Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Profesi iOS Developer, Ini Tugas, Tanggung Jawab, dan Jenjang Kariernya

iOS Developer kini menjelma menjadi salah satu profesi yang paling banyak diburu oleh perusahaan. Simak apa saja tugas, tanggung jawab, jenjang karier, dan skill yang wajib dimiliki iOS Developer!

Posted: Thursday, Nov 09, 2023

Share:

Profesi iOS Developer, Ini Tugas, Tanggung Jawab, dan Jenjang Kariernya cover

Produk Apple dengan basis sistem operasi iOS menjadi salah satu merk gadget yang disukai banyak orang. Selain karena kualitas produknya yang premium, produk Apple memiliki sistem yang eksklusif, sehingga dapat memberikan kepuasan pada pengguna saat memakainya.

Orang di balik layar yang bekerja membuat sistem iOS disebut sebagai operating system developer. Nah, artikel ini akan membahas tentang Apple developer atau seseorang yang bekerja mengembangkan sistem operasi iOS pada produk Apple. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut.

Definisi iOS Developer

Kira-kira apa itu iOS developer? Seorang iOS developer adalah orang yang mempunyai peran dalam membuat, mengembangkan, mengoptimasi, dan menguji sistem perangkat lunak pada produk Apple yang menggunakan sistem operasi khusus bernama iOS agar mudah diunduh dan digunakan oleh user.

Menjadi seorang iOS developer artinya harus memiliki keahlian tentang sistem dan bahasa pemrograman supaya dapat membuat serta mengembangkan software iOS yang dipakai pengguna. Contoh bahasa pemrograman yang wajib dikuasai iOS developer adalah Swift dan Objective-C.

Di samping itu, penting bagi iOS developer untuk memiliki pemahaman yang dalam mengenai cara kerja dari sistem operasi iOS di produk-produk Apple, misalnya iPhone, iPad, MacBook, dan Apple Watch.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa iOS Developer Adalah Profesi yang Menjanjikan 

Tugas dan Tanggung Jawab iOS Developer

Biasanya iOS Developer mengerjakan proyek dalam bentuk tim bersama dengan ahli IT dalam mengembangkan perangkat lunak iOS.

Peran iOS Developer sangat penting untuk pengembangan layanan perangkat lunak Apple. Tidak heran jika tugas dan tanggung jawab mereka cukup banyak. Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang iOS Developer.

  • Menguji, mengoptimasi, dan memperbaiki kode untuk menjaga kualitas dari perangkat lunak.

  • Mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin muncul dan mencari solusinya.

  • Mengerjakan kode bahasa pemrograman untuk mengembangkan rencana aplikasi dan perangkat lunak.

  • Membuat, mendesain, dan merilis pembaruan pada perangkat lunak agar bisa diunduh oleh pengguna.

  • Melakukan perawatan untuk meningkatkan performa aplikasi dan perangkat lunak.

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan pembaruan aplikasi dan perangkat lunak.

  • Berkolaborasi dengan anggota tim untuk mendesain dan mengembangkan fitur baru.

Baca juga: Apa Itu iOS Developer? Bagaimana iOS Developer bekerja? 

Skill dan Kualifikasi iOS Developer

Jika kamu tertarik berkarir sebagai iOS Developer, kamu wajib menguasai bahasa pemrograman dan coding. Namun selain itu, kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk, simak.  

  1. Pengetahuan Dasar Mengenai Cara Kerja iOS dan Mac OS X

Kalau kamu memiliki minat bergabung menjadi iOS Developer, tidak cukup hanya pandai dalam coding, tapi kamu juga wajib memiliki pemahaman yang kuat seputar cara kerja sistem iOS dan Mac OS X di perangkat Apple.

Apabila kamu telah memahami cara kerjanya, maka akan lebih menguntungkan bagimu untuk melakukan pengembangan dan pembaruan software yang sekiranya dibutuhkan pengguna.

  1. Selalu Update dengan Tren UX/UI

Menjadi seorang iOS developer artinya kamu berkomitmen untuk mengikuti tren terbaru seputar UX/UI (user experience). Sebab, seorang iOS Developer bertanggung jawab untuk memperkenalkan user tentang fitur baru pada aplikasi dan perangkat lunak, sehingga harapannya bisa meningkatkan kepuasan user saat memakai produk Apple.

