Pengertian Hard Skill dan Cara Meningkatkannya

Masih banyak yang belum paham mengenai hard skill? Lantas apa itu hard skill dan bagaimana cara meningkatkannya? Yuk cari tahu pengertian dan cara meningkatkannya melalui artikel berikut ini!

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Pengertian Hard Skill dan Cara Meningkatkannya cover

Hard skill merupakan kemampuan individu yang dapat dilatih atau didapatkan melalui berbagai macam cara. Apakah kamu sudah memahami apa itu hard skill?


Melalui artikel ini, kita akan belajar bersama-sama mengenai apa itu hard skill. Selain itu, MyEduSolve juga akan memberikan tips khusus untuk kamu agar dapat meningkatkan hard skill.

Apa Itu Hard Skill?

Bagi kamu yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau Sekolah Menengah Kejuruan, pastinya ada skill khusus yang dipelajari sesuai dengan bidang yang diambil, bukan? Misalnya, kamu menempuh pendidikan IT untuk mendapatkan skill sebagai seorang programmer.


Skill yang kamu pelajari tersebut dinamakan dengan hard skill. Jadi, pada intinya, hard skill adalah kemampuan yang dapat diperoleh, diasah, dan dikembangkan hingga akhirnya seseorang mampu mempraktikannya dalam dunia profesional.


Lalu, apa bedanya hard skill dan soft skill? Mengapa perusahaan mengeluarkan job requirements yang terdiri dari hard skill dan soft skill?


Seorang yang telah dikatakan ahli dalam suatu atau beberapa hard skill, jika tidak memiliki soft skill maka mereka akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi serta berkomunikasi dengan orang lain di lingkungan kerjanya. Soft skill merupakan kemampuan yang berfokus pada kecerdasan sosialisasi dan hal ini tidak dapat diukur seperti hard skill.


Jadi, apabila kamu sudah memiliki hard skill yang baik, jangan lupa untuk mengembangkan soft skill juga. Dengan demikian, perusahaan akan menerima kamu untuk bekerja di tempat mereka.

Bagaimana Cara Meningkatkan Hard Skill?

Hard skill dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Di bawah ini, setidaknya ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat meningkatkan hard skill, yaitu:

1. Meraih Gelar Sarjana

Di era seperti sekarang ini, gelar sarjana sangatlah penting apalagi jika gelar tersebut berhubungan dengan hard skill yang ingin kamu tekuni. Di bangku perguruan tinggi tersebut, kamu akan mendapatkan dasar informasi yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang yang ahli dalam 1 skill.

Apabila kamu sudah terjun ke dunia kerja tanpa sempat mengambil gelar sarjana karena satu dan lain hal, cobalah untuk mengambil kesempatan agar dapat mengambil gelar sarjana. Sekarang ini, banyak universitas yang menawarkan kelas online sehingga kamu bisa tetap belajar di manapun dan kapanpun tanpa mengganggu pekerjaan yang sedang berlangsung.

2. Mengambil Pekerjaan Freelance

Hard skill dapat diasah dengan langsung mempraktikannya. Kamu dapat mencoba mencari proyek-proyek kecil melalui freelance untuk dapat mengembangkan hard skill yang dimiliki agar kelak, perusahaan besar melihat potensi yang kamu miliki.


Baca Juga: Apa Itu Freelance dan Jenis Pekerjaannya?

3. Bekerja Sebagai Intern

Selain freelance, kamu juga dapat mencoba mengasah hard skill yang dimiliki dengan bekerja sebagai intern atau magang. Banyak perusahaan yang menawarkan posisi intern sehingga kamu bisa belajar langsung dari studi kasus yang ada di lapangan.

4. Minta Input dari Senior

Terbukalah terhadap input dari orang-orang yang sudah lebih ahli di bidang hard skill yang kamu tekuni. Dengan demikian, kamu dapat terus berkembang dan memiliki hard skill dengan level yang lebih tinggi.

5. Mengikuti Kursus Bersertifikat

Cara terakhir untuk meningkatkan hard skill adalah dengan mengikuti kursus bersertifikat. Saat ini, ada banyak kursus bersertifikat yang menawarkan pelatihan hard skill sebagai bekal untuk setiap individu agar dapat terjun ke dunia profesional.


Baca Juga: 5 Manfaat yang Menjadikan Sertifikasi Kompetensi Hal yang Kamu Butuhkan


Jika kamu ingin memvalidasi hard skill yang dimiliki saat ini khususnya dalam mengoperasikan Microsoft Office, Adobe CC, mendalami skill bidang IT dan project management, silakan kunjungi website MyEduSolve dan cari program yang ingin dipelajari. Yuk, ikuti program sertifikasi dari MyEduSolve sekarang dan sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian hard skill dan cara meningkatkannya.


Article Tag:

hard skillhard skill adalahpengertian hard skill

Category:

Literasi Digital

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Pengertian Hard Skill dan Cara Meningkatkannya

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

Article Tag:

hard skillhard skill adalahpengertian hard skill

Category:

Literasi Digital

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.