Alasan Pentingnya Kepercayaan Diri (+5 Cara Meningkatkannya)

Memahami manfaat dan tips meningkatkan kepercayaan diri dengan membaca artikel ini adalah langkah pertama yang penting untuk menjalani hidup yang baik

Posted: Thursday, Mar 16, 2023

Updated: Monday, Oct 02, 2023

Share:

author:Kenanga Admin

Diah Nugraheni

Alasan Pentingnya Kepercayaan Diri (+5 Cara Meningkatkannya) cover

Kepercayaan diri adalah istilah yang muncul dalam banyak konteks. Kepercayaan diri merupakan sebuah konsep yang terkait dengan kesehatan mental, kesejahteraan, dan cara hidup yang positif di dunia. Penjelasan dari definisi tersebut membuktikan bahwa diri kita penting mengetahui kekuatan dan kelemahan dengan baik dengan menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri agar memiliki pandangan positif tentang diri sendiri.

Lalu, bagaimana cara menggali potensi diri?

Menggali potensi diri dapat dengan cara mengetahui terlebih dahulu indikator kepercayaan diri. Menurut penelitian Febrianto et al 2022, mereka melakukan penelitian dan mengambil acuan indikator kepercayaan diri dari buku Lautser P. yang berjudul “Test Kepribadian”. Indikator kepercayaan diri meliputi 4 poin diantaranya:
1. Percayalah pada kemampuan diri sendiri

2. Bertindak mandiri dalam mengambil keputusan

3. Memiliki mindset yang positif

4. Berani mengungkapkan pendapat


Melihat 4 poin tersebut, jika kamu sudah merasa percaya diri rendah, sering merasa ragu-ragu, pasif, atau sulit mempercayai orang lain, maka tandanya kamu perlu menggali potensi diri supaya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Baca juga: Menemukan Percaya Diri Lewat Data Science

Nah, berikut langkah-langkah menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri menurut Kemendikbud:


  1. Kenali Minat dan Bakat

Kenali apa yang membuat kita bersemangat dan tidak pernah bosan melakukannya, apa yang membuat kita bahagia setelah selesai melakukannya. Mengenali minat kita pada suatu hal dan mengetahui  di bidang apa dimana kita memiliki bakat, maka selanjutnya akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan pengembangan diri.


  1. Minta Masukan dari Orang Terdekat
    Orang yang paling mengenal diri kita selain kita sendiri adalah orang terdekat, misalnya keluarga, sahabat, mentor, atau saudara. Mereka adalah orang-orang yang paling sering berinteraksi dengan kita dengan intensitas waktu yang paling banyak. Sangat memuungkinkan mereka mengetahui tentang diri kita, bahkan hal-hal yang paling kecil sekalipun, termasuk potensi yang kita miliki.

  2. Mencoba Hal Baru, Keluar dari Zona Nyaman

Jangan terpaku hanya pada hal-hal yang ada di sekitar kita saja. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menggali potensi diri. Jika kita belum tahu apa hal yang kita sukai, coba lakukan berbagai hal positif yang belum pernah kita coba. Jangan pernah untuk takut salah dan takut gagal. Beranjak lah dari zona nyaman karena berada di zona nyaman tidak akan membuat diri kita tumbuh. Semakin banyak hal positif yang kita coba, maka akan semakin banyak ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan terkait ketertarikan dan kemampuan kita.


  1. Gali Informasi

Masifnya informasi yang masuk ke dalam kehidupan kita berkat perkembangan teknologi digital dan jaringan internet memberi kita kesempatan untuk terus memperbarui pengetahuan kita tentang berbagai hal. Jangan pernah berhenti mencari informasi, karena itu adalah sumber potensi yang bermanfaat. Hal yang perlu diingat adalah ketelitian dalam menyaring bacaan atau tontonan yang kita konsumsi, karena tidak semua konten berisi hal positif. Bahkan banyak di antaranya yang mengandung berita palsu/hoax. Jika mempunyai ketertarikan pada satu bidang informasi, maka gali sebanyak-banyaknya. Itu merupakan potensi yang suatu hari bisa kamu bagikan ke orang lain.


  1. Kenali diri sendiri

Coba buat daftar pertanyaan, seperti contoh: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Setelah sudah dijawab, mintalah bantuan orang terdekat (keluarga, sahabat, mentor) untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda. Kamu juga bisa konsultasikan langsung ke orang yang profesional di bidang konsultasi pengembangan diri dengan mengunjungi myedusolve.com/dian #TalkToDIAN


Related Tags

kepercayaan diri

986

No Available Bundling Promo

Recommended Articles

4 Cara Mudah Mencari Nama di Microsoft Excel Secara Cepat dan Akurat cover

Posted: a month ago

11 Min Read

Leo Bisma

5 Tips Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran cover

Posted: 7 months ago

8 Min Read

Kenanga Admin

Six Sigma, Pengertian dan Prinsipnya Dalam Mengembangkan Bisnis cover

Posted: 12 days ago

15 Min Read

Leo Bisma

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.