Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Python: Definisi, Manfaat, dan Keunggulan

Bahasa pemrograman python merupakan salah satu jenis yang paling banyak digunakan dalam pemrograman dasar. Simak apa saja fungsi dan cara menggunakan python di artikel ini!

Posted: Wednesday, Nov 01, 2023

Share:

Python: Definisi, Manfaat, dan Keunggulan cover

Akhir-akhir ini ada salah satu bahasa pemrograman yang sedang populer, yaitu Python. Bahkan diprediksi Python akan menjadi ilmu yang penting untuk dipelajari di masa depan. Jika kamu tertarik untuk mulai mempelajari bahasa pemrograman Python, yuk kenalan dan baca informasi lebih lengkap tentang Python di artikel ini.

Apa Itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat dan mengembangkan website dan software, menganalisa data, dan machine learning. Saat ini Python menjadi bahasa pemrograman yang populer dan paling banyak dipelajari.

Banyak web developer yang menggunakan Python karena memiliki bahasa pemrograman yang umum, sehingga mudah digunakan.

Dalam pengoperasiannya, Python menggunakan syntax berbahasa Inggris. Maka dari itu, banyak orang yang menilai Python menjadi bahasa pemrograman yang mudah dibaca, ditulis, dan dipelajari.

Bahkan cukup banyak juga orang yang tidak memiliki pengalaman di bidang IT, tapi dapat mengerti dan mempelajari dasar-dasar Python hingga ke level profesional dengan teknik coding yang lebih rumit.

Di samping itu, alasan lain Python menjadi bahasa pemrograman yang paling populer adalah Python sangat mudah diakses, karena siapa saja bisa mengunduhnya secara gratis di internet. Kemudian, kode-kode sintaks Python juga banyak tersedia di internet. Jadi siapa pun bisa belajar Python karena aksesnya mudah dan tidak serumit bahasa pemrograman lain.

Baca juga: Dari Data Analyst Jadi People Analyst, Firli: Ilmu Data Analyst Bisa Dikombinasikan! 

Apa Saja Fungsi Python?

Python kebanyakan digunakan untuk mengembangkan website, perangkat lunak, machine learning, analisa data, dan visualisasi data.

Menariknya, banyak orang yang tidak memiliki latar belakang programmer seperti akuntan dan ahli statistika mulai belajar Python untuk mendukung pekerjaan mereka dalam mengolah data dan mengkalkulasikan keuangan.

Python sudah diprogram untuk dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan berikut:

  • Machine learning.

  • Analisa data.

  • Pengembangan website, software, dan aplikasi.

  • Scripting.

  • Software testing.

  • Mengolah data matematis dan big data.

  • Prototyping.

  • Membuat workflow.

  • Mengakses sistem database untuk membaca dan modifikasi file.

Cara Menggunakan Python

Python bermanfaat untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan akurat. Berikut ini beberapa cara menggunakan Python untuk keperluan pekerjaan dan bisnis.

  1. Analisa Data dan Machine Learning

Python sudah menjadi software yang dibutuhkan di bidang pengolahan data. Sebab, Python memiliki kemampuan untuk mengolah data, menganalisa data, menghitung statistika kompleks, menyusun algoritma, machine learning, memanipulasi data, dan menyelesaikan berbagai tugas rumit terkait data.

Kemudian, Python juga dapat membuat beragam bentuk visualisasi data. Contohnya seperti grafik garis, grafik batang, diagram lingkaran, histogram, dan diagram tiga dimensi.

  1. Pengembangan Website

Python kerap dipakai untuk mengembangkan aplikasi atau back end dari sebuah website. Cara kerja Python untuk mengembangkan website dan aplikasi adalah dengan mengirimkan data ke atau dari server, berkomunikasi dengan data base, URL, dan memastikan keamanan cyber saat proses pengiriman data.

Banyak web developer memakai Python untuk mengembangkan website dan aplikasi, karena di Python mereka bisa memakai kode sintaks yang sudah ada tanpa perlu menulis ulang.

