Apa itu Freelance dan Jenis Pekerjaannya?

Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu freelance. Untuk itu, silakan simak informasi lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Share:

Apa itu Freelance dan Jenis Pekerjaannya? cover

Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu freelance. Apabila kamu ingin mencari tahu tentang apa itu freelance, silakan simak informasi yang akan kami berikan melalui artikel ini.


Di bawah ini, MyEduSolve akan memberikan informasi lengkap mengenai freelance yang perlu kamu ketahui. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis pekerjaan freelance yang populer saat ini.

Apa Itu Freelance?

Freelance adalah pekerjaan yang tidak terikat waktu. Biasanya, seseorang yang bekerja secara freelance disebut sebagai freelancer atau pekerja lepas.

Dengan bekerja freelance, kamu dapat bekerja di manapun dan kapanpun tanpa harus terikat dengan jam kerja ataupun bekerja dari kantor. Namun, tentu ada batasan waktu yang harus kamu tepati sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat bersama client.


Tantangan yang harus kamu hadapi apabila ingin mencoba menjadi seorang freelancer adalah time management. Kadangkala, freelancer merasa kebebasan waktu yang mereka miliki menjadi sebuah kesempatan untuk dapat bersantai dan berujung pada pekerjaan yang menumpuk.


Sebagai seorang freelance, tentu saja tanggung jawab yang dimiliki akan lebih besar karena kamu harus langsung berhubungan dengan client. Oleh karena itu, meskipun freelance menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat, kamu juga harus siap dengan tantangan yang ada.


Baca juga: Seberapa Pentingkah Memiliki Sertifikasi untuk Freelance?

Apa Saja Jenis Pekerjaan Freelance?

Ada banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa kamu pilih sesuai dengan skill atau bahkan hobi yang dimiliki. Namun, pada artikel ini, kami akan memberikan 5 pilihan pekerjaan freelance yang paling populer saat ini, yaitu:

1. Photographer/Videographer

Apakah kamu memiliki hobi untuk memotret atau mengambil video? Hobi tersebut tentu saja dapat menghasilkan uang apabila kamu ingin mencoba menjadi seorang freelancer.


Pekerjaan freelance ini menjadi salah satu pekerjaan yang sangat populer dan sering dicari oleh client, terutama dalam acara-acara tertentu. Kamu bisa bekerja sebagai photographer atau videographer dalam acara pernikahan, event perusahaan, dan masih banyak lagi hal yang membutuhkan jasa tersebut.


Baca Juga: Bingung Ikut Kursus Video Editing di Mana? Daftar di Adobe Bootcamp!

2. Visual Designer

Apakah kamu merupakan lulusan DKV dan masih juga sulit untuk mendapatkan pekerjaan setelah melamar ke beberapa perusahaan? Memang, persaingan bagi lulusan DKV sangatlah ketat, namun tentu ada cara lain untuk kamu mendapatkan penghasilan dari gelar tersebut.


Saat ini, banyak lulusan DKV yang menjadi freelancer untuk mengerjakan visual design. Kamu bisa mencoba untuk mengumpulkan portofolio agar perusahaan-perusahaan besar mau menerima lamaran kerja yang telah dikirimkan.


Baca Juga: 6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik dan Dilirik Rekruter

3. Guru Les Privat

Guru les privat juga menjadi salah satu pekerjaan freelance yang populer. Bahkan, saat ini guru les privat memiliki sistem pembayaran untuk tarif per jam sehingga kamu dapat mengajar beberapa murid dalam 1 hari dan mendapatkan pemasukan yang tinggi.

4. Penulis

Penulis tidak hanya selalu terpaku pada penulis cerita seperti novelis. Saat ini, ada begitu banyak tawaran pekerjaan bagi penulis untuk content writing atau copywriting.


Jika kamu mempunyai hobi menulis, manfaatkan kesempatan ini untuk mengambil pekerjaan freelance agar bisa mendapatkan pendapatan sampingan. Selain itu, kamu juga bisa bekerja dari manapun atau bahkan di kedai kopi favorit yang nyaman sebagai tempat untuk menulis.

5. Website Developer

Pekerjaan freelance terakhir sangat cocok bagi kamu yang merupakan lulusan IT. Banyak situs-situs website yang menyediakan berbagai pekerjaan freelance untuk website developer dan tentunya kamu bisa mencoba untuk mengambil beberapa proyek yang tersedia.


Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu freelance beserta contoh-contoh pekerjaannya. Jangan lupa untuk terus mengasah skill yang kamu miliki atau bahkan menambah skill baru dengan mengikuti workshop serta kursus.


Apabila kamu tertarik untuk mengikuti kursus yang menyediakan sertifikat, silakan hubungi kami sekarang juga. MyEduSolve menyediakan berbagai program menarik yang dapat menunjang kamu untuk berkembang di dunia profesional. Jadi, tunggu apa lagi? Ini saatnya untuk terjun ke dunia profesional dengan program sertifikasi yang dapat menunjang skill kamu!

Article Tag:

apa itu freelanceJenis-jenis freelancefreelance

Category:

Literasi Digital

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Apa itu Freelance dan Jenis Pekerjaannya?

Posted: Thursday, Jan 27, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

apa itu freelanceJenis-jenis freelancefreelance

Category:

Literasi Digital

Share:

651

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.