Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Mengenal UX Illustrator, Pekerjaan yang Diminati Generasi Milenial

Kamu jago ilustrasi gambar? Yuk coba ketahui pekerjaan UX Illustrator yang sedang diminati banyak orang!

Posted: Thursday, Sep 22, 2022

Share:

Mengenal UX Illustrator, Pekerjaan yang Diminati Generasi Milenial cover

Generasi sekarang sudah banyak menjualkan produk digital ke berbagai masyarakat, karena akses yang dimudahkan dengan menggunakan smartphone, berbagai layanan berbasis digital mulai berkembang seiring dengan lapangan pekerjaan yang bertumbuh juga. Salah satunya adalah pekerjaan UX Illustrator. Pekerjaan apa itu? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!


Apa itu UX Illustrator?

Menurut Ilustrasee, UX Illustrator adalah pekerjaan yang fokus ke karya ilustrasi untuk membantu proses user menggunakan website atau aplikasi online dalam mencapai tujuannya. Dalam prakteknya, UX Illustrator harus membuat ilustrasi berbasis empati agar user dapat menggunakan produk digitalnya dengan baik.


Baca Juga: UI dan UX: Perbedaan, Tujuan Hingga Prospek Pekerjaan


Apa Perbedaannya dengan Ilustrator Biasa?

UX Illustrator bukan hal yang sama dengan illustrator pada umumnya. Berikut adalah hal pembedanya dilansir dari Nomensa:


  1. UX Illustrator dibuat untuk experience yang lebih luas

Perbedaan pertama terletak pada fokus tujuannya. UX Illustrator mengedepankan proses yang lebih awal karena bertujuan untuk menyelesaikan sebuah problem serta memberikan sebuah experience yang berbeda bagi user dalam menggunakan sebuah produk digital.


  1. UX Illustrator harus melewati proses user testing

Untuk menyelesaikan sebuah masalah, UX Illustrator harus melaksanakan user testing. Hal ini sangat diperlukan karena sebuah ilustrasi berbasis empati harus diuji terlebih dahulu berdasarkan flow aplikasi, sehingga dapat menemukan ilustrasi ideal untuk digunakan.


  1. UX Illustrator hadir untuk ilustrasi jangka panjang

Illustrator pada umumnya biasa membuat sebuah ilustrasi berdasarkan reaksi dari konten yang ada, sehingga penggunaannya terbatas dan tidak jangka panjang. Untuk UX Illustrator, pembuatan ilustrasinya dari awal punya tujuan untuk jangka panjang karena ilustrasinya dapat digunakan kembali serta dapat digunakan di mana saja untuk berbagai pengalaman digital.


  1. UX Illustrator punya karya visual yang interaktif

Perbedaan terakhir ada di karya visualnya. Illustrator pada umumnya biasanya mempunyai ilustrasi yang tidak punya pengalaman interaksi dengan kamu. UX Illustrator hadir dengan ilustrasi yang bersifat interaktif. Maksud dari interaktif ini adalah ilustrasi yang menampilkan reaksi terhadap sesuatu jika user telah menggunakan sebuah produk digital, seperti contohnya menyelesaikan isi formulir dengan sukses atau berhasil.


Baca Juga: Filosofi Warna Dalam Dunia Desain


Skills yang Dibutuhkan UX Illustrator

Dengan prospek kerja di bidang UI/UX sedang diminati banyak orang, menjadi UX Illustrator akan menjadi pilihan yang sangat baik untuk dipertimbangkan. Berikut skills yang diperlukan: 


  1. Fundamental ilustrasi harus dimatangkan seperti pakai Adobe Illustrator

  2. Pelajari tools untuk UI/UX seperti Figma

  3. Melatih ilustrasi dari kaca mata user (user-centric illustration)

  4. Biasakan diri untuk bekerja dalam tim, karena akan bekerja dengan kolaborator lainnya


Sekian informasinya mengenai UX Illustrator! Jika kamu merasa artikel ini menarik dan ingin bertanya lebih dalam seputar karier dan kesehatan mental, bisa cek DIAN ya!

Related Tags

UX Illustrator
Adobe Illustrator

4,395

Recommended Articles

Tutorial Cek Typo di Microsoft Word untuk Pemula cover

Posted: 6 months ago

12 Min Read

3 Cara Membuat Titik Dua Menjadi Sejajar di Microsoft Word cover

Posted: 6 months ago

10 Min Read

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.