iOS Developer: High Demand, Competitive Salary, Creative Work? Pelajari Skill nya Sekarang!

Terdapat banyak perusahaan saat ini yang mengadopsi pendekatan mobile. iOS Developer yang membuat aplikasi untuk produk Apple sangat diminati, dengan sedikitnya tenaga kerja ini menyebabkan gaji besar dan banyak pekerjaan pengembang terbuka bagi banyak dari mereka di lapangan. Developers diharapkan untuk mengetahui bahasa pemrograman khusus Apple, yaitu Apple Swift yang diperlukan untuk membuat setiap produk khusus untuk perangkat Apple

Posted: Thursday, May 26, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

| Posted: Thursday, May 26, 2022

Share:

iOS Developer: High Demand, Competitive Salary, Creative Work? Pelajari Skill nya Sekarang! cover

iOS Developer: High Demand, Competitive Salary, Creative Work? Pelajari Skill nya Sekarang!

Terdapat banyak perusahaan saat ini yang mengadopsi pendekatan mobile. iOS Developer yang membuat aplikasi untuk produk Apple sangat diminati, dengan sedikitnya tenaga kerja ini menyebabkan gaji besar dan banyak pekerjaan pengembang terbuka bagi banyak dari mereka di lapangan. Developers diharapkan untuk mengetahui bahasa pemrograman khusus Apple, yaitu Apple Swift yang diperlukan untuk membuat setiap produk khusus untuk perangkat Apple.


Apa itu iOS Developer?

Seseorang yang membuat, menguji, mengembangkan, menyempurnakan dan bertanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi perangkat seluler yang menggunakan sistem operasi iOS Apple yang sesuai dengan standard dari perusahaan sendiri. Seorang developer harus memiliki pemahaman yang kuat tentang iOS dan cara kerjanya dengan perangkat Apple yang berbeda dan dapat menyesuaikan aplikasi mereka dengan kebutuhan perusahaan atau klien mereka. Developer iOS ini harus paham dengan menggunakan bahasa pemrograman Apple Swift untuk mengoprasikan pembuatan aplikasi. Mereka juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang pola, tren dan praktik di lingkup iOS.

Apa tugas yang dilakukan sebagai iOS Developer?

Terdapat beberapa langkah untuk membuat aplikasi iOS. Langkah yang akan dikerjakan oleh iOS Developer akan sangat bergantung pada tingkat senioritas mereka, ukuran perusahaan mereka, dan ruang lingkup aplikasi itu sendiri. Pengembang iOS Senior, misalnya, lebih mungkin terlibat dalam fase penelitian dan konseptualisasi awal, sementara Pengembang iOS Junior yang bekerja di perusahaan besar mungkin memiliki daftar tanggung jawab yang terbatas hanya pada satu atau dua fase, atau berkontribusi pada fitur tunggal dalam satu fase.


Tentu saja, sangat mungkin untuk mengembangkan aplikasi seorang diri, dalam hal ini Pengembang iOS akan mengawasi sendiri semua langkah berikut. Karena itu, pengembangan produk iOS biasanya melibatkan tahap-tahap berikut.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa iOS Developer Adalah Profesi yang Menjanjikan

Conceptualization, Market Research, and Compliance

Langkah pertama dalam mengembangkan aplikasi adalah membuat konsep. Apa yang akan dilakukan aplikasi kamu, dan bagaimana cara mencapainya? Riset pasar kompetitif, yang melihat seberapa banyak permintaan yang ada untuk ide kamu dan persaingan apa yang mungkin kamu hadapi, terkait erat dengan hal ini. Setelah kamu menemukan konsep aplikasi unik yang ingin digunakan orang, pastikan itu mematuhi persyaratan layanan Apple, yang menguraikan standar aplikasi untuk privasi dan keamanan pengguna, desain, hak cipta, kesopanan, dan faktor lainnya. Kamu tidak akan diizinkan untuk menyebarkan perangkat lunak jika melanggar pedoman Apple.

Design 

Sebagian besar fungsi aplikasi akan muncul dari konsep. Tahap desain adalah di mana semua spesifik diputuskan. Ini biasanya dimulai dengan gambar rangka, yang menggambarkan bagaimana pengguna akan bergerak melalui aplikasi dan berbagai fungsinya, dengan mempertimbangkan semua interaksi yang mungkin dan bagaimana mereka akan bermain. Ini langsung mengarah ke fase desain UI dan UX, yang menentukan kerumitan tata letak halaman, struktur, dan tampilan, titik interaksi pengguna dan bagaimana interaksi tersebut terungkap, serta tipografi, ikon, dan desain visual. 

