Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

10 Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman yang Perlu Kamu Ketahui!

Kemajuan teknologi saat ini sangat berkaitan dengan pemrograman, yang mencakup berbagai bahasa pemrograman. Perlukah mempelajari bahasa pemrograman? Yuk temukan manfaatnya dalam artikel ini!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Tuesday, Sep 13, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

10 Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman yang Perlu Kamu Ketahui! cover

Jika kamu tertarik berkarier di dunia IT khususnya di bidang programmer, mempelajari bahasa pemrograman sangatlah penting. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang terdiri dari serangkaian instruksi agar sebuah program dalam sebuah komputer bisa berjalan. 


Saat ini, Data Science dan keterampilan Python telah menjadi kriteria utama untuk membangun dasar yang kuat dalam bidang IT. Tapi, tahukah kamu bahwa dalam dunia programming terdapat banyak jenis bahasa pemrograman yang digunakan. 


Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan, kekurangan, dan fungsi yang membedakannya dari yang lain. Sebelum memutuskan untuk belajar programming lebih lanjut, ada baiknya jika kamu memahami manfaat dari mempelajari bahasa pemrograman. Apa saja manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, terus simak artikel ini!


Baca juga: Tips dan Cara Efektif Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula

Apa Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman?

Setelah mempelajari bahasa pemrograman, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Selain menambah pengetahuan tentang cara menggunakan fungsi tertentu, ada manfaat tambahan yang bisa kamu peroleh secara tidak langsung. Beberapa manfaat dari belajar bahasa pemrograman adalah:

1. Mengasah Keterampilan dalam Memecahkan Masalah

Ketika kamu mulai belajar programming, kamu akan mempelajari teknik pemodelan data. Pemodelan data (Data Modelling) adalah proses untuk mengatur penyimpanan data dan memodelkan hubungan antar data. Tujuannya adalah menciptakan representasi visual yang akurat tentang struktur data, bagaimana data diakses melalui sistem, dan hubungan antara data yang berbeda.kamu akan mempelajari teknik pemodelan data. 

2. Prospek Karier yang Terbuka Lebar

Saat ini, Data Science menjadi salah satu bidang yang sangat dicari dan diminati di dunia kerja. Untuk menjadi seorang Data Scientist, salah satu keterampilan yang perlu dimiliki adalah programming


Jika kamu tertarik mengejar karier dalam Data Science, mempelajari beberapa bahasa pemrograman menjadi kunci karena setiap bidang memiliki kebutuhan yang berbeda. Dengan demikian, mempelajari bahasa pemrograman akan membuka peluang luas untuk meraih kesuksesan kariermu.

3. Lebih Mudah Memahami dan Menggunakan Program Analisis Data

Tidak hanya di bidang teknologi informasi, visualisasi data sangat berguna di banyak industri. Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kamu akan memahami data menggunakan platform dan alat analisis data. Dalam Python, kamu dapat menggunakan alat analisis data dan pustaka visualisasi seperti Matplotlib dan Plotly.

4. Membantu dalam Membangun Website yang Baik dan Berkualitas

Jika kamu memiliki atau berencana untuk membuat situs web, pengetahuan dalam pemrograman sangat penting untuk memastikan situs tersebut berkualitas dan nyaman bagi user


Misalnya, dengan menguasai HTML (Hypertext Markup Language) yang relatif mudah dipelajari oleh pemula, kamu akan dapat membuat konten yang berkualitas. Selain itu, pengetahuan tentang bahasa pemrograman akan membantu kamu menemukan dan mengatasi masalah yang mungkin timbul selama proses pembangunan situs web.

5. Melatih untuk Memiliki Pemikiran yang Teknis

Pemrograman secara alami memanfaatkan keterampilan logis atau matematika lainnya yang saling memperkuat, sehingga membantu kamu menjadi lebih berpikiran teknis (technically minded).

6. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

Saat kamu menyelesaikan belajar bahasa pemrograman, kamu akan terbiasa berpikir secara kreatif untuk menemukan solusi yang efisien. Kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan ide-ide baru dalam bentuk kode juga dapat memperluas kapasitas inovatifmu di berbagai bidang.

7. Memiliki Kemampuan Problem Solving yang Baik

Kegunaan mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya adalah pengembangan kemampuan problem-solving. Dalam dunia pemrograman, kamu akan terbiasa dengan pemecahan masalah secara sistematis. 


Dengan terus berlatih memecahkan masalah melalui pemrograman, kamu akan menjadi lebih terampil dalam menangani tantangan apapun dengan efektif. Kemampuan problem-solving yang baik ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, dari mengatasi masalah pekerjaan hingga menyelesaikan masalah pribadi.

8. Dapat Membuat Aplikasi

Dengan memahami bahasa pemrograman, kamu dapat mengembangkan berbagai jenis aplikasi, mulai dari aplikasi desktop hingga aplikasi web dan mobile. Kemampuan ini memberikan kesempatan untuk mewujudkan ide-ide kreatifmu menjadi produk nyata yang dapat digunakan oleh orang lain. 

9. Computational Thinking

Kamu akan terlatih untuk berpikir secara komputasional, yaitu mengidentifikasi masalah, merancang algoritma, dan mengembangkan solusi menggunakan konsep logika dan pemrosesan data. Kemampuan ini tidak hanya berguna dalam dunia pemrograman, tetapi juga dalam berbagai bidang lainnya seperti ilmu pengetahuan, matematika, dan manajemen.

10. Technology Savvy

Manfaat selanjutnya dari mempelajari bahasa pemrograman adalah menjadi lebih terampil dalam teknologi atau istilah lainnya adalah technology savvy. Menjadi technology savvy dapat memberikan keunggulan bagimu dalam dunia kerja, karena saat ini banyak perusahaan membutuhkan karyawan dengan pemahaman yang tinggi tentang teknologi.


Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Selayaknya bahasa yang biasa kita gunakan dalam berkomunikasi sehari-hari, dalam pemrograman juga memiliki bahasa yang terbagi menjadi beberapa jenis. 

Dalam perkembangannya, bahasa pemrograman diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan level atau tingkatannya. Di bawah ini adalah berbagai jenis bahasa pemrograman berdasarkan levelnya:

Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level Programming Language)

Jenis bahasa pemrograman yang pertama adalah bahasa tingkat rendah atau bahasa pemrograman yang berisi instruksi untuk komputer yang menggunakan kode biner, baris kode yang terdiri dari angka 1 dan 0. Kode-kode ini diterjemahkan langsung oleh komputer  tanpa harus melalui proses kompilasi.

Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (Mid-Level Programming Language)

Selanjutnya adalah bahasa pemrograman tingkat menengah yang berisi instruksi berupa mnemonik seperti ADD, SUB, DIV, dan sebagainya. Namun, bahasa pemrograman yang diajarkan pada tingkat menengah ini harus terlebih dahulu diterjemahkan dan dikompilasi ke dalam bahasa mesin atau komputer. Hal ini dikarenakan sistem komputer hanya dapat memahami penggunaan bahasa mesin. 

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Programming Language)

Bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan instruksi atau perintah dengan bahasa alami yang mudah dipahami manusia, seperti bahasa Inggris atau bahasa alami seperti fungsi matematika. Level ini ada untuk mengatasi kekurangan yang ditemukan pada bahasa pemrograman level menengah dan rendah.


Baca juga: Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?


Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat dari belajar bahasa pemrograman serta jenis-jenisnya. Apakah kamu semakin tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman? 


Yuk, saatnya tingkatkan dan validasi kemampuanmu dengan mendaftar sertifikasi Unity Certified Programmer di MyEduSolve. 


MyEduSolve menyediakan berbagai program sertifikasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Segera daftarkan dirimu dan dapatkan sertifikat resmi berstandar internasional sekarang juga!

Related Tags

manfaat belajar bahasa pemrograman
unity certified programmer
teknologi

6,542

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.