Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Quality Control, Ini Tugas, Jenjang Karier dan Gajinya!

Quality Control (QC) adalah salah satu peran penting dalam banyak industri, termasuk manufaktur, makanan dan minuman, farmasi, teknologi, dan banyak lagi. Berikut adalah penjelasan tentang tugas, jenjang karier, dan gaji seorang profesional di bidang QC!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Aug 08, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Quality Control, Ini Tugas, Jenjang Karier dan Gajinya! cover

Perusahaan yang berfokus pada produksi barang dan manufaktur pasti memiliki tim quality control untuk memantau proses produksi serta memilah barang produksi yang tidak sesuai standar. Tujuannya tidak lain untuk menekan kerugian bisnis dan memuaskan konsumen.

Yuk, kenalan lebih dalam tentang profesi quality control yang akan dibahas tuntas dalam artikel ini. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa yang Dimaksud Quality Control?

Quality control atau QC adalah proses pengecekan untuk memastikan jika barang yang diproduksi sudah mematuhi standar kualitas yang ditetapkan perusahaan dan sesuai dengan permintaan konsumen.

Peran quality control sangat penting pada bisnis. Adanya divisi quality control ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih disiplin, sehingga karyawan dan manajemen perusahaan selalu berusaha memproduksi barang yang berkualitas demi memperoleh kepuasan konsumen.

Selain itu, jika perusahaan memiliki tim quality control, perusahaan bisa mengurangi angka kerugian, meningkatkan kepuasan konsumen, menaikkan angka penjualan, memanfaatkan sumber daya secara efektif, memperbaiki metode produksi, hingga menjaga semangat kerja karyawan.

Supaya proses quality control dapat berjalan lancar, perusahaan biasanya mengadakan pelatihan ekstensif, menetapkan standar sebagai tolok ukur kualitas produk, dan melakukan pengujian untuk memeriksa kualitas tiap variasi produk secara signifikan.

Namun seringkali orang mengira jika quality control sama dengan quality assurance karena keduanya termasuk ke dalam bagian quality management. Meski begitu, tanggung jawab keduanya berbeda.

Jika quality assurance bertugas untuk memeriksa proses produksi agar tidak melenceng dari SOP, di sisi lain quality control berperan dalam memastikan hasil akhir dari proses produksi sudah sesuai standar dan kualitas yang ditetapkan. Kesimpulannya, quality assurance bertugas di awal proses produksi dan quality control bertugas di akhir proses produksi.

Baca juga: 5 Tugas Project Manager Dalam Bisnis

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control

Quality control memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam proses produksi. Memangnya apa saja tugas dan tanggung jawab dari petugas quality control? Yuk, simak pemaparannya berikut ini.

  1. Menilai kualitas terhadap semua produk dan memastikan produk tersebut sudah sesuai standar dan siap kirim.

  2. Mencermati rencana, spesifikasi, dan blueprint dari sebuah produk agar punya pemahaman yang dalam mengenai semua produk milik perusahaan.

  3. Menyortir bahan baku yang tidak sesuai standar kualitas kemudian melaporkannya ke divisi terkait.

  4. Mengontrol proses produksi dan memastikan proses produksi sesuai target deadline.

  5. Menyelesaikan kendala yang mempengaruhi kualitas produk selama proses produksi.

  6. Bekerja sama dengan tim quality assurance untuk menghindari kendala dalam proses produksi.

  7. Merancang protokol produksi agar proses produksi berjalan lebih efisien.

  8. Menyiapkan dokumentasi ketika melakukan inspeksi.

  9. Rutin melakukan evaluasi pada proses produksi agar standar kendali mutu terpenuhi.

  10. Memantau setiap fase produksi dan memandu tim produksi untuk terus memelihara serta meningkatkan kualitas produk.

  11. Memantau tingkat kepuasan konsumen.

  12. Memberi pelatihan pada staff baru.

Baca juga: 6 Contoh Membuat Deskripsi Diri di CV Supaya Dilirik Recruiter

Cara Kerja Quality Control

Divisi quality control sudah memiliki prosedur dan cara kerja yang terstruktur. Dalam menjalankan tugasnya, divisi quality control wajib melaksanakan tugas-tugas berikut.

