Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pelajari Materi Digital Marketing Secara Mudah di Google Digital Garage!

Pelajari materi-materi digital marketing secara mudah di Google Digital Garage! Dapatkan akses gratis ke kursus-kursus berkualitas untuk pemula.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Mar 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pelajari Materi Digital Marketing Secara Mudah di Google Digital Garage! cover

Rajin mengikuti pelatihan dan program sertifikasi merupakan upaya untuk meningkatkan value dan daya tawar di dunia kerja. Dengan menambah keahlian atau expertise inilah yang membedakan kamu dengan kompetitor lainnya.

Untungnya sekarang sudah ada banyak cara untuk belajar keterampilan baru, salah satunya adalah program Google Digital Garage. Yuk, ketahui lebih dalam apa itu program sertifikasi Google Digital Garage dari Google yang akan dibahas di artikel ini.

Apa Itu Google Digital Garage?

Seperti yang sudah kamu ketahui, Google merupakan perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat yang menyediakan banyak layanan teknologi yang sering dipakai sehari-hari. Mulai dari mesin pencari, software pengolah data, cloud computing, hingga media promosi digital.

Saat ini keterampilan digital sangat dibutuhkan. Terlebih sudah terjadi digitalisasi di bidang bisnis dan pemasaran. Untuk mengakomodasi hal ini, Google membuka program kursus sertifikasi digital bernama Google Digital Garage.

Program ini pertama kali dibuka tahun 2015 sebagai pelatihan bisnis untuk skala kecil maupun menengah. Tujuannya untuk mendukung bisnis skala kecil dan skala menengah agar bisa mengembangkan dan memperluas lini bisnisnya.

Sejak dibuka tahun 2015, peserta Google Digital Garage sudah berjumlah lebih dari 700.000 orang dan terus bertambah sampai hari ini dengan berbagai latar belakang. Mulai dari pelaku bisnis hingga karyawan yang ingin beralih industri pekerjaan ke bidang digital marketing.

Baca juga: Asah 11 Skill Digital Marketing Ini untuk Siap Bersaing!

Materi Google Digital Garage

Program kursus yang ditawarkan Google Digital Garage adalah kursus online yang terdiri dari webinar tatap muka dan sertifikasi keterampilan.

Peserta yang bergabung di program Google Digital Garage akan diajarkan mengoperasikan berbagai tools Google dan media sosial untuk membantu memasarkan bisnis.

Nantinya peserta akan diajarkan cara memindahkan sistem bisnis offline menjadi sistem bisnis online menggunakan mesin pencari Google dan memanfaatkan penggunaan keyword yang tepat.

Kemudian, program ini juga akan mengajari peserta cara membaca peta dan data analitik dari akun bisnisnya, menemukan strategi pemasaran online untuk meningkatkan omset, hingga mempelajari sistem-sistem pemasaran online masa kini. Meliputi SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), media sosial, e-mail marketing, dan content marketing.

Menariknya Google Digital Garage juga bekerja sama dengan bisnis skala kecil dan badan amal melalui mitranya yang bernama Digital Boost untuk mengadakan pelatihan bisnis dan pemasaran digital.

Untuk lebih rincinya, ada 13 keterampilan yang bisa kamu dapatkan di Google Digital Garage:

  • Pemasaran lokal (local marketing)

  • Strategi bisnis

  • E-commerce

  • E-mail marketing

  • SEM

  • SEO

  • Media sosial

  • Video

  • Optimasi web

  • Analitik dan data insight

  • Content marketing

  • Display advertising

  • Mobile marketing

 Baca juga: Sertifikasi Digital Marketing Meta, Kunci Sukses Karier di Bidang Digital

Kelebihan Program Google Digital Garage

Ada beberapa alasan kamu harus menggunakan program Google Digital Garage untuk mempelajari skill digital marketing. Berikut kelebihan-kelebihan dari program Google Digital Garage yang bisa kamu pertimbangkan. Yuk, simak!

