Asah 11 Skill Digital Marketing Ini untuk Siap Bersaing!

Kalimat persuasif dan kemampuan komunikasi yang mumpuni bukanlah satu-satunya skill yang kamu butuhkan untuk jadi seorang marketer yang andal. Cek skill-skill lainnya melalui artikel ini!

Posted: Sunday, Jan 02, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Sunday, Jan 02, 2022

Share:

Asah 11 Skill Digital Marketing Ini untuk Siap Bersaing! cover

Para profesional dengan skill digital marketing yang apik kini semakin banyak diliirik. Hal tersebut karena marketing adalah salah satu divisi dalam perusahaan yang berperan penting dalam penjualan barang atau jasa. Tanpa tim marketing yang mumpuni, sebuah perusahaan akan kesulitan dalam memasarkan produk atau jasanya.

Tak heran jika perusahaan mulai mencari orang-orang yang ahli untuk bisa mencapai target penjualan. Agar posisimu tidak tergeser, kamu perlu mempelajari beberapa kemampuan yang bisa membuatmu lebih menonjol dari yang lainnya dan mampu menembus target dari atasan!

Apakah Tugas Marketing Sama Dengan Advertising?

Sebelum memahami skill digital marketing yang diperlukan, kamu harus tahu dulu apa saja tugas seorang Digital Marketing agar kamu tidak salah sasaran dan malah melakukan advertising.

Sering kali, marketing dan advertising dianggap sama, padahal keduanya sangat berbeda. Tugas marketing adalah memperkenalkan produk atau jasa dan meningkatkan penjualan, sementara advertising berperan untuk memberikan pesan yang bisa menarik calon konsumen.

Marketing memiliki lingkup yang lebih luas dan advertising merupakan salah satu komponennya. Kesimpulannya, sebagai seorang praktisi Digital Marketing, Advertising hanya menjadi salah satu dari sekian banyak komponen dalam strategi pemasaran. Meskipun biasanya ada tim advertising, tapi kamu tetap harus bisa mengarahkan mereka bagaimana cara menerapkan strategi marketing secara optimal melalui periklanan.

Baca juga: Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula

Cara Menjadi Praktisi Digital Marketing yang Andal

Untuk menjadi seseorang yang ahli dalam suatu bidang, kamu tetap harus memperkaya diri dengan berbagai ilmu serta kemampuan.

Sama halnya dengan marketing, kamu juga perlu mempelajari dan menerapkan berbagai macam kemampuan untuk bisa mencapai target dengan sempurna. Berikut adalah beberapa skill marketing yang kamu butuhkan:

1. Asah Skill Komunikasi dan Story Telling

Kemampuan untuk berkomunikasi adalah salah satu senjata utama seorang marketing. Komunikasi dan story telling yang baik dapat menjadi jembatan penghubung antara perusahaan dan calon konsumen.

Perlu ada komunikasi yang baik agar tujuan dari pesan tersampaikan dengan seutuhnya. Misalnya, kamu mau klien bisa mengetahui fitur dari produkmu, maka kamu perlu mengkomunikasikan fitur-fitur tersebut secara jelas, lengkap, dan menarik agar calon konsumen tertarik untuk memahami produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, komunikasi yang lancar dapat menjaga reputasi dan profesionalitas sebuah perusahaan. Apapun strategi yang kamu terapkan untuk memasarkan produk atau jasamu akan jadi sia-sia tanpa komunikasi yang baik.

2. Pelajari Analytics Tools

Skill digital marketing yang tak kalah penting adalah tahu bagaimana cara membaca data di berbagai Analytics Tool. Selain memikirkan cara-cara kreatif yang persuasif untuk meningkatkan penjualan, seorang marketing juga perlu mempelajari dan memahami beragam analytics tool untuk menganalisis performa dan data-data penjualan.

Melalui analytics tool, kamu bisa mendapatkan informasi tambahan untuk menyusun strategi yang tepat supaya bisa menjaring lebih banyak konsumen. Jangan lupa untuk mengatur data-data dari analytics tool di Microsoft Excel ya!

Baca juga: 7 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai di Dunia Kerja

3. Kembangkan Kemampuan Menulis

Skill selanjutnya yang kamu perlu kuasai adalah kemampuan menulis. komunikasi tidak hanya secara lisan saja tapi juga tertulis! Sekarang ini, zaman sudah serba online. Oleh karena itu, selain berguna untuk membuat laporan ke atasan, kemampuan menulis yang mumpuni juga dapat membantumu dalam membuat slogan ataupun konten di media sosial.

4. Mampu Bekerja sama

Mampu bekerja sama adalah skill marketing

Sumber: Campain_Creators di Pixabay

Untuk bisa mencapai tujuan, kamu harus bekerja sama dengan orang lain. Tim marketing tidak akan mampu berdiri sendiri tanpa divisi-divisi lain dalam perusahaan. Kamu juga tidak bisa seorang diri merancang strategi tanpa bantuan rekan-rekan kerjamu. Kerja sama yang optimal akan mengurangi miskomunikasi, membangun rasa percaya antar anggota tim, dan memperlancar penyelesain suatu proyek atau tugas.