  1. Membuat Standar Kualitas Produk

Untuk bisa menyortir hasil produksi yang memenuhi standar atau tidak, tim quality control perlu menetapkan standar kualitas produk untuk diimplementasikan.

  1. Menguji Kualitas Bahan Baku

Kualitas produk sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan baku. Oleh karena itu, tim quality control perlu mengidentifikasi dan menguji kualitas bahan baku demi menghindari segala bentuk risiko di proses produksi.

  1. Memperbaiki Masalah

Ketika terjadi kendala pada proses produksi, tim quality control bertanggung jawab mengidentifikasi masalah dan mencari solusi agar kendala tersebut tidak terulang lagi di masa depan dan tidak merusak kepercayaan konsumen.

  1. Mengumpulkan Data untuk Evaluasi

Tim quality control juga mengumpulkan data melalui survei kepuasan konsumen dan membuat laporan untuk dipresentasikan ke divisi manajemen. Dari laporan itulah pihak manajemen bisa mengevaluasi proses produksi.

Baca juga: Pengertian Data Entry, Tugas, dan Tanggung Jawabnya!

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Petugas Quality Control

Supaya performa kerja optimal, perusahaan biasanya sudah menetapkan beberapa kriteria pada calon kandidat yang ingin melamar posisi quality control. Kira-kira skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi tim quality control?

  1. Memiliki ketelitian tinggi.

  2. Mempunyai keterampilan matematis, mekanis, dan analitis yang baik.

  3. Sehat secara fisik maupun rohani.

  4. Menguasai keterampilan teknis.

  5. Dapat bekerja di bawah tekanan.

  6. Keterampilan dalam berpikir kritis dan problem solving.

  7. Menguasai kemampuan komunikasi.

  8. Terampil dalam melakukan riset.

  9. Sebaiknya memiliki sertifikasi di bidang teknis, manajemen bisnis, dan sertifikasi keahlian lainnya di industri yang relevan.

Gaji Quality Control

Untungnya profesi quality control sudah memiliki jenjang karir yang jelas. Semakin tinggi jabatannya, gaji akan semakin besar. Pada jenjang entry level, yaitu quality control staff, gaji berada di kisaran 3-4 juta perbulan.

Kemudian, pada level menengah, yaitu quality control systems manager, quality control operations manager, dan quality control compliance manager dengan gaji berada di angka 8-10 juta perbulan.

Lalu, di level paling atas adalah director of quality, head of complience, dan vice president of quality dengan rentang gaji antara 10-15 juta perbulan

Itu dia rangkuman tentang profesi di bidang quality control. Apakah kamu tertarik bekerja di bidang ini? Jika kamu mengincar posisi quality control, sebaiknya ikuti program sertifikasi untuk menambah keterampilan sehingga dapat menunjang performa kerja kamu. Yuk, segera daftarkan diri ke program IT Specialist: Device Configuration and Management Certification di MyEduSolve. Kamu bisa dapatkan info menarik lainnya di website MyEduSolve.

Sumber:

Quality Control: What It Is, How It Works, and QC Careers https://www.investopedia.com/terms/q/quality-control.asp (Diakses Juli 2024)

What Is Quality Control? Definition, Importance and Methods https://www.indeed.com/career-advice/career-development/what-is-quality-control (Diakses Juli 2024) 

What are the Roles and Responsibilities of a Quality Control Inspector https://www.invensislearning.com/blog/quality-control-inspector-roles-responsibilities/ (Diakses Juli 2024)

Related Tags

Quality control
Pencarian Kerja

153

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.