5 Manfaat yang Menjadikan Sertifikasi Kompetensi Hal yang Kamu Butuhkan

Sertifikat kompetensi adalah tanda jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam suatu bidang. Lantas, apa saja manfaat yang akan bisa didapatkan dari hal ini?

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Friday, Jan 28, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

5 Manfaat yang Menjadikan Sertifikasi Kompetensi Hal yang Kamu Butuhkan cover

Sertifikat kompetensi adalah sesuatu yang akan kamu butuhkan di saat melamar pekerjaan. Meski CV dan cover letter saja sudah cukup untuk melamar pekerjaan, namun dengan menyertakan sertifikasi kompetensi bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Pada tiap bidang industri, seseorang akan dituntut untuk bisa menguasai pengetahuan dan keahlian dari bidang pekerjaan mereka. Hal ini diperlukan agar hasil yang didapatkan oleh perusahaan bisa maksimal dan oleh karena itu, kamu perlu menyertakan sertifikat kompetensi untuk bisa lebih meyakinkan para HRD dalam melakukan penilaian. Untuk lebih memahami hal ini, mari kita perhatikan berbagai macam informasi di bawah ini.

Sertifikasi Kompetensi Sebagai Cara Untuk Menunjukan Keahlian Kamu

Setiap perusahaan tentu saja akan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan khusus di bidangnya. Bagi mereka, ini adalah salah satu jaminan jika orang yang dipekerjakan memiliki kemampuan yang bisa membantu perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Salah satu cara bagi perusahaan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kemampuan yang mereka butuhkan adalah dengan sertifikasi kompetensi.

Berbeda dari CV yang berisi rangkuman data diri ataupun ijazah yang didapat setelah menyelesaikan sekolah atau perkuliahan, sertifikasi ini menjadi tanda jika kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu tugas.

Sertifikat kompetensi ini akan bisa didapatkan setelah menempuh pelatihan atau pendidikan di suatu lembaga atau sekolah. Lembaga pendidikan tidak resmi juga bisa memberikan kamu sertifikat kompetensi jika telah menyelesaikan pelatihan yang mereka berikan. Contohnya ketika kamu mengikuti pelatihan desain grafis. Jika kamu telah menyelesaikan berbagai macam latihan dan menunjukan kompetensi pada bidang tersebut, maka kamu akan mendapatkan sertifikasi yang menyatakan bahwa kemampuanmu sudah diakui.

Baca juga: Pahami Perbedaan dan Jenis Sertifikasi dan Sertifikat

Apa Saja Manfaat dari Sertifikasi Kompetensi?

Ada banyak manfaat yang akan bisa kamu rasakan setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikasi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

    1. Kemampuan yang Diakui

    Kemampuan yang kamu miliki akan diakui. Hal ini akan bisa menjadi poin lebih ketika kamu ingin melamar pekerjaan. Melalui kompetensi tersebut, seseorang akan diakui oleh perusahaan. Bagi perusahaan, jika kamu menunjukan keahlian yang mereka butuhkan, maka kemungkinan akan diterima menjadi lebih besar.

      2. Memudahkan Untuk Mendapatkan Gaji yang Diinginkan

      Sertifikat kompetensi juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan gaji yang diinginkan. Misalnya, jika kamu bekerja di bidang industri kimia, dengan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu memiliki potensi di bidang ini, maka gaji yang ditawarkan atau diberikan akan berada di atas rata-rata. Apalagi jenis sertifikasi kompetensi yang dimiliki merupakan jenis ahli. Kemungkinan untuk memperoleh gaji sesuai dengan kemampuannya akan mudah. 

        3. Jenjang Karir yang Baik

        Ada perusahaan yang memberikan syarat jika ingin mendapatkan promosi jabatan seseorang harus memiliki sertifikat ini. Hal ini tentu sangat berhubungan dengan keinginan perusahaan untuk lebih maju dengan SDM yang berkualitas. Perusahaan tentu akan mendukung dan memberikan fasilitas untuk mendapatkan sertifikasi yang diinginkan.

        Baca juga: 7 Alasan Kursus Online Bersertifikat Bisa Membuka Peluang Kerjamu!

          4. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

          Mempekerjakan karyawan dengan kemampuan mumpuni akan meningkatkan produktivitas kerja. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan training dan sejenisnya. Karena sudah terbukti melalui sertifikasi yang dimiliki.

            5. Proses Perekrutan Lebih Mudah

            Ratusan atau ribuan orang berbondong-bondong untuk mencari pekerjaan saat ini. Agar mempermudah perusahaan untuk melakukan seleksi, maka sertifikat kompetensi menjadi salah satu cara yang diperlukan. Dengan memiliki sertifikasi, maka kamu bisa terlihat lebih menonjol dibanding kandidat lainnya, yang tentu saja bisa mempermudah proses seleksi yang dilewati.

            Baca juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV Untuk Melamar Kerja

            Itulah berbagai macam informasi yang kamu butuhkan untuk memahami tentang sertifikasi kompetensi. Sertifikasi kompetensi adalah hal yang dapat menjadi bukti bahwa kamu menguasai satu bidang. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan nilai tambahan di mata banyak calon perusahaan tempat kamu bekerja. Jika kamu sedang membutuhkan sertifikasi untuk memantapkan diri, maka MyEduSolve siap membantu kamu. Temukan berbagai macam sertifikasi kompetensi yang kamu butuhkan, ikuti sertifikasi bertaraf internasional dan validasi kemampuanmu di bidang yang kamu minati!

            Article Tag:

            sertifikat kompetensimanfaat sertifikat kompetensipengertian sertifikat kompetensi

            Category:

            Literasi Digital

            Written By

            author:MyEduSolve

            MyEduSolve

            Articles Info

            author:MyEduSolve

            MyEduSolve

            5 Manfaat yang Menjadikan Sertifikasi Kompetensi Hal yang Kamu Butuhkan

            Posted: Thursday, Jan 27, 2022

            Updated: Friday, Jan 28, 2022

            Article Tag:

            sertifikat kompetensimanfaat sertifikat kompetensipengertian sertifikat kompetensi

            Category:

            Literasi Digital

            Share:

            Recommended Articles

            Suggest a Topic

            What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.