Building the App

Di sinilah pengkodean dimulai. Menyatukan aplikasi memerlukan penggabungan tiga aspek berbeda menjadi satu kesatuan fungsional. Yang pertama adalah back-end, adalah segala sesuatu yang terjadi di sisi server; di sinilah sebagian besar pekerjaan berat aplikasi terjadi, termasuk otentikasi dan pengelolaan akun, pemberitahuan, dan integrasi aplikasi dengan layanan pihak ketiga seperti media sosial. Kedua adalah Antarmuka Pemrograman Aplikasi, atau API, yaitu mengubah apa yang terjadi di server menjadi sesuatu yang dapat dipahami oleh perangkat seluler pengguna. Ketiga, adalah front-end yang mencakup semua hal yang berinteraksi langsung dengan pengguna.

Testing and Submitting

Pengujian memverifikasi bahwa aplikasi berfungsi setelah dirakit. Keputusan ini tidak semudah "fungsional" atau "non-fungsional", dan ini merupakan aspek penting dari proses desain UI/UX yang dibahas sebelumnya. Memberikan aplikasi kepada pengguna nyata untuk diuji adalah kesempatan untuk menyempurnakan detail dan membuat segalanya lebih jelas, lebih terstruktur, atau lebih indah, serta untuk memecahkan kesalahan, dalam fase penutup ini. Setelah perangkat lunak bekerja secara optimal, itu diunggah ke App Store dan, dengan asumsi persetujuan, tersedia untuk umum. Selanjutnya terserah kamu untuk memasarkan aplikasi dan mengumpulkan umpan balik pengguna, serta melakukan penyesuaian, peningkatan, dan perbaikan bug sebagai tanggapan.

Baca Juga: Kenal Lebih Jauh Apple WWDC 2022 di Juni Mendatang!

Apakah Sertifikat Layak Untuk Bekerja sebagai iOS Developer?

Jawabannya adalah iya, mengikuti kursus sertifikat iOS Developer atau Bahasa pemrograman Apple Swift sangat bermanfaat karena pekerjaan iOS Developer sangat diminati, menjadikannya pilihan karir yang bermanfaat lalu, sertifikat tersebut mungkin merupakan cara terbaik untuk mendapatkan keterampilan penting yang kamu perlukan untuk berhasil sebagai iOS Developer contohnya seperti skill programming language Apple Swift dan sertifikasi Apple Swift untuk menunjang karir lebih tinggi lagi.


Untuk kalian yang ingin menjadi iOS Developer, bisa banget loh belajar sendiri tanpa adanya naungan dari perusahan lain. Setelah kalian sudah belajar dan merasa bisa menjadi iOS Developer, kamu butuh sertifikasi untuk mevalidasi skill kamu untuk menambahkannya di CV atau Linkedin, yang bisa menjadi nilai tambah yang besar untuk para perekrut kerja merekrut diri kalian. 


MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi App Development with Swift Associate dan App Development with Swift Certified User.  Sebelum kamu mengambil sertifikasi Apple Swift ini kamu bisa belajar terlebih dahulu dari kurikulum yang disediakan, belajar melalui Learn Key dan latihan dengan CertPrep. Kamu akan menjadi lebih siap untuk mendapatkan sertifikasinya.


Referensi:

Apple Developer Program. Diakses pada 25 Mei 2022

iOS Developer Job Description Template. Diakses pada 25 Mei 2022

How to become an iOS developer: A cheat sheet. Diakses pada 25 Mei 2022

Is iOS Developer a Good Career? (2022 Guide) | BrainStation®. Diakses pada 25 Mei 2022

Article Tag:

iOS DeveloperApple SwiftBahasa Pemrogrammang

Category:

Teknologi

Written By

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

Articles Info

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

iOS Developer: High Demand, Competitive Salary, Creative Work? Pelajari Skill nya Sekarang!

Posted: Thursday, May 26, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

iOS DeveloperApple SwiftBahasa Pemrogrammang

Category:

Teknologi

Share:

1,170

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.