  1. Automasi atau Scripting

Jika harus mengerjakan tugas yang sama berulang-ulang, tentunya jadi tidak efisien. Supaya pekerjaan lebih hemat waktu dan optimal, kamu bisa mengakalinya dengan bantuan automasi dari Python.

Untuk mengaktifkan automasi, seorang programmer perlu menulis kode syntax dan proses penulisan ini disebut scripting.

Selain untuk automasi, proses scripting juga dapat digunakan oleh programmer untuk memeriksa adanya kesalahan coding pada file, proses konversi file, penghitungan matematis sederhana, dan penghapusan data yang terduplikasi.

Baca juga: Kenali Metode Pemrograman OOP (Object Oriented Programming) 

  1. Prototype dan Software Testing

Python bisa membantu seorang software developer untuk mengembangkan perangkat lunaknya dengan melakukan bug tracking, build control, dan pengujian.

Dengan bantuan sistem Python, software developer dapat melakukan automasi pada pengujian fitur baru ataupun perangkat lunak baru. Salah satu tools Python yang sering digunakan untuk software testing adalah Green dan Requestium.

  1. Menyelesaikan Tugas-Tugas Sederhana

Walaupun erat kaitannya dengan coding dan pemrograman, tapi ternyata automasi Python juga bermanfaat untuk menyelesaikan bermacam-macam tugas sederhana. Contohnya jurnalis, pebisnis kecil, pemasaran, hingga social media specialist.

Berikut ini daftar tugas sederhana yang dapat diselesaikan dengan proses automasi dari Python:

  • Memantau harga pasar saham dan kripto.

  • Melakukan pesan broadcast.

  • Memperbarui daftar belanja.

  • Mengedit file-file dalam jumlah besar.

  • Mengonversi file dari bentuk teks ke spreadsheet.

  • Mengisi formulir online secara otomatis.

Keunggulan Python

Selain mudah untuk dipelajari, ternyata Python memiliki banyak keunggulan lainnya sehingga digunakan banyak programmer dan web developer. Berikut ini keunggulan Python yang dirasakan user.

  • Python mudah diakses di berbagai sistem operasi komputer, misalnya Windows, Mac, Linux, Raspberry Pi, dan sebagainya.

  • Kode sintaks pada Python menggunakan basis bahasa Inggris, sehingga mudah diingat, dibaca, dan dipelajari, bahkan oleh orang yang tidak memiliki latar belakang programmer.

  • Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, di Python programmer bisa menyederhanakan kode syntax sehingga tidak terlalu panjang.

  • Dalam sistem Python terdapat interpreter system yang memiliki kemampuan untuk membaca kode syntax secara langsung begitu kode ditulis. Artinya, proses prototyping pun menjadi sangat cepat.

  • Python bisa menangani pekerjaan prosedural, orientasi objek, dan pekerjaan fungsional.

  • Cara membuat kode syntax di Python lebih mudah daripada bahasa pemrograman lain. Jika software pemrograman lain harus menggunakan semicolon ( ; ) atau tanda kurung untuk menyelesaikan perintah. Namun, dalam Python untuk memberi perintah cukup membuat baris baru.

  • Kemudian, jika software pemrograman lain kebanyakan menggunakan tanda kurung kurawal untuk menentukan cakupan, di Python cukup menggunakan spasi dan paragraf.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Developer dan Perbedaannya dengan Programmer 

Itu dia penjelasan lengkap tentang bahasa pemrograman Python yang sedang naik daun. MyEduSolve membuka kelas sertifikasi online IT Specialist: Python Certification buat kamu yang ingin meningkatkan skill di bidang IT. Dapatkan informasi lebih lanjut di laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

W3schools, Python Introduction (Diakses Oktober 2023)

Coursera, What Is Python Used For? A Beginner’s Guide (Diakses Oktober 2023)

Amazon Web Service, Apa itu Python? (Diakses Oktober 2023)

Related Tags

Pengembangan Skill
Python

1,365

Recommended Articles

Informasi Lengkap Adobe Bootcamp 2022 cover

Posted: 2 years ago

14 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.