Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ketahui Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Simak daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Apakah salah satunya menjadi impian kariermu?

Posted: Thursday, Oct 12, 2023

Share:

Ketahui Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia cover

Siapa, sih, yang tidak ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji bulanan yang tinggi? Setiap pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing. Semakin besar risiko pekerjaan dan tanggung jawabnya, biasanya gaji yang diberikan akan semakin besar. Kira-kira apa saja pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia dan seluruh dunia? Yuk, simak artikel ini, siapa tahu bisa memberikan kamu gambaran mengenai tugas, risiko, dan tanggung jawab beberapa profesi dengan bayaran paling besar di Indonesia bahkan seluruh dunia.

Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Berdasarkan data dari situs Salary Explorer, gaji rata-rata pekerja di Indonesia berada di kisaran Rp12.200.000,00 perbulannya. Sementara itu, gaji rata-rata terendahnya berada di Rp3.070.000,00 dan gaji rata-rata tertingginya Rp54.200.000,00.

Lalu, profesi apa saja yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia? Berikut ini sepuluh daftar pekerjaan dengan gaji paling tinggi di Indonesia.

  1. Dokter Bedah

Mengutip dari laman Salary Explorer, profesi dokter bedah menempati urutan pertama sebagai pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Rentang gaji yang diterima dalam kisaran Rp28.000.000,00 – Rp82.700.000,00.

Alasan dokter bedah memiliki gaji tinggi adalah karena risiko pekerjaan yang besar. Selain itu, dokter bedah juga membutuhkan biaya besar dan waktu yang tidak sebentar untuk mengambil sekolah spesialis bedah.

Baca juga: Alasan Pentingnya Kepercayaan Diri (+5 Cara Meningkatkannya) 

  1. Hakim

Di urutan kedua pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia adalah hakim. Rentang gaji yang diterima sekitar Rp17.800.000,00 – 56.000.000,00.

Hakim menerima gaji yang terbilang tinggi karena memiliki tanggung jawab yang besar dalam menentukan hukuman seseorang di pengadilan.

  1. Pengacara

Pada peringkat ketiga pekerjaan dengan gaji terbesar ditempati oleh pengacara. Di Indonesia pengacara bisa mendapatkan gaji sekitar Rp15.700.000,00 – Rp51.300.000,00.

Pengacara mendapatkan bayaran mahal karena penilaian persepsi dari klien. Lalu, seorang pengacara akan mendapatkan bayaran yang lebih tinggi lagi jika berhasil menghindarkan klien dari hukuman mati.

  1. Manajer Bank

Seorang manajer bank berkemungkinan mendapatkan gaji di kisaran Rp13.000.000,00 – Rp43.700.000,00 sehingga berada di peringkat keempat pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Manajer bank diberikan gaji besar karena bertanggung jawab pada pengelolaan ratusan hingga jutaan investasi yang berputar di perbankan. Tidak heran dengan tanggung jawab yang besar dalam menangani miliaran uang, gaji manajer bank menjadi sangat tinggi.

  1. CEO

Chief Executive Manager atau yang sering disingkat CEO sebuah perusahaan di Indonesia dapat menerima gaji dalam rentang Rp14.700.000,00 – Rp41.000.000,00.

Seorang CEO bertanggung jawab atas kesuksesan atau kegagalan pada rencana bisnis perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, CEO akan menerima dampak dan risiko bisnis yang sangat besar.

Baca juga: Product Life Cycle: Penerapan Pada Karier

  1. CFO

Chief Financial Officer atau CFO adalah jabatan dalam sebuah perusahaan yang bertugas mengelola arus keuangan secara keseluruhan. CFO bertugas menangani anggaran, pengeluaran, pembiayaan, dan pendapatan yang masuk ke keuangan perusahaan.

Keuangan perusahaan menjadi faktor paling krusial dalam bisnis perusahaan. Oleh karena itu, seorang CFO memiliki tanggung jawab dan tugas yang sangat berat. Tidak heran CFO memiliki pendapatan dalam rentang Rp14.500.000,00 – Rp40.700.000,00.

  1. Dokter Gigi

Selain dokter bedah, profesi dokter gigi juga memiliki pendapatan yang besar. Seorang dokter gigi, terutama spesialis orthodontist (kawat gigi) memiliki pendapatan sekitar Rp12.800.000,00 – Rp40.900.000,00 setiap bulannya. Sebab, satu pasien gigi bisa mengeluarkan ratusan ribu setiap melakukan periksa dan kontrol gigi.

