Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu Analisis SWOT? Pengertian, Elemen, dan Cara Menggunakannya

Apa yang dimaksud dengan analisis SWOT? Artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui pengertian analisis SWOT dan cara merencanakan strategi bisnis dengan baik!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Friday, Jan 06, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Apa Itu Analisis SWOT? Pengertian, Elemen, dan Cara Menggunakannya cover

Apakah kamu sedang mengembangkan bisnis atau mencoba membangun karier-mu untuk meraih kesuksesan?


Untuk mencapai hal tersebut, tentunya dibutuhkan perencanaan strategi yang matang agar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Salah satu metode yang bisa kamu terapkan agar bisnis kamu bisa berkembang adalah dengan analisis SWOT. 


Kali ini, MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu tentang pengertian, elemen, serta cara menggunakan analisis SWOT untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, mari simak penjelasannya berikut ini, ya!


Baca juga: Contoh Membuat Bisnis Plan Sederhana dan Mudah Dipraktekkan

Apa Itu Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik mengevaluasi kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threat) yang dihadapi oleh suatu organisasi atau bisnis, atau bahkan untuk mengenali dirimu sendiri. 


Tujuan analisis SWOT adalah untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi jika ada yang harus ditingkatkan, dipertahankan, dan dihindari dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti kinerja, resiko, potensial, serta yang lainnya.


Contoh skenario yang menggunakan analisis SWOT adalah saat perencanaan produk baru dan strategi untuk meningkatkan brand awareness melalui sosial media. Memahami dan menerapkan analisis SWOT dengan efektif adalah keterampilan kunci yang diperlukan di lingkungan kerja modern. Program Corporate Training dari MyEduSolve mengajarkan teknik ini secara mendalam, membantu lulusan untuk tidak hanya mengidentifikasi tapi juga memanfaatkan peluang yang ada serta mengelola tantangan dengan lebih efektif.


Analisis SWOT dapat membantu kamu untuk merencanakan strategi yang dapat memaksimalkan keuntungan bagi bisnis, sehingga kamu juga bisa meminimalisir kemungkinan kegagalan.


Untuk membantu kamu mengembangkan bisnis, kamu bisa mengikuti Sertifikasi Entrepreneurship and Small Business. Sertifikasi ini dirancang untuk menguji dan memvalidasi konsep serta pengetahuan dasar dalam kewirausahaan dan manajemen bisnis.

Elemen Analisis SWOT

Analisis SWOT memiliki 4 elemen penting yang dapat membantu kamu untuk membuat strategi dalam bisnismu, yaitu:

1. Strength

Elemen strength atau kekuatan adalah elemen yang digunakan untuk mengetahui kelebihan yang sudah dicapai oleh bisnismu. Hal ini bisa merujuk ke unique selling point, brand, hingga aset teknologi atau sumber daya manusia yang dimiliki bisnis kamu.

2. Weakness

Berikutnya adalah weakness, yaitu mencari tahu apa kelemahan yang dimiliki oleh bisnis kamu sehingga perkembangannya terhambat. Contoh yang bisa kamu ambil seperti keterbatasan sumber daya manusia yang handal dan kurangnya biaya.

3. Opportunities

Opportunities merupakan elemen yang membantu kamu untuk menganalisis peluang yang ada agar bisa digunakan oleh bisnis kamu untuk membuat perbedaan. Peluang tersebut bisa muncul dari perkembangan teknologi dan pasar yang ada.

4. Threats

Threats adalah elemen yang menganalisis ancaman yang bisa berdampak kepada perkembangan bisnis kamu. Misalnya, datangnya pesaing baru hingga perubahan aturan undang-undang negara bisa jadi faktor yang mengancam.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Setelah mengetahui gambaran umum tentang analisis SWOT, sekarang mari kita pelajari bagaimana cara menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buat visualisasi diagram analisis SWOT

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat bagan berbentuk kotak, kemudian dibagi menjadi 4 bagian yang berisikan tiap elemen analisis SWOT.

Kamu bisa tempatkan elemen strengths dan weaknesses di bagian atas, sedangkan opportunities dan threats di bagian bawah, seperti pada contoh di bawah ini


Source: bni.com

2. Menyiapkan tujuan

Sebelum melakukan analisis, pastikan Anda sudah menentukan tujuan yang jelas mengenai apa yang ingin dicapai. Identifikasi strategi yang bisa dilakukan agar tujuan tersebut tercapai.


Baca juga: Brand Image: Pengertian, Indikator, dan Cara Membangunnya

3. Brainstorming

Selanjutnya kamu perlu melakukan diskusi bersama tim bisnis untuk melakukan analisis SWOT. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi setiap elemen SWOT yang telah dibuat dalam bentuk bagan.

4. Melakukan analisis SWOT di bagan

Setelah menentukan tujuan dan brainstorming dengan tim bisnis, kamu bisa mulai menganalisis 4 elemen tersebut yang sudah dibuat dengan bentuk bagan.

5. Menyusun strategi

Setelah menganalisis setiap bagian SWOT dalam bentuk bagan, sekarang kamu dapat mulai menyusun strategi yang akan berguna untuk kemajuan bisnismu.


Manfaatkan semua bagian SWOT tersebut sebagai pertimbangan kamu dalam mengambil langkah strategi bisnis, sehingga kamu bisa mencapai tujuan kamu dengan ekspektasi yang sesuai.

Untuk memudahkan kamu dalam memahami analisis SWOT, di bawah ini akan dijelaskan contoh analisis SWOT yang bisa kamu lakukan: 

Baca juga: Hard Selling dan Soft Selling: Cari Tahu Perbedaannya, Yuk!

Contoh Analisis SWOT

Misalnya kamu hendak berjualan kue. Berikut analisis SWOT yang dapat membantu dalam merencanakan langkah-langkah strategis untuk bisnis kue yang akan kamu jalankan: 

Strength

  • Produk kue yang kamu jual menggunakan bahan-bahan supermarket yang berkualitas tinggi dan dibuat dengan teknik yang terampil.

  • Lokasi toko kue berada di pusat kota yang ramai, sehingga memudahkan akses pelanggan.

Weakness

  • Belum sepenuhnya memanfaatkan potensi pemasaran digital untuk meningkatkan brand awareness.

  • Keterbatasan kapasitas produksi karena jumlah karyawan yang masih sedikit.

Opportunities

  • Ada peningkatan permintaan untuk kue-kue khusus seperti korean cake dan mille crepes cake.

  • Peluang untuk menjalin kemitraan dengan kafe atau restoran lokal untuk menyediakan produk kue yang kamu jual.

Threat

  • Harga bahan baku seperti mentega dan tepung bisa naik tajam, mengurangi margin keuntungan kami.

  • Kemunculan kompetitor baru yang menawarkan menu kue yang serupa.


Nah, demikianlah penjelasannya. Jika kamu punya pertanyaan seputar tips karier dan kesehatan mental namun bingung harus bertanya ke siapa, kamu bisa ceritakan secara anonim ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve lewat #TalkToDIAN, ya!


Semoga bermanfaat!

Related Tags

Analisis SWOT
Strategi Bisnis

4,281

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.