Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Dengan Mudah

Jika kamu sedang menyusun skripsi atau membuat laporan, kamu harus tahu apa itu Mendeley. Yuk, cari tahu dan simak cara menggunakannya di sini!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Tuesday, Mar 15, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Dengan Mudah cover

Bagi kamu yang sedang menyusun skripsi atau harus membuat laporan, apakah kamu sudah tahu cara menggunakan Mendeley di Word? Atau jangan-jangan, ini pertama kalinya kamu mendengar kata Mendeley? 


Jangan khawatir, MyEduSolve akan membantumu memahami penggunaan perangkat lunak yang berguna untuk menyusun skripsi, laporan, dan jurnal dalam artikel ini.


Namun, sebelum membahas cara penggunaannya, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Mendeley.

Apa Itu Mendeley?

Dalam sebuah penulisan karya ilmiah, jurnal, skripsi, atau laporan, kamu pastinya membutuhkan berbagai referensi dari penulisan lainnya. Kumpulan referensi tersebut nantinya akan disusun menjadi daftar pustaka atau citation yang tidak boleh terlewatkan.


Hingga saat ini, masih banyak orang yang bingung untuk menyusun daftar pustaka atau menyisipkan sitasi dengan benar. Jika kamu mengalami hal serupa, Mendeley dapat menjadi solusinya.


Jadi, singkatnya Mendeley adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berbentuk plugin di dalam Microsoft Word, mirip dengan penggunaan plugin pada browser. Dengan Mendeley, kamu dapat dengan mudah memasukkan data yang diperlukan dan sistemnya akan secara otomatis menghasilkan daftar pustaka atau sitasi sesuai dengan standar nasional maupun internasional.


Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui


Untuk dapat menggunakan Mendeley, pastikan kamu telah mengunduh software Mendeley ke komputermu terlebih dahulu ya!


Bagaimana cara mengunduhnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cara Mengunduh Mendeley

Untuk mengunduh Mendeley, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah:

  • Buka situs web resmi Mendeley di browser-mu.

  • Pilih versi Mendeley yang sesuai dengan perangkat yang kamu miliki; Windows, Mac, iOS, Android, atau Linux.

  • Klik tombol unduh yang tersedia untuk versi yang kamu pilih dan tunggu proses pengunduhan selesai.

  • Setelah selesai mengunduh, buka file instalasi dan ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi Mendeley di perangkatmu.

  • Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Mendeley dan buat akun baru atau login jika kamu sudah memiliki akun.


Baca juga: Microsoft Office Adalah Software yang Masih Digunakan Perusahaan!

Cara Menghubungkan Mendeley ke Microsoft Word

Setelah berhasil mengunduh Mendeley, aplikasi ini tidak akan otomatis terhubung ke Microsoft Word di komputermu. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menghubungkannya agar kamu dapat memanfaatkan fitur Mendeley secara maksimal dalam penulisan di Word.


Berikut adalah cara menghubungkannya: 


  • Buka aplikasi Mendeley pada komputermu dan klik menu "Tools" di bagian atas aplikasi.

  • Klik "Install MS Word Plugin" untuk menginstal plugin yang diperlukan, lalu tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. 

  • Setelah itu, Mendeley akan secara otomatis terhubung dengan Microsoft Word di komputermu.

  • Buka Microsoft Word, di sana akan muncul tab baru dengan label "Mendeley" atau "Referensi".

  • Gunakan fitur yang tersedia seperti "Insert Citation" atau "Insert Bibliography", kamu bisa langsung mengklik tab tersebut untuk memulai menggunakan Mendeley di Word.


Setelah memahami cara menghubungkan Mendeley, sekarang saatnya kamu mempelajari cara menggunakannya.


Baca juga: 5 Trik Microsoft Word yang Jarang Diketahui

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley untuk Pemula

Fitur-fitur dalam Mendeley sangat mudah digunakan, sehingga jika kamu baru pertama kali menggunakannya, kamu tidak akan kebingungan. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mulai menggunakan Mendeley:

1. Masukkan Data Referensi

Data referensi digunakan untuk mengelola dan menyimpan informasi tentang referensi yang kamu gunakan dalam penelitian atau tulisanmu. Setelah Mendeley siap untuk digunakan, kamu dapat langsung memasukkan referensi yang digunakan ke dalamnya, dengan cara-cara di bawah ini:

  • Buka aplikasi Mendeley kemudian buka folder referensi.

  • Pilih "File", dan klik "Import Files".

