Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Keunggulan Bahasa Pemrograman Swift Untuk Mobile Development

Swift merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi di iOS, simak keunggulan bahasa pemrograman ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Apr 15, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Keunggulan Bahasa Pemrograman Swift Untuk Mobile Development cover

Pekerjaan di bidang IT sekarang semakin diminati, karena hampir semua industri membutuhkannya. Untuk menjadi ahli IT tentu penting untuk mempelajari bahasa pemrograman terpopuler seperti JavaScript, Java, C++, dan Python. Selain keempat bahasa pemrograman tersebut, perusahaan Apple juga mengembangkan bahasa pemrograman sendiri yang bernama Swift.

Meski baru diluncurkan tahun 2014, tapi bahasa pemrograman Swift langsung diminati oleh para profesional IT dan masuk ke deretan bahasa pemrograman terpopuler abad ini. Artikel ini akan membahas apa itu bahasa pemrograman Swift dari Apple dan manfaat mengikuti program sertifikasi app development with Swift. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Bahasa Pemrograman Swift?

Bahasa pemrograman Swift adalah bahasa pemrograman buatan Apple Corp. yang diluncurkan pada tahun 2014.

Pada mulanya Apple menggunakan bahasa pemrograman Objective-C. Namun, Objective-C masih memiliki kekurangan yang membuat ahli IT Apple kesulitan.

Berangkat dari situlah, seorang ahli IT Apple bernama Chris Lattner mengembangkan bahasa pemrograman sendiri yang dibuat khusus untuk ekosistem Apple bernama Swift.

Oleh sebab itu, pada dasarnya Swift adalah bahasa pemrograman berbasis Objective-C yang berorientasi pada objek.

Sejak peluncurannya di tahun 2014, lambat laun bahasa pemrograman ini semakin diminati.

Hanya dalam waktu beberapa tahun saja, Swift berhasil masuk ke jajaran bahasa pemrograman paling populer bersanding dengan Python, Java, JavaScript, Ruby, C++, C#, dan lainnya.

Alasan mengapa Swift banyak diminati karena mudah dipelajari pemula, cepat, modern, dan aman. Saat ini sudah cukup banyak aplikasi besar yang memakai bahasa pemrograman Swift. Sebut saja YouTube, Spotify, Instagram, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kenali Sertifikasi App Development with Swift untuk iOS Developer Profesional

Fitur Utama Bahasa Pemrograman Swift

Secara umum Swift banyak diminati karena bahasa pemrograman ini tergolong lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yang sedikit rumit. Di samping itu, Swift juga dinilai memiliki proteksi dan kecepatan delivery yang sangat baik.

Mempelajari bahasa pemrograman Swift sangat direkomendasikan, terlebih untuk pemula yang baru meniti karir sebagai IT.

Nilai tambahan lainnya, bahasa pemrograman Swift menawarkan bermacam-macam fitur yang menarik. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Automatic Reference Counting (ARC)

Fitur ini bisa menghapus instance (blueprint untuk membuat sebuah objek dengan perilaku khusus) yang sudah tidak terpakai secara otomatis.

  1. Penunjuk Fungsi Sudah Terintegrasi

Penunjuk fungsi (function pointer) berisi alamat dari fungsi tertentu dan menunjukkan perbandingan kode dengan data. Jika menggunakan penunjuk fungsi, pengguna tidak perlu menulis kode lagi, cukup menandakan (tag) perintah tertentu. Kemudian, karena function pointer telah terintegrasi, di bagian akhir sintaksis kode (closure) sudah berisikan function pointer secara otomatis.

  1. Terdapat Tuple untuk Mendapat Return Value

Fitur unggulan lainnya di bahasa pemrograman Swift adalah pengguna dapat mengembalikan nilai dari suatu fungsi atau mendapat return value.

Jika pada bahasa pemrograman berbasis C lainnya return value akan didapatkan melalui pointer, array, atau struktur, tapi pada bahasa pemrograman Swift return value bisa diperoleh melalui tuple (suatu fungsi yang disisipkan di antara struktur dan library).

  1. Generik

Generik adalah fitur dari Swift yang membantu pengguna mencari kode sintaksis yang salah atau eror melalui pengaktifan tipe yang dipakai sebagai parameter. Di samping itu, adanya fitur generik juga memungkinkan pengguna menulis fungsi dan tipe yang bisa dipakai ulang.

  1. Proses Iterasi Cepat dan Ringkas

Pada bahasa pemrograman Swift, proses iterasi terbilang cepat karena menyediakan cara sederhana untuk mengulang semua elemen di dalam array (kumpulan elemen sejenis yang digabungkan untuk mempercepat proses pengindeksan dan referensi).

