Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Di Word Dengan Mudah

Bagi kamu yang sedang menyusun skripsi atau harus membuat laporan, apakah sudah tahu cara menggunakan Mendeley di Word? Yuk, simak caranya di sini.

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Share:

Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Di Word Dengan Mudah cover

Bagi kamu yang sedang menyusun skripsi atau harus membuat laporan, apakah sudah tahu cara menggunakan Mendeley di Word? Atau jangan-jangan, ini pertama kalinya kamu mendengar kata Mendeley?


Mendeley merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu dalam menyusun skripsi, laporan, hingga jurnal. Kamu dapat menggunakan Mendeley ini sebagai plugin di dalam Microsoft Word seperti penggunaan plugin di dalam browser.


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan membantu kamu untuk mengetahui cara menggunakan Mendeley di dalam Microsoft Word. Namun, sebelum mengetahui cara penggunaan Mendeley, yuk kita pahami terlebih dahulu apa itu Mendeley.


Baca juga: Microsoft Office Adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan!

Apa Itu Mendeley?

Dalam sebuah penulisan karya ilmiah, jurnal, skripsi, atau laporan, kamu pastinya membutuhkan berbagai referensi dari penulisan lainnya. Kumpulan referensi tersebut nantinya akan disusun menjadi daftar pustaka atau citation yang tidak boleh terlewatkan.


Hingga saat ini, masih banyak orang yang suka bingung bagaimana cara menyusun daftar pustaka atau menyisipkan sitasi dengan tepat dan mungkin salah satunya adalah kamu. Maka dari itu, kamu dapat menggunakan Mendeley.


Jadi, singkatnya Mendeley adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berbentuk plugin di dalam Microsoft Word. Kamu hanya perlu memasukkan data yang diminta ke dalam Mendeley dan sistemnya akan langsung menghasilkan daftar pustaka atau sitasi yang sudah disesuaikan dengan standar nasional ataupun internasional.


Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui

Bagaimana Cara Menggunakan Mendeley Di Word?

Setelah memahami apa itu Mendeley, maka sekarang saatnya kamu mempelajari cara menggunakannya. Berikut ini, ada 4 tahapan yang harus kamu lakukan untuk menggunakan Mendeley, yaitu:

1. Memasang Mendeley pada Microsoft Word

Tahapan pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh software Mendeley dan memasangnya pada Microsoft Word. Untuk mengunduh software ini, kamu dapat langsung mengunjungi laman resminya.


Setelah Mendeley terunduh di dalam komputer kamu, maka silakan lakukan instalasi. Dalam kolom install, kamu dapat memilih ‘Tools’, kemudian pilih ‘Install MS Word Plugin’, dan Mendeley akan langsung terintegrasi dengan Microsoft Word.

2. Memasukkan Referensi Ke Dalam Mendeley

Setelah Mendeley siap untuk digunakan, kamu dapat langsung memasukkan referensi yang digunakan ke dalamnya. Kamu dapat masuk ke dalam tab ‘Reference’, kemudian masukkan seluruh dokumen referensi ke dalam folder Mendeley.


Seluruh dokumen yang telah masuk ke dalam folder tersebut akan ditarik datanya oleh Mendeley untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. Jadi, kamu tidak perlu susah-susah memasukkan data secara satu per satu.

3. Mengubah Format Sitasi dan Daftar Pustaka

Mendeley menyediakan berbagai pilihan format sitasi atau daftar pustaka yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, pastikan kamu sudah mengubah formatnya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam Microsoft Word.

4. Menyisipkan Sitasi dan Daftar Pustaka Ke Dalam Microsoft Word

Tahapan terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menyisipkan sitasi dan menambahkan daftar pustaka ke dalam Microsoft Word. Untuk menyisipkan sitasi, kamu hanya perlu masuk ke dalam menu ‘Reference’ > ‘Insert Citation’. Sedangkan untuk menambahkan daftar pustaka, kamu bisa memilih ‘Insert Bibliography’.


Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Mudah sekali bukan cara menggunakan Mendeley di Word sesuai dengan informasi yang kami berikan di atas? Jadi, itu saja informasi yang dapat kami sampaikan kepada kamu mengenai apa itu Mendeley dan cara menggunakannya.

Sebagai informasi tambahan, kami menyediakan program Microsoft Office Specialist bagi para fresh graduate atau mahasiswa akhir yang ingin mempersiapkan diri untuk memasuki dunia profesional. Keahlian di bidang Microsoft Office sangatlah dibutuhkan di dunia profesional. Maka dari itu, silakan hubungi MyEduSolve sekarang juga untuk mendaftarkan diri kamu di program Microsoft Office Specialist atau jika ada informasi yang ingin ditanyakan.

Article Tag:

cara menggunakan mendeley di word

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Di Word Dengan Mudah

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

Article Tag:

cara menggunakan mendeley di word

Category:

Pengembangan Diri

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.