  1. Gratis

Kursus dan sumber daya yang tersedia di Google Digital Garage berjumlah kurang lebih 156. Sebagian besar program tersebut tidak dipungut biaya atau gratis. Jadi, kamu bisa langsung mendaftar kursus tanpa perlu menyiapkan modal.

  1. Berkualitas

Meskipun kursus Google Digital Garage banyak yang gratis, tapi kualitas dari program ini tetap terjamin. Sebab, kualitas mentor dan materi kursusnya sudah terverifikasi oleh berbagai profesional di bidang digital marketing. Selepas menyelesaikan kursus, peserta akan mendapat sertifikasi langsung dari Google dan IAB Eropa.

  1. Jadwal Fleksibel

Mungkin kamu masih ragu mendaftar kursus karena jadwalnya yang tidak fleksibel. Tenang saja, durasi kursus di Google Digital Garage ada bermacam-macam dan bisa disesuaikan dengan kesibukanmu.

Apabila aktivitasmu padat, kamu bisa memilih durasi kursus singkat di bawah 2 jam. Namun, kalau kamu punya banyak waktu dan ingin belajar secara intens, Google Digital Garage juga menyediakan durasi kursus lebih dari 20 jam.

  1. Bisa di Mana Saja

Kelebihan lainnya dari Google Digital Garage adalah kelasnya yang full daring, sehingga kamu bisa kursus di mana saja asal memiliki akses internet yang memadai dan stabil.

  1. Bisa Daftar Kapan Saja

Berbeda dengan lembaga kursus yang kebanyakan hanya membuka pendaftaran di waktu-waktu tertentu dengan slot terbatas, kamu bisa daftarkan diri ke kursus Google Digital Garage kapan saja.

Di samping itu, Google juga tidak menetapkan syarat bagi pendaftar. Jadi, siapa saja yang ingin belajar digital marketing, bisa langsung mendaftar ke Google Digital Garage.

Baca juga: Meta Ads: Pengertian, Manfaat, dan Fitur untuk Mengembangkan Bisnis

Kelemahan Program Google Digital Garage

Meskipun Google Digital Garage memiliki banyak kelebihan, tentu saja program kursus ini juga menyimpan kekurangan. Berikut penjelasannya secara singkat.

  1. Kurang Interaktif

Berbeda dengan proses belajar di kelas yang mana peserta dan pengajar dapat saling berinteraksi melalui proses tanya-jawab secara langsung.

Materi Google Digital Garage kebanyakan disampaikan melalui video atau webinar, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang interaktif.

  1. Membutuhkan Komitmen Tinggi

Untuk belajar di Google Digital Garage membutuhkan komitmen dan disiplin yang tinggi. Sebab, mentor hanya berperan sebagai pemateri. Jadi untuk menyelesaikan program kursus sampai selesai harus berkomitmen dan disiplin.

Itu dia penjelasan mengenai program kursus digital marketing Google Digital Garage. Nah, supaya keterampilan digital marketing kamu semakin oke, selain belajar tools digital marketing dari Google sebaiknya kamu juga mempelajari teknik dan menguasai tools digital marketing dari Meta.

Kamu bisa mempelajari teori dan teknis-teknis tools digital marketing milik Meta di program Meta Digital Marketing Associate yang ditawarkan MyEduSolve. Tenang saja, kamu juga bisa mencari berbagai program kursus menarik lainnya dengan akses laman MyEduSolve.

Sumber:

GOOGLE DIGITAL GARAGE [2022] https://www.scaleupinstitute.org.uk/programmes/google-digital-garage-2022/ (Diakses Maret 2024)

GOOGLE DIGITAL GARAGE https://www.thepfa.com/players/education/course-options/google-digital-garage (Diakses Maret 2024)

Is Google Digital Garage Worth Ding?  https://www.trickyenough.com/google-digital-garage/ (Diakses Maret 2024)

Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

Pelajari Materi Digital Marketing Secara Mudah di Google Digital Garage!

Posted: Tuesday, Mar 19, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Literasi Digital
Digital Marketing

116

Recommended Articles

Relevant Certifications

Meta Digital Marketing Associate

Rp 0