Baca juga: Bahasa Pemrograman Swift: Pengertian, Cara Belajar, dan Fungsinya

  1. Struktur Mendukung Fungsional Tambahan

Pengguna dapat menambah fungsionalitas tambahan menggunakan ekstensi ketika sedang membuat, memberi nama, dan memakai struktur di bahasa pemrograman Swift.

  1. Pola Pemrograman yang Fungsional

Fitur ini akan mengambil array dan menghitung value berkali-kali untuk menciptakan pola. Kemudian, pola tersebut akan dikembalikan ke kode perintah.

  1. Responsif Terhadap Kesalahan Kode

Seorang programmer kadang-kadang melakukan kesalahan seperti salah memasukkan kata sandi ketika ingin login. Bahasa pemrograman Swift memiliki fitur yang responsif terhadap kesalahan kode.

Swift memiliki empat cara menangani kesalahan kode, yaitu membuang, menerima, menyebarkan, dan memanipulasi kesalahan data yang bisa diperbaiki saat runtime.

  1. Memiliki Control Flow Tingkat Lanjut

Bahasa pemrograman Swift memakai control flow statement untuk mengatur suatu program agar tetap berjalan. Control flow statement yang disediakan Swift ada beberapa macam, yaitu transfer statement, loop statement, dan branch statement.

Keunggulan Memakai Bahasa Pemrograman Swift

Meski masih tergolong baru, tapi bahasa pemrograman Swift sudah sangat populer dan diminati banyak programmer. Lantas, apa saja keunggulan memakai bahasa pemrograman Swift? Berikut jawabannya.

  1. Aman

Bahasa pemrograman Swift sudah dirancang agar lebih aman dibandingkan bahasa pemrograman berbasis C lainnya. Swift menghapus semua kelas kode yang berisiko untuk mencegah error saat runtime.

Selain itu, Swift juga memungkinkan pendeteksian kesalahan kode dengan cepat, sehingga tidak perlu mengalami proses debug.

  1. Cepat

Apple mengklaim jika bahasa pemrograman yang mereka kembangkan memiliki algoritma pencarian 2.6 kali lebih cepat dibandingkan bahasa pemrograman Objective-C dan 8.4 kali lebih cepat dari bahasa pemrograman Python.

  1. Cross-Platform

Meski bahasa pemrograman Swift dikembangkan oleh Apple yang memiliki sistem operasi iOS. Namun, Swift juga bisa dipakai di bahasa pemrograman lain seperti Windows dan Linux.

  1. Intuitif

Swift diklaim menjadi bahasa pemrograman yang mudah dipelajari terutama oleh pemula. Kemudahan ini didasari oleh susunan sintaksis kode di Swift terbilang lebih sederhana dibanding bahasa pemrograman lainnya.

  1. Mudah Diakses

Siapa saja bisa mengakses bahasa pemrograman Swift dengan bantuan tools pihak ketiga karena sifatnya yang open-source.

Baca juga: Punya Prospek yang Menjanjikan, Berapa Gaji iOS Developer?

Manfaat Sertifikasi Swift bagi Karir di Bidang IT

Apabila kamu berkeinginan kerja di industri IT, tidak ada salahnya menambah skill dengan ikut program sertifikasi Swift untuk mengembangkan karirmu sebagai IT. Berikut manfaat memiliki sertifikasi Swift untuk karir IT.

  1. Posisi iOS developer sedang banyak diminati karena dibutuhkan banyak perusahaan teknologi.

  2. Prospek karir di masa depan menjanjikan.

  3. Mendapatkan mentoring sesuai kurikulum dari profesional berpengalaman.

  4. Berpeluang besar memperoleh gaji yang cukup besar.

Itu dia ulasan tentang apa itu bahasa pemrograman Swift dari Apple dan manfaat mengikuti program sertifikasi App Development with Swift. Jika kamu tertarik belajar bahasa pemrograman Swift, kamu bisa segera daftar ke program App Development with Swift Certification User bersama MyEduSolve. Tawaran menarik lainnya bisa dilihat di halaman MyEduSolve.

Sumber:

15 Bahasa Pemrograman Terpopuler: Pilihan Utama Para Programmer https://codingbee.id/bahasa-pemrograman-populer/ (Diakses April 2024)

Mengenal Bahasa Pemrograman Swift untuk Aplikasi Apple https://codingstudio.id/blog/mengenal-bahasa-pemrograman-swift/ (Diakses April 2024)

Tutorial Swift 7 : Swift Tuples, Belajar Menggunakan Type tuple Pada Swift https://codekey.id/swift/swift-tuples/ (Diakses April 2024)


Related Tags

swift
bahasa pemrograman
mobil development

116

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.