Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

Profesi Project Manager temasuk ke dalam salah satu pekerjaan yang paling high demand di abad ini. Karena perannya yang sangat krusial, tak heran jika banyak perusahaan membutuhkan seorang Project Manager. Ini dia skill yang harus dimiliki jika kamu ingin menjadi seorang Project Manager!

Posted: Saturday, Oct 16, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Saturday, Oct 16, 2021

Share:

Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager cover

Project Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa suatu project perusahaan bisa berjalan sesuai rencana dengan seefektif dan seefisien mungkin. Dalam memenuhi tanggung jawab tersebut, tak heran ada banyak sekali skill Project Manager yang perlu dikuasai di dunia kerja.


Seseorang perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup agar dapat mengemban tugas Project Manager yang cukup berat. Meskipun begitu, profesi ini pasti cocok sekali bagi kamu yang menyukai tantangan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.


Selain hal-hal yang sudah disebutkan tadi, langsung saja ini dia skill yang harus dimiliki oleh seorang Project Manager!


  1. Kepemimpinan

Skill yang harus dimiliki oleh seorang Project Manager yang paling utama tentunya adalah kepemimpinan atau leadership skill. Mulai dari memotivasi anggota tim hingga menyelesaikan konflik, Project Manager harus bisa memastikan semua tahap bisa selalu stay on track.


Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif juga termasuk ke dalam salah satu kriteria pemimpin yang baik. Instruksi dan arahan yang jelas merupakan hal penting agar anggota bisa mengerjakan tugas mereka sebagaimana mestinya.


Kerancuan dalam komunikasi biasanya adalah kendala utama yang bisa menghambat kegiatan perusahaan. Maka dari itu, penting bagi seorang pemimpin untuk bisa berkomunikasi secara efektif dengan anggotanya.


  1. Kemampuan Pemecahan Masalah

Kendala merupakan hal yang terkadang tidak bisa kita hindari dalam setiap tahap yang dijalankan dalam menyelesaikan suatu project, baik di tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.


Kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sangatlah penting untuk dimiliki oleh seorang Project Manager, sehingga ia bisa mengatasi kendala serta hambatan yang ada. Dengan begitu, project bisa tetap berjalan untuk mencapai tujuan perusahaan.


Namun, hal ini tidak berarti bahwa Project Manager harus menyelesaikan semua masalah sendiri. Seseorang dengan leadership skill yang baik pasti bisa menggerakkan anggotanya untuk bisa bekerja sama dan gotong royong dalam mensukseskan project secara bersama-sama.


  1. Mengatur Anggaran

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu tanggung jawab Project Manager adalah untuk memastikan bahwa suatu project bisa berjalan seefektif dan seefisien mungkin, salah satunya adalah dari segi anggaran.


Project Manager perlu mengatur anggaran agar project bisa dilaksanakan sesuai dengan anggaran yang tersedia. Oleh karenanya, kemampuan mengatur anggaran menjadi salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang Project Manager.


  1. Kemampuan Macro-management

Proyek harus dilihat secara keseluruhan dalam bigger picture. Namun, kebanyakan project manager terjebak dalam melakukan micromanagement. Mereka harus dapat membangun kepercayaan dan tidak terlalu mengontrol anggota tim secara berlebih. Hal ini akan membantu mereka agar berfokus dalam melakukan manajemen workflow, bukan pada orangnya.


Efisiensi workflow merupakan landasan kesuksesan proyek. Menciptakan workflow atau alur kerja yang lancar tanpa keterlambatan dan halangan merupakan salah satu prioritas seorang project manager. Hal ini dapat dicapai dengan mencegah terjadinya hambatan sejak awal.



Apakah kamu berminat untuk bekerja sebagai Project Manager?

Kelebihan dari profesi ini adalah tidak diperlukannya latar belakang pendidikan tertentu. Selama kamu memiliki skill penting yang dibutuhkan untuk memimpin project, maka kamu tetap berpeluang untuk bisa berkarier di bidang Project Management!


Meskipun begitu, akan sangat menguntungkan apabila kamu memiliki bukti atas skill Project Manager yang kamu miliki. Bukti tersebut bisa kamu dapatkan melalui sertifikasi.


Sertifikasi Project Management Ready merupakan sertifikasi bertaraf internasional yang berfungsi untuk memvalidasi kualifikasi seseorang untuk bisa berprofesi sebagai Project atau Program Manager.


Untuk mempelajari sertifikasi Project Management Ready lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi www.myedusolve.com/shop!

Article Tag:

Project Manager,Project Management,Skill Project Manager

Category:

Bisnis

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

Posted: Saturday, Oct 16, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Project Manager,Project Management,Skill Project Manager

Category:

Bisnis

Share:

616

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.