi atau kursus online dapat membantu meningkatkan kompetensi yang kamu miliki.

Magang

Mengambil bagian dalam program magang atau internship dapat memberikan wawasan praktis dan pengalaman kerja yang berharga. Selain itu, pengalaman magang juga merupakan sebuah pengalaman yang bisa mempercantik portofolio yang kamu miliki. Magang juga dapat membantu menjelajahi berbagai bidang dan menguji apakah karier tersebut sesuai dengan yang kamu harapkan selama ini.

Jaringan & Relasi Komunitas Industri

Bangun hubungan dengan para profesional dan praktisi di bidang yang kamu cita-citakan. Bergabunglah dengan komunitas, acara, seminar, dan memanfaatkan media sosial profesional untuk memperluas jaringan. Relasi dapat membantumu untuk mendapat peluang seperti informasi, mentor, atau bahkan kesempatan kerja.

Eksplorasi dan Eksperimen

Selagi masih muda dan memiliki banyak waktu jangan takut untuk mencoba berbagai pengalaman dan eksperimen dalam berbagai bidang. Lakukan pekerjaan paruh waktu, magang, atau freelance. Kegiatan itu dapat memberi wawasan yang berharga tentang berbagai industri dan bidang pekerjaan. Dari pengalaman tersebut, kamu dapat memilih dan mengerucutkan fokus yang kamu benar-benar minati.

Jangan Bandingkan Karier Orang Lain

Menilai bahwa yang orang lain kerjakan lebih mudah dan menyenangkan dengan apa yang kita kerjakan justru bisa menjadi bumerang untuk diri kita sendiri. Kamu harus bisa mengenali diri dan kemampuan yang kamu miliki, bosan terhadap sesuatu yang telah kamu kerjakan itu merupakan hal yang wajar. Tapi tidak akan ada keberhasilan bagi mereka yang tidak betah dengan konsistensi.

Baca juga: Career Break: Pengertian, Alasan, dan Cara Melakukannya

Konsultasikan Kariermu, yuk!

Bagaimana mengenai pembahasan kita soal cara memilih jalur karier yang baru kita bahas! Menarik bukan? Mulai hari ini, kamu bisa merencanakan dan tidak perlu bingung lagi untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan mengenai jenjang karier mu.

Jika kalian masih merasa bingung mengenai jenjang karier mu di masa depan, kamu bisa meminta bantuan dari seorang konsultan karier yang dapat menjadi solusi akan kebingunganmu selama ini. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam mengenai pasar kerja yang terus berubah, konsultan karier dapat memberikan panduan berharga dalam memberikan gambaran mengenai dunia profesional yang kamu butuhkan.

Kamu bisa konsultasi bersama DIAN, webinar eksklusif dari MyEduSolve yang membahas tentang pengembangan diri, karier, kesehatan mental, dan masih banyak lagi. Webinar DIAN terbuka untuk umum dan telah bekerjasama dengan belasan organisasi. Jadi tunggu apa lagi, konsultasikan sekarang juga dan raih suksesmu!


Reference: 

https://danacita.co.id/blog/menentukan-karier-fresh-graduate/ 

https://glints.com/id/lowongan/jenjang-karier-career-path/ 

https://www.finansialku.com/cara-merencanakan-karier-yang-benar-untuk-fresh-graduate/

Related Tags

Jenjang Karier
Fresh Graduate
Cari Kerja
Konsultan Karier

836

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.