Mengenal Managerial Skill yang Penting untuk Promosi Jabatan

Managerial skill adalah salah satu kompetensi wajib jika ingin mendapatkan promosi jabatan. Kenali lebih dalam tentang kemampuan manajerial lewat artikel ini.

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Sunday, May 29, 2022

Share:

Mengenal Managerial Skill yang Penting untuk Promosi Jabatan cover

Kamu pasti mengincar posisi manajer setelah bekerja dalam jangka waktu tertentu. Posisi tersebut cukup menantang karena seorang manajer harus menguasai berbagai skill dan kompetensi untuk menunjang kariernya. Managerial skill adalah salah satu kompetensi yang wajib dimiliki seorang manajer atau pimpinan perusahaan.

Pengertian Managerial Skill

Managerial skill atau kemampuan manajerial adalah keterampilan dalam mengorganisir, memimpin, dan mengelola pekerjaan atau tim. Seorang pimpinan atau manajer wajib menguasai skill ini agar tugas dan masalah dalam pekerjaan dapat diselesaikan dan potensi kritis pun bisa diatasi. Skill ini juga membantu manajer saat berkomunikasi bersama rekan kerja dan bawahannya supaya tercipta alur kerja yang baik.

Managerial skill termasuk dalam jenis soft skill. Artinya, kamu bisa mengembangkan skill ini melalui pengalaman saat memimpin atau mengelola suatu pekerjaan. Selain itu, skill ini dapat dipelajari dengan cara membaca buku atau mengikuti pelatihan (training) tentang kepemimpinan.

Seorang pemimpin memang wajib memiliki skill teknis terkait bidang profesinya agar seluruh tugasnya dapat diselesaikan secara maksimal. Namun, managerial skill merupakan kompetensi wajib dan tidak boleh luput dalam diri mereka. Managerial skill membuat koordinasi kerja kepada bawahan atau rekan kerja berjalan lancar dan selesai sesuai targetnya. Hasil pekerjaan bagus akan sia-sia apabila tidak dilengkapi alur koordinasi yang baik.


Baca juga: Pengertian dan Jenis-Jenis dari Communication Skill

Jenis-Jenis Managerial Skill

Managerial skill merupakan skill set, yakni serangkaian kompetensi yang wajib dikuasai manajer. Ada tiga jenis kompetensi yang termasuk dalam managerial skill, yaitu:

1. Kompetensi Teknis

Skill teknis mencakup kemampuan dan pengetahuan teknis terkait bidang pekerjaannya. Manajer harus mampu mengoperasikan mesin, software, perangkat kerja, atau keahlian lainnya secara efektif dan maksimal. Mereka diharapkan bisa membimbing dan menjadi contoh bagi anggota timnya agar pekerjaan dapat selesai dengan lancar.

2. Kompetensi Konseptual

Kompetensi ini berbicara tentang kemampuan berpikir abstrak dan menciptakan gagasan atau ide untuk timnya. Manajer harus bisa melihat berbagai konsep, mendeteksi masalah, serta menciptakan solusi atas permasalahan tersebut. Anggota tim mengharapkan seorang manajer dapat memberikan gagasan atau strategi kreatif dalam mengatasi rintangan saat bekerja.


Baca juga: 7 Cara Membuat Mind Mapping yang Tepat

3. Kompetensi Intrapersonal

Skill intrapersonal adalah kemampuan dalam melakukan interaksi sosial kepada orang lain, terutama rekan kerja atau anggotanya. Komunikasi intrapersonal yang lancar akan menghindari kesalahpahaman selama bekerja. Anggota tim membutuhkan seorang manajer yang mampu menyampaikan pesan dan memberikan arahan secara efisien, apalagi instruksi tersebut berasal dari pimpinan atau departemen lain dalam perusahaan.

4. Kompetensi Pengambilan Keputusan

Skill ini membantu manajer dalam mengambil keputusan penting dan matang untuk timnya. Proses pengambilan keputusan harus melalui serangkaian pertimbangan dan analisis secara detail. Anggota tim memang membutuhkan seorang manajer yang bisa bertindak cepat dalam memutuskan, tetapi keputusan tersebut harus efisien tidak membawa dampak buruk bagi pekerjaan.


Baca juga: Saatnya Mengenal Apa Itu Problem Solving, Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja


5. Kompetensi Manajemen Waktu

Manajemen waktu tidak sekadar membagi waktu dan mendelegasikan tugas kepada bawahannya, tetapi juga kemampuan dalam mengatur skala prioritas. Manajer wajib memahami skala prioritas setiap tugasnya serta menyusun jadwal yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pembagian tugas berdasarkan skala prioritas membuat anggota tim mampu bekerja secara efektif serta memenuhi deadline yang sudah ditetapkan.

Kesimpulannya, managerial skill adalah kompetensi yang wajib dimiliki kalau kamu bercita-cita sebagai seorang manajer. Skill ini tidak hanya dibutuhkan saat memimpin tim, tetapi juga pengerjaan proyek sebagai project manager

Kamu dapat mempelajari dasar-dasar managerial skill melalui ujian sertifikasi Project Management Ready dari MyEduSolve. Kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari Project Management Institute yang berlaku seumur hidup, sehingga peluangmu lebih besar dalam mencari pekerjaan. Hubungi MyEduSolve segera dan daftarkan dirimu dalam program ini supaya kehidupan kariermu lebih cerah pada masa depan.

Article Tag:

managerial skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Mengenal Managerial Skill yang Penting untuk Promosi Jabatan

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

Article Tag:

managerial skill adalah

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.