Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Punya Prospek yang Menjanjikan, Berapa Gaji iOS Developer?

iOS Developer merupakan pekerjaan yang sedang populer dan mulai banyak dibutuhkan diberbagai industri teknologi. Dengan keterbatasan profesional dibidang ini, tawaran gajinya tak jarang cukup tinggi. Simak rentang gaji untuk iOS Developer di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Nov 16, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Punya Prospek yang Menjanjikan, Berapa Gaji iOS Developer? cover

Produk Apple menjadi salah satu merk gadget yang banyak peminatnya. Selain karena sudah memiliki ekosistem yang saling terintegrasi, produk Apple juga dinilai sering berinovasi dengan memperkenalkan bermacam-macam fitur baru yang bisa dinikmati pengguna setianya setiap meluncurkan produk baru.

Pembaruan fitur pada sistem aplikasi dan perangkat lunak Apple merupakan pekerjaan seorang iOS developer. Lantas, berapa gaji iOS developer dan bagaimana cara memulai karier sebagai iOS developer? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut sampai tuntas.

Pekerjaan iOS Developer

Jika kamu bertanya-tanya apa itu iOS developer adalah orang yang bekerja di bidang IT dan memiliki pemahaman yang kuat seputar cara kerja sistem operasi iOS.

Tidak hanya itu saja, seorang iOS developer juga memiliki tugas untuk membuat dan mendesain aplikasi supaya bisa dioperasikan di produk-produk Apple.

Lingkup pekerjaan iOS developer meliputi pembuatan, pengembangan, pengujian, dan penyempurnaan perangkat lunak menggunakan basis sistem operasi iOS.

Untuk memenuhi kualifikasi sebagai iOS developer, tentu saja kamu harus memiliki beberapa hard skill berikut: memiliki pemikiran konseptual, mampu melakukan riset pasar, memiliki kemampuan desain dasar, menguasai bahasa pemrograman dan coding.

Baca juga: Kenali Sertifikasi App Development with Swift untuk iOS Developer Profesional

Cara Memulai Karier sebagai iOS Developer

Setelah memasuki era digitalisasi, banyak sekali peluang karier di bidang IT. Bahkan, perusahaan skala besar hingga menengah pun mulai mempekerjakan tenaga IT untuk mengelola sistem aplikasi dan website mereka.

Maka dari itu, diproyeksikan pekerjaan-pekerjaan di bidang IT seperti application developer, website developer, dan operating system developer memiliki masa depan yang menjanjikan, karena dibutuhkan di banyak industri dan dibayar dengan gaji yang terbilang tinggi.

Nah, iOS developer juga dipandang memiliki prospek karier yang bagus, karena perusahaan Apple ini merupakan perusahaan gadget premium tersohor dan menawarkan besaran gaji yang tinggi. Lantas, bagaimana cara memulai karier sebagai iOS developer?

  1. Mac Computer

Kalau kamu berniat berkarier sebagai iOS developer, setidaknya kamu harus memiliki perangkat komputer dengan sistem operasi Macintosh atau MacOS yang merupakan produk dari Apple. Sebab, untuk mengembangkan sistem operasi iOS, kamu hanya bisa memakai perangkat komputer yang terintegrasi dengan sistem operasi iOS.

  1. Software

Kemudian, untuk menjadi iOS developer, kamu harus mengunduh beberapa software penunjang. Contohnya adalah software XCode yang bisa kamu dapatkan secara gratis di App Store.

Perangkat lunak XCode ini merupakan sistem yang dipergunakan iOS developer untuk mengembangkan dan menguji aplikasi atau software yang sedang dikerjakan.

Di dalam XCode terdapat beberapa tools untuk pengembangan aplikasi dan software di iOS, misalnya debugger, instruments, simulator, dan lain-lain.

  1. Bahasa Pemrograman

Selanjutnya, untuk menjadi iOS developer kamu juga wajib menguasai bahasa pemrograman yang dibuat khusus untuk ekosistem Apple, yaitu Swift.