  • Pilih file referensi yang berbentuk PDF atau DOCX dan pastikan bahwa file yang kamu import benar-benar berisi referensi yang kamu butuhkan.

  • Setelah selesai mengimport file, kamu dapat melihat referensi yang kamu impor di dalam Mendeley.

Mendeley akan secara otomatis mengekstrak informasi yang dibutuhkan dari setiap dokumen yang kamu masukkan ke dalam folder. Informasi yang diambil oleh Mendeley meliputi judul, penulis, penerbit, tahun terbit, dan URL. Jadi, kamu tidak perlu lagi memasukkan data secara manual satu per satu.

2. Cara Menambahkan Referensi Manual di Mendeley

Kamu juga bisa menambahkan referensi secara manual di Mendeley. Dengan menambahkan secara manual, kamu dapat mengatur dan menyimpan informasi referensi yang diperlukan sesuai dengan keinginanmu.

  • Buka aplikasi Mendeley, klik pada menu "New Document" atau "Baru Dokumen" di bagian atas aplikasi.

  • Isi informasi referensi yang diperlukan, seperti judul, author, penerbit, tahun terbit, dan URL.

  • Simpan hasil input dengan menekan tombol "Save" atau "Simpan".

  • Informasi referensi yang kamu tambahkan akan disimpan di dalam Mendeley dan dapat digunakan untuk membuat sitasi dan daftar pustaka dalam dokumen Word.

3. Memasukkan Sitasi dan Daftar Pustaka

Hal lain yang dapat dilakukan Mendeley adalah menyisipkan sitasi. Kamu hanya perlu masuk ke dalam menu ‘Reference’ > ‘Insert Citation’. Sedangkan untuk menambahkan daftar pustaka, kamu bisa memilih ‘Insert Bibliography’. 

Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis di Mendeley

Mendeley juga dapat membuat daftar pustaka sesuai dengan gaya penulisan yang telah dipilih secara otomatis, dengan cara berikut:

  • Buat halaman khusus untuk daftar pustaka.

  • Klik "References" dan pilih "Bibliography".

  • Letakkan kursor di bagian Daftar Pustaka, lalu klik "Insert Bibliography".


Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Cara melakukan Parafrase

Setelah mempelajari cara menggunakan Mendeley untuk membuat referensi dan daftar pustaka, penting untuk diingat bahwa dalam penulisan skripsi atau laporan, kamu tidak boleh menyalin langsung kalimat-kalimat dari jurnal. Kamu harus melakukan parafrase terlebih dahulu. 


Parafrase merupakan teknik penting dalam menulis laporan atau skripsi yang dapat membantu kamu mencegah plagiarisme dengan mengubah struktur kalimat dan kata-kata dari sumber asli tanpa mengubah maknanya. Parafrase menjadi bukti bahwa kamu benar-benar memahami materi yang digunakan dan menghormati hak cipta orang lain. 


Berikut cara mudah untuk melakukan parafrase:

  1. Pahami inti dari informasi yang menjadi acuan kamu dalam menulis.

  2. Ubah struktur kalimat dan kata-kata dari sumber asli tanpa mengubah maknanya. Kamu bisa menggunakan sinonim atau kalimat dengan struktur yang berbeda.

  3. Pastikan untuk tetap mencantumkan sumber asli dari informasi yang kamu parafrase.


Demikianlah penjelasan seputar Mendeley dan parafrase yang dapat membantumu menyelesaikan berbagai tugas kuliah. Mudah sekali bukan? 


Sebagai informasi tambahan, MyEduSolve menyediakan program Microsoft Office Specialist bagi fresh graduate atau mahasiswa yang ingin mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. 


Program ini dirancang untuk membantu mengasah kemampuan kamu dalam menggunakan Microsoft Office, yang saat ini sangat penting dalam lingkungan kerja yang profesional.


Yuk, segera kunjungi halaman web MyEduSolve untuk mendaftar program Microsoft Office Specialist atau untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!


Referensi

Mendeley Adalah ? Apa Itu Mendeley Dan Cara Menggunakannya, Mahasiswa Wajib Tahu!, https://fantech.id/mendeley-adalah-apa-itu-mendeley/?amp=1 (Diakses 1 Maret 2024)


Cara menghubungkan mendeley ke word di Microsoft Word, https://warungcopy.id/microsoft-word/menghubungkan-mendeley-ke-word (Diakses 1 Maret 2024)

Related Tags

cara menggunakan mendeley di word

44,092

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.