Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa yang Dimaksud dengan Sertifikasi Pendidik? Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Kamu ingin menjadi pendidik profesional? Penting untuk mengetahui apa itu sertifikasi pendidik dan cara mendapatkannya!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Monday, Jan 09, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Apa yang Dimaksud dengan Sertifikasi Pendidik? Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya cover

Apakah kamu ingin meningkatkan kualitas sebagai pendidik agar bisa menginspirasi siswa?

Jika iya, kamu perlu mengetahui apa saja persyaratan yang diperlukan agar mimpimu bisa tercapai, yaitu dengan mendapatkan sertifikasi pendidik.


Kali ini, MyEduSolve akan menjelaskan pengertian sertifikasi pendidik, manfaat yang bisa diraih, serta cara mendapatkannya.


Untuk itu, mari simak penjelasannya berikut ini!

Sertifikat Pendidik Itu Apa?

Sertifikasi pendidik adalah bukti formal yang menyatakan bahwa seseorang telah diakui sebagai seorang profesional di bidang pendidikan. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa seorang guru telah memenuhi standar kompetensi dan kualitas yang ditetapkan untuk profesi tersebut.


Sertifikasi pendidik biasanya tidak langsung diberikan, melainkan melalui berbagai uji kompetensi dan tahapan evaluasi lainnya.


Mengapa proses ini diperlukan? Seperti profesi lainnya, guru juga memerlukan penyetaraan kualitas untuk memastikan mereka mampu mendidik dan menginspirasi siswa.


Sertifikasi pendidik membantu memastikan bahwa setiap guru memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.


Baca juga: Apa Saja Manfaat Teknologi dalam Pendidikan?

Apa Manfaat Mendapatkan Sertifikasi Pendidik?

Sertifikasi pendidik tentunya bisa memberikan kamu banyak manfaat saat mendapatkannya.

Berikut adalah beberapa manfaat diantaranya:

1. Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas

Guru akan mendapatkan pelatihan yang meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Peningkatan kompetensi ini berdampak positif pada kinerja sehari-hari di kelas.

2. Mendapatkan Pengakuan Profesional

Sertifikasi menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi standar kompetensi yang diperlukan, sehingga membantu meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas guru.

3. Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional

Guru yang tersertifikasi, berkontribusi pada pencapaian tujuan pendidikan nasional dengan meningkatkan mutu pendidikan. Dengan guru yang lebih kompeten, kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa juga akan meningkat.

4. Peningkatan Profesionalitas Guru

Sertifikasi pendidik mendorong guru untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Proses ini membantu menciptakan tenaga pendidik yang lebih profesional.

5. Memajukan Martabat Profesi Guru

Sertifikasi memberikan pengakuan formal yang akan meningkatkan status dan martabat profesi seorang guru.


Baca juga: Manfaat Sertifikasi untuk Guru

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi Pendidik?

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat sertifikasi pendidik, kini saatnya memahami cara mendapatkannya. 


Jika kamu ingin meningkatkan kualitas diri sebagai guru profesional dengan mengembangkan pengajaran di Abad 21 yang sangat penting untuk seorang tenaga pendidik, kamu bisa mengambil sertifikasi Microsoft Certified Educator!


Microsoft Certified Educator bisa menjadi pilihan kamu untuk dapat meningkatkan kualitas sebagai pendidik profesional karena alasan berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan sebagai pendidik dengan kompetensi yang valid diukur oleh kerangka 21st Century Learning Design (21CLD)

  2. Secara sah membuktikan kemampuan yang dimiliki dengan memberikan pengalaman belajar yang kaya dan menggabungkan keterampilan abad ke-21 yang kritis

  3. Peluang bekerja di bidang akademik semakin luas

  4. Bisa lebih menonjol dengan kandidat lain dalam pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif

  5. Berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.


Baca juga: 5 Kompetensi dan Skill Penting Guru di Abad 21

Apa Saja Syarat Sertifikasi Guru?

Untuk mendapatkan sertifikasi pendidik atau guru, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:


1. Berumur maksimal 56 tahun saat mengambil sertifikasi.

2. Menempuh pendidikan terakhir tingkat sarjana (S1) atau diploma IV dari program studi yang terakreditasi.

3. Belum memiliki sertifikat pendidik dan masih aktif mengajar di sekolah di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kecuali guru Pendidikan Agama.

4. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) yang valid.

5. Memenuhi standar profesional guru dan memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang dipilih.

6. Berpengalaman mengajar minimal 5 tahun dalam satu sekolah atau sekolah berbeda yang masih dalam satu ruang lingkup yayasan yang sama.

7. Guru bukan PNS yang memiliki status Guru Tetap Yayasan (GTY) atau guru yang diangkat oleh Pemda yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

8. Sehat fisik dan mental serta tidak menggunakan narkoba.

9. Berkelakuan baik.


Jumlah guru yang dapat mengikuti ujian sertifikasi di tiap wilayah ditentukan oleh Ditjen PMPTK berdasarkan prioritas kebutuhan.


Dengan memenuhi persyaratan di atas, kamu dapat mengikuti proses sertifikasi yang akan membantumu meningkatkan kualitas dan profesionalitas sebagai pendidik.


Jika kamu sudah memenuhi kualifikasi tersebut, kamu bisa mendapatkan sertifikasi pendidik Microsoft Certified Educator di MyEduSolve! Berikut adalah kelebihan mengambil sertifikasi tersebut di MyEduSolve:

1. Latihan Ujian Melalui CertPREP

Kamu bisa melakukan latihan simulasi ujian dengan menggunakan CertPREP, sehingga tidak perlu khawatir tidak bisa mengerjakan ujian sertifikasi dengan baik.

2. Akses di Mana Saja dan Kapan Saja

Kamu bisa mengakses dan mengikuti ujian dengan fleksibel, di mana saja dan kapan saja. MyEduSolve memberikan kebebasan untuk belajar dan mengambil ujian sesuai jadwalmu sendiri.

3. Langsung Mendapatkan Sertifikasi

Dengan persyaratan nilai kelulusan minimal 700/1000, kamu langsung bisa mendapatkan sertifikasi resmi Microsoft Certified Educator yang berlaku seumur hidup.


Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ambil sertifikasi pendidik Microsoft Certified Educator di MyEduSolve dan jadilah guru yang menginspirasi siswa!

Related Tags

Sertifikasi Pendidik
Microsoft Certified Educator
Sertifikasi Guru

7,860

Recommended Articles

Mengenal Computer Aided Design: AutoCAD cover

Posted: 2 years ago

11 Min Read

Apa Itu PowerPoint dan Manfaat yang Bisa Kamu Raih cover

Posted: a year ago

8 Min Read

Catat Ini! Berikut 7 Manfaat Jalan Pagi Untuk Pekerja cover

Posted: a year ago

7 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.