Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

5 Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman yang Perlu Kamu Ketahui!

Perkembangan teknologi yang saat ini kita nikmati berkaitan erat dengan pemrograman. Pemrograman sendiri memiliki banyak bahasa pemrograman yang mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari belajar bahasa pemrograman!

Posted: Tuesday, Sep 13, 2022

Share:

5 Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman yang Perlu Kamu Ketahui! cover

Menurut studi yang dilakukan oleh Indeed, dari 2014 hingga 2019, Data Science dan keterampilan Python telah menjadi kriteria utama untuk mengamankan fondasi yang kuat dalam karier IT pada tahun 2020. Tapi, tahukah kamu bahwa dalam dunia programming terdapat banyak jenis bahasa pemrograman yang digunakan. Masing-masing bahasa pemrograman tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta fungsi yang paling menonjol dibanding yang lainnya. Sebelum kamu memutuskan untuk belajar programming lebih lanjut, ada baiknya jika kamu tahu apa manfaat belajar bahasa pemrograman. Simak terus artikel ini, ya!

Apa manfaat belajar bahasa pemrograman?

Kamu akan mendapat banyak manfaat setelah belajar bahasa pemrograman. Tidak hanya sekadar membuat kamu jadi lebih tahu apa, bagaimana, dan kapan menggunakan fungsi tertentu, secara tidak langsung ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Beberapa manfaat dari belajar bahasa pemrograman adalah:

  1. Melatih Keterampilan dalam Memecahkan Masalah

Ketika kamu mulai belajar programming, kamu akan mempelajari teknik pemodelan data. Pemodelan data (Data Modelling) adalah proses yang digunakan yang mengatur bagaimana data disimpan, serta memodelkan hubungan data dengan. Tujuannya adalah untuk membuat peta data visual yang akurat dalam menggambarkan struktur data, bagaimana data akan diambil melalui sistem, dan hubungan antara data penting yang satu dengan lainnya.

  1. Prospek Karier yang Terbuka Lebar

Dilansir dari majalah Harvard Business Review, pekerjaan yang paling dicari pada abad 21 adalah Data Scientist. Untuk menjadi Data Scientist, salah satu keterampilan yang perlu dimiliki adalah programming. Jika kamu tertarik untuk masuk ke bidang Data Science, kamu harus menguasai beberapa bahasa pemrograman karena satu bahasa tidak dapat menyelesaikan masalah di semua bidang.

  1. Lebih Mudah Memahami dan Menggunakan Program Analisis Data

Visualisasi data sangat berguna di banyak industri baik di dalam maupun di luar teknologi informasi. Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kamu akan dapat memahami data menggunakan platform dan alat analisis data. Dengan Python, kamu dapat menggunakan analisis data dan pustaka visualisasi seperti Matplotlib dan Plotly.

  1. Membantu dalam Membangun Website yang Baik

Jika kamu memiliki atau ingin membangun situs web, maka pengetahuan pemrograman akan menjadi bekal untuk membuatnya bagus dan nyaman bagi user. Misalnya saja dengan menguasai HTML (Hypertext Markup Language) yang relatif mudah bagi pemula dalam pemrograman, akan membantu kamu dalam membangun konten yang baik. Kamu juga dapat menemukan dan memecahkan masalah kesalahan dengan pengetahuan bahasa pemrograman yang kamu miliki.

  1. Melatih untuk Memiliki Pemikiran yang Teknis

Pemrograman secara alami memanfaatkan keterampilan logis atau matematika lainnya yang saling memperkuat yang akan membuat kamu menjadi lebih berpikiran teknis (technically minded).

Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Selayaknya bahasa yang biasa kita gunakan dalam berkomunikasi sehari-hari, dalam pemrograman juga memiliki bahasa yang terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Dalam perkembangannya, bahasa pemrograman diklasifikasikan lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan level atau tingkatannya. Di bawah ini adalah berbagai jenis bahasa pemrograman berdasarkan levelnya.

  • Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Programming Language)

Pada bahasa pemrograman tingkat lanjut, bahasa pemrograman ini berisi instruksi atau perintah yang menggunakan bahasa alami yang mudah dipahami manusia, seperti bahasa Inggris atau bahasa alami seperti fungsi matematika. Level ini ada untuk mengatasi kekurangan yang ditemukan pada bahasa pemrograman level menengah dan rendah.

  • Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (Mid-Level Programming Language)

Bahasa pemrograman tingkat menengah atau menengah yang berisi instruksi berupa mnemonik seperti ADD, SUB, DIV, dan sebagainya. Namun, bahasa pemrograman yang diajarkan pada tingkat menengah ini harus terlebih dahulu diterjemahkan dan dikompilasi ke dalam bahasa mesin atau komputer. Hal ini dikarenakan sistem komputer hanya dapat memahami penggunaan bahasa mesin. 

  • Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level Programming Language)

Jenis bahasa pemrograman yang pertama adalah bahasa tingkat rendah atau bahasa pemrograman yang berisi instruksi untuk komputer yang menggunakan kode biner, baris kode yang terdiri dari angka 1 dan 0. Kode-kode ini diterjemahkan langsung oleh komputer  tanpa harus melalui proses kompilasi.

Baca juga: Apa Itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Program Sertifikasi yang Mempelajari Bahasa Pemrograman

MyEduSolve menyediakan berbagai program sertifikasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, salah satunya adalah Microsoft Certified Fundamentals. Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals ini akan membantu kamu mempersiapkan diri untuk berkarier di bidang AI, Data Science, dan Cloud Computing. Segera daftarkan dirimu dan dapatkan sertifikat resmi berstandar internasional sekarang juga!


Related Tags

Microsoft Certified Fundamentals

6,035

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.