5. Pahami dan Dengarkan Konsumen

Menjadi seorang marketing tidak berarti kamu harus selalu mencekoki lawan bicaramu dengan banyak kalimat persuasif. Ada kalanya kamu harus diam dan membiarkan calon konsumen mengutarakan pemikirannya. Dengan mendengarkan, kamu akan memahami berbagai informasi mengenai klienmu.

Kamu bisa tahu apa motivasi, kebutuhan, dan keinginan targetmu. Dari sana, kamu bisa menawarkan produk atau jasa yang dapat menjawab keinginan atau kebutuhan calon konsumen.

6. Selalu Up to Date

Sebagai seorang marketing, kamu harus tahu apa yang sedang viral atau trending untuk kamu gunakan sebagai bagian dari strategi untuk menarik konsumen. Tapi, selain selalu memantau informasi terkini, kamu juga harus selalu up to date dengan ilmu baru. Terapkan pola pikir terbuka yang haus akan pengetahuan baru.

7. Manajemen Waktu

Jika kamu ingin masuk ke dunia marketing, salah satu skill marketing yang perlu kamu asah adalah manajemen waktu, karena kamu akan diperhadapkan dengan berbagai tugas yang bisa jadi memiliki tenggat waktu yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Praktis Membuat Project Management Plan

8. Tenang di bawah Tekanan

Terkadang banyak hal yang tidak sesuai ekspektasi dalam dunia marketing. Oleh karena itu, kamu harus bisa bersikap tenang dan selalu membuat rencana cadangan untuk mengantisipasi masalah atau kendala yang bisa tiba-tiba muncul saat bekerja.

Baca juga: Selalu Merasa Hasil Kerja Jelek? Bisa Jadi Impostor Syndrome!

9. Asah Kreativitas

Supaya bisa menonjol dan bersaing dengan perusahaan lainnya, seorang marketing harus bisa menciptakan ide-ide baru yang kreatif dan out of the box untuk menarik minta calon kosumen dan meningkatkan penjualan.

10. Pemahaman soal SEO

Media sosial merupakan salah platform yang berperan penting dalam kehidupan marketing. Melalui media sosial, kamu bisa memasarkan produk atau jasa ke banyak kalangan dengan mudah. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar pemasaranmu bisa tepat sasaran adalah dengan memahami kata kunci yang sesuai dengan menggunakan teknik search engine optimization atau SEO.

11. Mampu Mendesain Secara Visual

Apalah artinya tulisan yang mengena tanpa visual yang mendukung. Untuk bisa menarik minat konsumen, kamu tetap perlu membuat visual yang menarik agar mereka tertarik melihat pesanmu. Oleh karena itu, kamu bisa mulai belajar dasar-dasar desain untuk merancang konten pemasaran yang lebih menarik.

Praktisi Digital Marketing memang tidak memiliki tanggung jawab besar untuk membuat desain visual seperti Graphic Designer, namun, akan sangat menguntungkan apabila dalam satu tim terdapat Digital Marketer yang memahami bagaimana suatu visual dapat menarik perhatian target audience dan memberikan arahan terutama dalam penyusunan visual marketing campaign.

Baca juga: 5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Perlukah Seorang Praktisi Digital Marketing Belajar Desain?

Untungnya, kamu tidak perlu menjadi ahli dalam bidang desain hanya untuk membuat desain-desain sederhana. Kamu bisa membuat visual yang menarik hanya dari aplikasi atau software yang praktis, seperti Canva dan PowerPoint. Iya, kamu tidak salah baca, Microsoft PowerPoint.

Banyak orang yang tidak menyadari kalau sebenarnya, poster atau bahkan video animasi bisa dibuat melalui Microsoft PowerPoint. Menarik bukan?

Demikian penjelasan mengenai apa saja skill digital marketing yang perlu kamu pelajari. Jika kamu ingin menambah poin plus dirimu dengan cara memiliki berbagai skill mulai dari Photoshop, PowerPoint, atau Excel, kamu bisa mendapatkan sertifikasi internasiona langsung dari Microsoft dan Adobe. Ujian sertifikasi kini tersedia di MyEduSolve lengkap dengan fasilitas simulasi tes dan platform belajar. Miliki sertifikasinya di MyEduSolve!


Referensi:

Marketing vs. advertising: What's the difference?. Diakses pada 23 November 2021.

10 marketing skills you should be investing in for your business. Smart Insights. Diakses pada 23 November 2021.

17 Marketing Skills Every Marketer Needs. Lumen5. Diakses pada 23 November 2021.

Article Tag:

marketing,tugas marketing,marketing adalah,skill marketing

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Asah 11 Skill Digital Marketing Ini untuk Siap Bersaing!

Posted: Sunday, Jan 02, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

marketing,tugas marketing,marketing adalah,skill marketing

Category:

Pengembangan Skill

Share:

600

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.