Apa Pentingnya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management?

Pelatihan dan sertifikasi project management tak hanya berguna untuk orang-orang yang ingin menjadi project manager saja karena ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu nikmati dari mempelajari materi project management! Penasaran? Cari tahu kegunaannya di sini!

Posted: Monday, Dec 27, 2021

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Monday, Dec 27, 2021

Share:

Apa Pentingnya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management? cover

Pelatihan dan sertifikasi project management hanya untuk para calon project manager, kan? Eittss, jangan salah, ternyata skill project management juga berguna untuk orang-orang yang tidak berprofesi di bidang manajemen proyek!

Kok bisa? Kalau kamu penasaran apa saja manfaat dari pelatihan dan sertifikasi project management untuk kariermu, telusuri artikel di bawah ini!

Baca juga: Cara Praktis Membuat Project Management Plan

Apa Bedanya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management?

Meskipun keduanya sama-sama memberikan materi soal project management dan membantu membangun karier, tapi ada perbedaan antara pelatihan dan sertifikasi project management.

Pelatihan project management dapat membantu memperdalam kemampuan manajemen proyekmu, sementara sertifikasi tidak hanya mengasah skill project management, tapi juga memvalidasi kemampuan serta pengetahuan tersebut.

Untuk pelatihan project management, ada yang mengharuskan pesertanya untuk lulus ujian terlebih dahulu dan ada pula yang langsung memberikan sertifikat penyelesaian pelatihan.

Tapi, lain halnya dengan sertifikasi project management, kamu wajib lulus ujian terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan sertifikasi sebagai tanda kelulusan dan kompetensi.

Keduanya sama-sama bagus untuk dijalani, tergantung dari preferensimu. Biasanya kalau kamu sudah memiliki pengetahuan dasar tentang materi project management, kamu bisa langsung menjalani sertifikasi alih-alih mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

Salah satu sertifikasi project management yang bisa kamu ikuti adalah sertifikasi Project Management Ready dari Project Management Institute. Sertifikasi ini sudah ada di Indonesia dan bisa membantu memverifikasi kemampuanmu serta meningkatkan kredibilitasmu di skala internasional.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Profesi Project Manager

Kenapa Harus Ikut Pelatihan dan Sertifikasi Project Management?

Materi project management terkesan hanya perlu dipelajari oleh orang-orang yang ingin meniti karier sebagai project manager. Padahal, ada banyak manfaat dari mempelajari materi project management melalui pelatihan atau sertifikasi.

Apapun profesi yang sedang kamu tekuni saat ini, dijamin kamu pasti akan mendapatkan manfaat dari mengikuti pelatihan atau sertifikasi project management! Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Stand Out dalam Lapangan Kerja

Kamu bisa mencantumkan pelatihan atau sertifikasi project management yang sudah diikuti sebagai nilai plus dalam CV. Materi project management tidak hanya berupa cara mengatur proyek, tapi juga mengenai soft skills, seperti komunikasi dan kepemimpinan.

Soft skills inilah yang akan meningkatkan nilai jualmu di mata rekruter. Perusahaan-perusahaan akan mencari orang-orang dengan kemampuan soft skill yang mumpuni untuk bisa memimpin suatu tim.

2. Lebih Mudah Mengelola Keuangan

Sertifikasi Project Management cocok untuk finance

Sumber: Stevepb di Pixabay

Kalau kamu bekerja di bidang finance atau product, materi project management akan sangat membantumu untuk bisa lebih terorganisir saat mengatur keuangan ataupun stok produk di perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan project management untuk budget pribadimu.

3. Meningkatkan Kompetensi Kerja

Materi project management bisa kamu terapkan dalam dunia kerja meskipun kamu tidak berprofesi sebagai seorang project manager. Berbekal pelatihan atau sertifikasi project management, kamu akan jadi lebih mudah membuat perencanaan untuk menyelesaikan tugas atau mencapai goal-mu

Misalnya, jika kamu bekerja sebagai seorang sales, kamu bisa dengan teratur dan cepat mencari atau menyusun perencanaan secara sistematis untuk bisa meningkatkan penjualan sesuai dengan target dari atasan.

Secara tidak langsung, kamu juga akan disegani oleh bos dan supervisormu karena hasil kerjamu yang cepat dan rapi.

Baca juga: Mau Jadi Project Manager? Kenali Apa Itu Sertifikasi Project Management Ready

4. Tidak Pusing Menangani Tugas yang Menumpuk

Tak jarang saat bekerja, kamu diberikan banyak tugas dengan deadline yang berbeda-beda. Nah, di sinilah materi project management berperan penting agar kamu tidak breakdown dan kalap menyelesaikan beragam tugas dengan tenggat waktu yang berbeda-beda.

5. Meningkatkan Komunikasi dan Kepemimpinan

Seperti yang sudah disebutkan tadi, materi project management juga meliputi soft skills berupa kemampuan berkomunikasi dan leadership. Kedua hal ini akan membantumu dalam menangani tugas, khususnya yang memerlukan kerja sama antar tim atau divisi.

6. Membuat Laporan secara Rinci

Dalam materi project management, kamu akan diajarkan cara membuat dokumen atau laporan secara detil. Tentunya ini sangat berguna untuk analisis data perusahaan nantinya. Selain itu, kamu juga dapat membuat atasanmu terkesan dengan hasil laporanmu!

Biaya Pelatihan dan Sertifikasi Manajemen Proyek

Harga pelatihan dan sertifikasi manajemen proyek tergantung dari institusi yang menyelenggarakannya. Daripada pusing mencari sertifikasi project management, kamu bisa langsung mengunjungi situs web MyEduSolve.

MyEduSolve adalah salah satu perusahaan edukasi yang menawarkan sertifikasi Project Management Ready resmi dari Project Management Institute di Indonesia. Cek biaya sertifikasi manajemen proyeknya di sini!

Asah Skill dengan Sertifikasi Project Management di MyEduSolve!

MyEduSolve menyediakan sertifikasi Project Management Ready dari Project Management Institute untuk anak muda Indonesia. Melalui sertikasi ini, kamu bisa mengembangkan pengetahuan serta kemampuanmu soal manajemen proyek.

Tertarik untuk mengikuti sertifikasi resmi dari Project Management Institute ini? Langsung kunjungi situs web MyEduSolve Indonesia dan dapatkan sertifikasimu!

Baca juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

Referensi:

Career Professionals of Canada. Compare Course vs Certification. Diakses pada 16 Desember 2021.

Lonsdale Institute. (2017). The Benefits of Studying Project Management. Diakses pada 16 Desember 2021.

ProofHub. (2019). 6 Benefits of Taking a Project Management Course. Diakses pada 16 Desember 2021.

Article Tag:

sertifikasi project managementProject Management Institute IndonesiaBiaya sertifikasi Manajemen Proyekpelatihan Project ManagementMateri Project Management

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Apa Pentingnya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management?

Posted: Monday, Dec 27, 2021

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

sertifikasi project managementProject Management Institute IndonesiaBiaya sertifikasi Manajemen Proyekpelatihan Project ManagementMateri Project Management

Category:

Pengembangan Skill

Share:

1,193

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.