Pengertian Project Management dan Tahapan Pengerjaannya

Apa itu project managament dan bagaimana kira-kira tahapan pengerjaannya? Cari tahu selengkapnya melalui artikel MyEduSolve berikut ini yuk!

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Pengertian Project Management dan Tahapan Pengerjaannya cover

Project management adalah sebuah proses yang dilakukan dalam menyusun strategi terkait berjalannya sebuah proyek. Seperti apa proses atau tahapan yang ada dalam project management ini dan siapa yang bertanggung jawab untuk membuatnya?


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan memberikan informasi penting kepada kamu terkait apa itu project management dan tahapan pengerjaannya. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Project Management?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, project management merupakan rangkaian proses yang dilakukan dalam sebuah bisnis ketika akan mengerjakan sebuah proyek. Tugas project management ini dipegang oleh seorang ketua tim yang disebut sebagai project manager.

Peranan project manager ini sangatlah penting dan ada berbagai kualifikasi yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin mengisi posisi pekerjaan ini. Apabila kamu ingin menjadi seorang project manager, maka kembangkanlah skill kepemimpinan, menganalisis data, kreativitas, dan juga mengetahui informasi terbaru di bidang bisnis.


Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager

5 Tahapan dalam Project Management Yang Efektif

Dalam melakukan project management, ada 5 tahapan yang perlu dilalui oleh seorang project manager bersama dengan anggota timnya, yaitu:

1. Initiating (Permulaan)

Tahapan pertama yang perlu dilakukan dalam project management adalah tahapan inisiasi atau yang biasa disebut dengan initiating. Dalam tahapan ini, project manager beserta anggota timnya akan menentukan tujuan dari proyek yang akan dikerjakan.

Selain tujuan proyek, ada hal lainnya yang harus didiskusikan dan ditentukan secara bersama-sama yaitu ruang lingkup proyek, manajer proyek, risiko yang akan muncul, berapa biaya yang dibutuhkan, serta timeline secara garis besar. Jadi, tahapan ini berfokus pada menentukan arah proyek yang akan dijalankan.

2. Planning (Perencanaan)

Setelah menentukan proyek tersebut akan dibawa ke mana dan seperti apa, maka tahapan selanjutnya yaitu planning atau perencanaan. Di tahapan ini, kita akan menyusun rencana secara matang untuk menjalankan proyek dengan baik.

Dalam tahap perencanaan ini, strategi yang disusun haruslah spesifik. Misalnya, jika proyek ini membutuhkan sumber daya manusia tambahan, berapa banyak orang yang dibutuhkan untuk membantu dalam proyek ini atau siapa saja sponsor yang akan bergabung dalam proyek tersebut.

3. Executing (Pelaksanaan)

Di tahap selanjutnya dalam project management adalah executing atau tahap pelaksanaan. Rencana yang telah disusun dalam tahapan planning akan dieksekusi dalam tahapan ini.

Project manager memiliki tanggung jawab yang besar dalam tahapan pelaksanaan ini. Seorang project manager harus memastikan bahwa pelaksanaan proyek berjalan dengan baik.

Project manager dapat mendelegasikan tugas kepada anggota timnya untuk membantu keberlangsungan berjalannya proyek. Selain itu, project manager juga harus memastikan bahwa semua hal yang dibutuhkan untuk keberlangsungan proyek sudah tersedia. 


Baca Juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

4. Control and Monitoring (Pengawasan)

Dalam tahapan control and monitoring, project manager hanya perlu mengawasi keberlangsungan proyek. Seorang project manager hanya perlu memantau apakah anggota timnya mengerjakan proyek dengan baik atau tidak serta hal-hal lainnya yang diperlukan dalam proyek tersebut.

5. Closing (Penutupan)

Akhirnya, kita sampai pada tahapan terakhir yaitu closing dimana project manager akan menyelesaikan kontrak dengan client. Tentu saja, seorang project manager juga harus membuat laporan lengkap terkait keberlangsungan proyek yang telah dijalankan mulai dari tahapan awal hingga akhir.

Jadi, itulah informasi yang perlu kamu ketahui mengenai pengertian project management beserta tahapan pengerjaannya. Apabila kamu ingin mempelajari skill untuk menjadi seorang project manager, silakan kunjungi MyEduSolve dan miliki sertifikasi internasional agar bisa membuat kamu menjadi kandidat yang lebih stand-out di hadapan rekruter!


Baca juga: Apa Pentingnya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management?


Di MyEduSolve, tersedia program sertifikasi project management agar kamu siap untuk terjun ke dunia profesional dan bahkan mendapatkan kesempatan untuk memperluas networking di dunia bisnis.


Jadi, tunggu apa lagi? Ikuti program sertifikasi dari Project Management Ready hanya di  MyEduSolve.

Article Tag:

project managementtahapan project managementpengertian project management

Category:

Literasi Digital

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Pengertian Project Management dan Tahapan Pengerjaannya

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

Article Tag:

project managementtahapan project managementpengertian project management

Category:

Literasi Digital

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.