Dengan mempelajari Swift, kamu akan bisa bekerja secara profesional sebagai iOS developer untuk memecahkan kode dan mengembangkan software di iOS.

Selain itu juga, Swift berperan sangat penting karena dapat membantu iOS developer dalam melakukan identifikasi commands, signs, konsep, dan sebagainya.

Tidak hanya wajib menguasai Swift saja, untuk menjadi iOS developer profesional juga wajib mempelajari bahasa pemrograman Objective-C yang menjadi bagian penting dalam proses pengembangan aplikasi dan software di iOS.

  1. Mobile Development Training

Apabila kamu berniat memulai karier sebagai iOS developer dari nol, pada awalnya mungkin kamu akan mengalami kesulitan. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa ikuti tips-tips di bawah ini.

  • Mempelajari teori dan prinsip dasar pengembangan iOS (iOS development). Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak melalui kursus online atau materi di internet.

  • Coba praktek membuat aplikasi sendiri yang diluncurkan di App Store. Tujuannya agar kamu langsung belajar praktek dengan berbekal teori yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

  • Penting untuk mengambil kesempatan dan mengembangkan aplikasi sendiri. Dengan begitu kamu pun dapat pengalaman praktek mengembangkan aplikasi melalui proses trial and error sampai akhirnya berhasil meluncurkannya di App Store. Di samping itu, kamu yang sudah memiliki portofolio, bisa mulai membangun reputasi sebagai iOS developer.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Developer dan Perbedaannya dengan Programmer 

Gaji iOS Developer di Indonesia

Pekerjaan iOS developer mungkin masih terdengar asing di masyarakat awam. Meski begitu, pekerjaan ini dinilai memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan.

Di era yang serba modern dan ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan seperti sekarang, pastinya membutuhkan jasa software developer agar aplikasi-aplikasi di ponsel pintar semakin berkembang untuk mempermudah produktivitas sehari-hari.

Terlebih saat ini banyak perusahaan berlomba-lomba membuat aplikasi untuk keperluan pembayaran, tabungan, transportasi, hingga pemeriksaan kesehatan. Maka, permintaan jasa software developer untuk membuat berbagai aplikasi pun meningkat tajam.

Dengan peran dan tanggung jawab yang besar, tidak heran seorang software developer atau khususnya iOS developer mendapatkan gaji yang besar. Rata-rata gaji iOS developer di Indonesia mulai dari angka 4 juta – 9 juta perbulannya.  

Baca juga: 6 Cara Jitu Mendapat Tawaran Pekerjaan dari LinkedIn 

Gaji iOS Developer di Luar Negri

Sama seperti halnya di Indonesia, di luar negeri pun software developer menjadi pekerjaan yang sedang banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan karena masifnya era digital seperti saat ini.

Dengan permintaan industri yang tinggi dan tanggung jawab yang besar, iOS developer akan mendapat rata-rata gaji sebesar $90.000 untuk entry level. Kemudian, untuk tingkatan middle hingga senior akan mendapat gaji di angka $115.000 - $180.000.

Itu dia penjelasan mengenai definisi, tips cara memulai karier, dan gaji iOS developer yang wajib kamu tahu. Setelah membaca informasi di atas, apakah kamu jadi semakin tertarik berkarier sebagai iOS developer? Yuk, daftar ke kelas sertifikasi App Development with Swift Certified User dari MyEduSolve untuk menunjang karier di masa depan. Dapatkan penawaran menarik lainnya dengan akses laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

Career Guides https://brainstation.io/career-guides (Diakses Oktober 2023)

Gaji Ios developer di Indonesia https://id.indeed.com/career/ (Diakses Oktober 2023)

Related Tags

Gaji iOS Developer
Pencarian Kerja

648

Recommended Articles

Seberapa Pentingkah Memiliki Sertifikasi untuk Freelance? cover

Posted: 2 years ago

10 Min Read

5 Prospek Pekerjaan 2023 yang Diminati Perusahaan cover

Posted: a year ago

8 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.