Pengertian dan Manfaat Manajemen Strategi dalam Bisnis

Manfaat manajemen strategi di dalam dunia bisnis ternyata sangat banyak. Untuk mengenal manfaat lebih dalam dari manfaat manajemen strategi, simak selengkapnya di MyEduSolve.

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Share:

Pengertian dan Manfaat Manajemen Strategi dalam Bisnis cover

Di dalam sebuah bisnis, perlu adanya manajemen strategi yang diperlukan demi perkembangan bisnis yang dijalankan saat ini dan untuk jangka waktu ke depan. Mengapa demikian? Apa manfaat manajemen strategi di dalam sebuah bisnis?


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan memberikan informasi penting khusus untuk kamu mengenai berbagai manfaat dari manajemen strategi di dalam sebuah bisnis. Namun, sebelum mengenal manfaatnya, mari kita bersama-sama pahami terlebih dahulu pengertian dari manajemen strategi.

Apa Itu Manajemen Strategi?

Sederhananya, manajemen strategi memiliki pengertian yaitu sebuah proses yang dilakukan untuk mengambil keputusan penting. Keputusan penting tersebut dibuat untuk menentukan langkah apa yang harus perusahaan ambil dalam jangka waktu yang lama.


Proses pengambilan keputusan ini harus melalui serangkaian tahapan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga tahapan yang paling akhir yaitu evaluasi. Seluruh rangkaian tahapan tersebut merupakan proses pengambilan keputusan dasar dan setiap perusahaan harus menyesuaikan lagi dengan kebutuhan mereka untuk dapat menentukan strategi yang tepat dan efektif.


Baca juga: Pengertian Project Management dan Tahapan Pengerjaannya

Apa Manfaat Manajemen Strategi dalam Bisnis?

Berikut ini, setidaknya ada 3 manfaat manajemen strategi untuk bisnis yang harus kamu pahami, yaitu:

1. Membantu Memecahkan Masalah

Manfaat pertama dari manajemen strategi untuk bisnis adalah untuk membantu mencari solusi atau memecahkan masalah yang dihadapi oleh sebuah bisnis. Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak manajerial  sangat krusial dalam menentukan langkah apa yang harus diambil ketika sebuah bisnis menghadapi krisis.


Setiap bisnis pasti akan menghadapi masalah tidak terduga. Oleh karena itu, manajemen strategi dapat digunakan untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang berlangsung atau mengantisipasi masalah yang kemungkinan dapat terjadi di kemudian hari.

2. Menyusun Strategi Penjualan yang Tepat dan Efektif

Bagaimana cara sebuah bisnis dapat memutuskan strategi apa yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka? Ya, jawabannya adalah dengan melalui proses manajemen strategi.


Jika kamu masih ingat pada informasi sebelumnya, manajemen strategi melibatkan sebuah rangkaian tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan tersebut dapat digunakan untuk menyusun strategi penjualan bisnis yang tepat dan juga efektif.


Baca juga: Cara Praktis Membuat Project Management Plan

3. Menghemat Sumber Daya

Di dalam menjalankan sebuah bisnis, pasti ada berbagai sumber daya yang digunakan mulai dari uang, tenaga, dan waktu. Dengan adanya manajemen strategi, perusahaan dapat menghemat sumber daya tersebut dan menggunakannya dengan efisien.


Sebagai contoh, jika saat ini sebuah perusahaan membutuhkan uang yang banyak untuk memasang iklan di televisi, sumber daya tersebut dapat dihemat dengan cara menggunakan strategi pemasaran yang lain seperti penggunaan media sosial. Mungkin bisa juga dengan penggunaan strategi pemasaran lainnya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, namun karena adanya manajemen strategi, sumber daya yang digunakan dapat dihemat secara signifikan.

Bagaimana Cara Mempelajari Manajemen Strategi?

Setelah memahami pengertian dan juga manfaat dari manajemen strategi dalam bisnis, apakah kamu tertarik untuk mempelajari manajemen strategi? Pasti kamu bingung kan harus mulai mempelajari manajemen strategi dari mana?


Nah, di MyEduSolve, kami menyediakan ujian sertifikasi yang diperuntukkan bagi semua orang yang ingin mempersiapkan diri untuk memasuki dunia profesional. Salah satu ujian sertifikasi yang kami sediakan yaitu Project Management Ready.


Baca juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager


Di dalam program Project Management Ready, kami sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat kamu gunakan sebelum mengambil ujian sertifikasi yaitu MeasureUp dan Courseware. Saat pengumuman lulus ujian sertifikasi dikeluarkan, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari Project Management Institute yang dapat digunakan untuk terjun ke dunia profesional. Jadi, tunggu apalagi? Persiapkan dirimu sekarang juga bersama MyEduSolve!

Article Tag:

manfaat manajemen strategi

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Pengertian dan Manfaat Manajemen Strategi dalam Bisnis

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Friday, May 20, 2022

Article Tag:

manfaat manajemen strategi

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.