  1. Profesor

Di peringkat kedelapan pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia ditempati oleh akademisi, yakni profesor. Seorang dosen yang sudah mendapat gelar profesor bisa menerima pendapatan pada rentang Rp11.900.000,00 – Rp37.900.000,00.

Bayaran seorang profesor cukup besar karena perjalanan menjadi seorang profesor tidak mudah. Mereka harus mengeluarkan biaya banyak untuk sekolah tinggi dan melakukan penelitian. Di sisi lain, masa sekolah mereka juga memerlukan waktu yang tidak sebentar.

  1. Pilot

Profesi pilot mengisi peringkat sembilan pekerjaan dengan gaji paling tinggi di Indonesia. Gaji seorang pilot mulai dari Rp10.300.000,00 – Rp34.500.000,00.

Pilot menerima gaji yang besar karena risiko dan tanggung jawab pekerjaan mereka yang sangat tinggi. Selain itu, pelatihan untuk menjadi seorang pilot juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  1. Direktur Pemasaran

Pada peringkat sepuluh diisi oleh direktur pemasaran. Seseorang yang menjabat direktur pemasaran sebuah perusahaan dapat menerima pendapatan sebesar Rp9.840.000,00 – Rp29.700.000,00.

Direktur pemasaran mempunyai tugas dan tanggung jawab yang cukup berat di perusahaan, yakni meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. Kemudian, direktur perusahaan juga bertanggung jawab untuk menjalankan seluruh program yang berkaitan dengan penjualan dan pemasaran produk atau layanan.

Baca juga: Ini Dia Pentingnya Program Bootcamp buat Tunjang Karier dan Skill Baru Kamu, Jangan Sampai Ketinggalan!

Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Seluruh Dunia

Setelah mengetahui sepuluh pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai lima pekerjaan dengan bayaran tertinggi di seluruh dunia pada tahun 2023. Kira-kira apa sajakah itu? Apakah ada yang sama dengan pekerjaan di Indonesia?

  1. CEO

Secara global seorang CEO perusahaan mendapatkan gaji besar, karena tanggung jawab dan tugasnya yang besar untuk menangani kelancaran bisnis perusahaan. Mengutip dari website Knowledgehut, di tahun 2020-2030 seorang CEO bisa mengalami kenaikan pendapatan mencapai 8%.

  1. Tenaga Kesehatan

Pandemi yang terjadi di tahun 2020-2022 kemarin membuat tenaga kesehatan menjadi pekerjaan yang vital dan dibutuhkan di mana saja. Karena mengalami banyaknya permintaan, tenaga kesehatan secara global mendapatkan gaji yang terbilang tinggi.

  1. Pengacara

Tidak hanya di Indonesia, ternyata secara global pengacara memiliki pendapatan yang tinggi. Terlebih jika pengacara bekerja untuk sebuah institusi atau perusahaan ternama. Tugas dan tanggung jawab mereka sangat besar untuk mengurus legalitas hukum perusahaan, seperti mengurus surat kepemilikan kontrak, dan lainnya.

  1. Investasi Perbankan

Sama seperti di Indonesia, secara global seseorang yang bekerja di perbankan terutama yang mengurus investasi memiliki gaji yang tidak sedikit dalam rentang $131.000 - $209.000.  Mereka memiliki tugas harian yang berat, misalnya melakukan riset pasar, membuat laporan, dan menerapkan semua model yang berkaitan dengan kinerja finansial agar investor mendapatkan untung yang besar.

  1. Data Scientist

Data scientist merupakan salah satu pekerjaan yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan. Bagaimana tidak, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan data scientist dengan bayaran mencapai $150.000. Tugas seorang data scientist cukup berat dan banyak, yaitu menganalisa, menginterpretasi, dan mengelola data perusahaan.

Itu dia deretan pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia maupun di seluruh dunia. Apakah kamu tertarik berkarir menjadi salah satu dari daftar profesi di atas?

Kalau kamu memiliki kegelisahan terkait jenjang karir, pendidikan, atau kesulitan mencari pekerjaan, kamu bisa menceritakan semua keluhanmu secara anonim di #TalkToDIAN yang tentu saja gratis.

Sumber:

https://www.salaryexplorer.com/

https://www.salaryexplorer.com/

 https://www.knowledgehut.com/

Related Tags

Inspirasi
Pekerjaan dengan gaji tertinggi

812

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.