5 Alasan Mengapa iOS Developer Adalah Profesi yang Menjanjikan

Apakah iOS Developer adalah profesi yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan software developer lainnya? Baca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut!

Posted: Wednesday, Apr 27, 2022

Updated: Wednesday, Apr 27, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Wednesday, Apr 27, 2022

Share:

5 Alasan Mengapa iOS Developer Adalah Profesi yang Menjanjikan cover

Saat ini, smartphone merupakan bagian erat dari kehidupan manusia. Inilah yang menjadi alasan awal mengapa profesi seperti Android Developer maupun iOS Developer adalah pilihan yang cukup menjanjikan saat ini.

Menurut data dari RescueTime, orang-orang biasanya menghabiskan waktu rata-rata selama 3 jam 15 menit per hari bersama handphone mereka. Maka dari itu, banyak sekali brand yang kini beralih ke mobile-based karena lebih banyak dan mudah digunakan oleh pengguna.

Aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalamnya dirancang oleh para profesional yang biasa disebut sebagai software developer. Namun, software developer ini terbagi lagi secara umum menjadi dua jenis profesi, yaitu iOS Developer dan Android Developer.

Di artikel kali ini, kita akan membahas lebih tuntas mengenai profesi iOS Developer dan serba-serbinya!


1. Termasuk ke Dalam Top 10 In-demand Jobs

Menurut data dari CIO Magazine, mobile developer termasuk ke dalam 10 besar jenis profesi yang saat ini paling banyak dibutuhkan.

US Bureau Labor of Statistics bahkan memprediksi bahwa profesi ini akan berkembang sebanyak 22% selama tahun 2019-2029.

Semenjak Apple merilis bahasa pemrogramannya, Swift, pada Oktober 2014, Swift telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di era modern saat ini. Orang-orang yang telah menargetkan cita-citanya sebagai mobile developer untuk iOS, wajib menguasai bahasa pemrograman yang satu ini.

Baca Juga: Data Website Freelance di Indonesia 2022: Insights Penting untuk Pemula

2. Rata-rata Gaji yang Lebih Besar dibandingkan Android Developer

Indeed mencatat bahwa rata-rata gaji iOS Developer adalah Rp10.725.871 di Indonesia! Di kota Jakarta sendiri, rata-rata gaji pokok iOS Developer sudah mencapai Rp12.757.237.

Angka ini lebih tinggi apabila dibandingkan dengan rata-rata gaji pokok seorang Android Developer. Dilansir dari sumber yang sama per April 2022, Android Developer memiliki rata-rata gaji sebesar Rp8.602.999.

Perbedaan ini dinilai karena Indonesia masih belum memiliki banyak profesional di bidang pengembangan software untuk iOS, maka dari itu demand-nya masih cukup tinggi. Ini merupakan kesempatan lho untuk kamu bisa memilih jalur karier dengan pendapatan baik dan peluang yang juga besar!

Alasan lain yang mendukung situasi ini adalah karena ekosistem iOS kini semakin berkembang pesat. Pengguna iPhone di seluruh dunia semakin banyak dari tahun ke tahun.  Hal ini juga berarti bahwa pendapatan dari Apple Store jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Google Play Store. Maka dari itu, ekosistem iOS ini sangat amat dilirik oleh para developer.

ios developer adalah

Sumber: Pixabay

3. Bahasa Pemrograman Apple Mudah untuk Dipelajari

Mengapa Swift lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya?

Karena Swift menggunakan syntax yang sederhana dan ekspresif yang membantu developer untuk lebih mudah memahaminya. Meskipun kamu tidak memiliki pengalaman yang banyak terkait coding, menurut Apple, Swift terbilang mudah untuk didalami bagi para pemula.

Bagaimana jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, seperti Python?

Keduanya memiliki syntax yang jelas dan RELP environment yang memfasilitasi developer agar lebih mudah mengidentifikasi error dan mengatasi bug. Namun, Swift memiliki syntax dan grammar yang telah disederhanakan.

Baca Juga: Mari Pahami Apa Itu Cloud Computing, Teknologi Mutakhir Terkini

4. Kamu Bisa Mulai Belajar Secara Gratis

Belajar menjadi seorang iOS Developer adalah hal yang tentu tidak mudah, meskipun Swift digadang-gadang sebagai programming language yang sederhana.

Tapi, kamu tidak perlu resah karena Apple telah menghadirkan platform untuk mempelajari Swift secara gratis bagi pemula.

Kamu cukup mengunjungi developer.apple.com lalu tonton video-video pembelajaran yang ada di halaman ini.

Meskipun sebagian besar videonya tidak menjelaskan mengenai perihal teknis coding menggunakan Swift, tapi ada banyak sekali hal yang dapat kamu pelajari terutama yang berkaitan dengan ekosistem aplikasi Apple. Selain itu, kamu juga bisa menonton video rekaman acara World Wide Developer Conference di tahun-tahun sebelumnya!

5. Jaringan Komunitas yang Lebih Luas

Apple secara khusus menyediakan acara yang dapat mempertemukan calon maupun para developers di seluruh dunia dalam World Wide Developer Conference atau yang biasa disebut dengan WWDC.

WWDC merupakan konferensi global di mana para developer yang biasa membuat aplikasi untuk Operating System produk-produk Apple dapat berkumpul. Tahun ini, WWDC kembali diselenggarakan secara online pada tanggal 6-10 Juni 2022.

Ajang konferensi inilah yang memungkinkan para developer untuk dapat belajar dan membangun jejaring satu sama lain. Selain itu, di acara ini juga terdapat Swift Student Challenge, sebuah kesempatan bagi developer brilian dan berbakat untuk mendapatkan pengakuan awards dari Apple langsung.

Pemenang challenge tersebut akan berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah mula dari official merchandise hingga gratis 1 tahun membership Apple Developer Program.

Validasi Skill Swift melalui Sertifikasi dari Apple

Jika kamu telah memiliki pemahaman dan keahlian dalam Swift, memiliki sertifikasi resmi dari Apple sangat bisa menjadi poin plus untukmu. Kredibilitas diri sebagai iOS Developer adalah hal yang tidak bisa diabaikan, karena kita harus tetap meningkatkan daya saing dengan developer lainnya.

Sertifikasi ini berlaku secara internasional karena diterbitkan langsung oleh Apple sesuai dengan kurikulum standar industri.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi App Development with Swift Associate dan App Development with Swift Certified User. Terdapat juga fasilitas platform CertPREP yang bisa kamu tambahkan saat checkout untuk membantumu mengerjakan simulasi ujian yang sudah sesuai dengan objective domain ujian sertifikasi.

Demikian 5 alasan mengapa iOS Developer adalah profesi yang menjanjikan dan memiliki peluang besar untuk dikejar. Apapun jenis profesi yang ingin kamu capai terutama dalam bidang IT, meningkatkan kompetensi diri tetaplah menjadi hal yang utama. Ayo ambil sertifikasi sekarang juga!

Referensi:

5 Reasons Why You Should Learn iOS Development in 2021. Diakses pada 27 April 2022.

Is iOS Developer a Good Career?. Diakses pada 27 April 2022.

Article Tag:

ios developer adalah,bahasa pemrograman swift

Category:

Teknologi

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

5 Alasan Mengapa iOS Developer Adalah Profesi yang Menjanjikan

Posted: Wednesday, Apr 27, 2022

Updated: Wednesday, Apr 27, 2022

Article Tag:

ios developer adalah,bahasa pemrograman swift

Category:

Teknologi

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.