  1. Kemampuan Dasar dalam Bahasa Pemrograman

Kemampuan yang wajib dimiliki seorang iOS Developer adalah kemampuan bahasa pemrograman.

Secara spesifik, kamu harus bisa mahir menggunakan bahasa komputer Swift dan Objective-C, karena sistem operasi iOS menggunakan keduanya untuk menjalankan sistem. Terlebih Apple memang secara khusus membuat Swift dalam pengembangan aplikasi mereka.

Di samping itu, kamu juga diharapkan menguasai berbagai bahasa pemrograman, tools, dan perangkat lunak yang meliputi:

  • Sintaks dasar

  • Optionals

  • Control Flow (IF and Switch Statements)

  • Error handling

  • Classes, inheritance, and initialization

  • Objective-C interoperability

  • Xcode IDE

  • APIs (UIKit & Cocoa Touch)

  • Git

  • Metal (OpenGL)

  • Core Data framework


  1. Spatial Reasoning

Skill set terakhir yang sekiranya harus dimiliki oleh iOS Developer adalah mampu berpikir dalam logika spasial. Artinya, kamu dapat memvisualisasikan dan berpikir tentang objek secara tiga dimensi.

Kemampuan logika spasial ini nantinya akan diterapkan secara praktikal sewaktu menyusun desain antarmuka sesuai dengan kebutuhan dan keinginan user di produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, dan MacBook.

Baca juga: iOS Developer: High Demand, Competitive Salary, Creative Work? Pelajari Skill nya Sekarang! 

Karier iOS Developer

Berkarir sebagai iOS developer terbilang menjanjikan karena terdapat kepastian dalam jenjang karir. Untuk jabatan iOS developer, perusahaan Apple menawarkan tiga tingkatan jenjang karir, meliputi junior, middle, dan senior.

Tentu saja masing-masing tingkatan memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut.

  1. Junior iOS Developer

Untuk jabatan di tingkat entry-level ada junior iOS Developer. Dikarenakan pengalaman dan jam terbang yang belum banyak, biasanya junior developer akan lebih sering bekerja di bawah pendampingan senior developer. Tujuannya supaya para pegawai baru bisa banyak belajar dari pengalaman developer profesional dan mempertajam skill set mereka.

  1. Middle iOS Developer

Setelah bekerja beberapa tahun, biasanya iOS developer akan naik jabatan menjadi middle developer. Pada tingkat menengah ini tentu saja peran dan tanggung jawabnya semakin besar. Bahkan, kamu mulai dilepas dan dipercaya untuk mengerjakan proyek secara mandiri.

  1. Senior iOS Developer

Pada jenjang karir yang paling tinggi, kamu sudah harus mengantongi banyak pengalaman dan jam terbang, sehingga harapannya kamu dapat menguasai bahasa pemrograman yang lebih kompleks.

Sebagai senior developer, kamu akan menghadapi berbagai tools dan bahasa pemrograman yang sulit. Kemudian, kamu juga bertanggung jawab untuk mendesain aplikasi dan perangkat lunak, menguji coba kode, mengintegrasikan kode dengan API, dan menjamin keamanan sistem.

Itu dia informasi lengkap seputar iOS Developer yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui gambaran tentang tugas, peran, dan tanggung jawab iOS developer, apakah kamu tertarik menjadi salah satunya?

Jika kamu bercita-cita berkarir sebagai iOS developer, tidak ada salahnya coba bergabung ke kelas sertifikasi App Development with Swift Associate dari MyEduSolve. Informasi lebih lanjut, kunjungi laman MyEduSolve.

Sumber:

coursera.org, Becoming an iOS App Developer (Diakses November 2023)

indeed.com, How to Become an iOS Developer (Diakses November 2023)

glints.com, Apa Itu iOS Developer: Tugas dan Tanggung Jawab (Diakses November 2023)


Related Tags

iOS Developer
Swift

736

Recommended Articles

Adobe Premiere Pro: Panduan dan 3 Tools Andalannya cover

Posted: 2 years ago

5 Min Read

10 Rekomendasi Pekerjaan untuk Lulusan SMA cover

Posted: 7 months ago

13 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.