Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Kenali Metode SMART, Strategi Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu!

Metode SMART adalah salah satu strategi yang utamanya bertujuan membuat produktifitas meningkat, serta memastikan semua tugas atau pekerjaan selesai tepat waktu.

Posted: Wednesday, Sep 06, 2023

Share:

Kenali Metode SMART, Strategi Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu! cover

Apa metode yang kamu terapkan agar proyek yang kamu kerjakan bisa mencapai target secara tepat waktu? Yuk, kenalan dengan metode SMART yang bisa membantumu menyelesaikan sebuah proyek sesuai deadline. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian Metode SMART

Dalam dunia bisnis atau bahkan kehidupan seseorang sekalipun, target merupakan hal yang sangat penting karena dapat memberikan motivasi serta arah untuk memfokuskan rencana. Oleh karena itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk membuat target dan target tersebut harus dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Untuk bisa mencapai target tersebut, diperlukan sebuah metode yang tepat. SMART adalah sebuah metode yang bisa memandu seseorang untuk memasang capaian target supaya proyek yang mereka kerjakan bisa selesai dan terlaksana tepat waktu.

Metode SMART berasal dari akronim Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Timely. Kelima elemen tersebut digabungkan supaya dapat membantu seseorang dalam meningkatkan peluang demi mencapai target yang telah ditetapkan.

Supaya kamu bisa lebih memahami makna dari metode SMART, berikut ini penjelasan lengkap mengenai lima elemen dalam metode SMART beserta contoh singkat penerapan metode SMART.

Baca juga: Cara Cepat Auto Dapat Kerja Bersama Pendampingan Karier di MyEduSolve 

  1. Specific

Maksud dari specific adalah jelas, tidak ambigu, dan terdefinisi dengan baik. Punya target yang spesifik dapat memperbesar peluang untuk mencapainya.

Lalu, bagaimana caranya menentukan target yang spesifik? Caranya adalah dengan membuat pertanyaan 5W, yaitu who, where, when, what, dan why. Untuk selengkapnya simak penjelasan berikut ini.

  • Who: Siapa saja yang berkontribusi untuk mencapai target ini?

  • What: Apa yang ingin dicapai?

  • Where: Di mana target ini harus dicapai?

  • When: Kapan target harus tercapai?

  • Why: Kenapa harus mencapai target ini?

Kamu bisa menerapkannya dengan cara sederhana. Misalnya kamu punya target ingin diterima Universitas Indonesia.

Supaya peluangmu untuk mencapai target tersebut lebih besar, buatlah target menjadi lebih spesifik, menjadi: Aku ingin menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia tahun depan supaya bisa mencapai impianku sebagai psikolog anak.

  1. Measurable

Measurable artinya terukur, jadi usaha yang kamu perlukan dalam mencapai target harus memiliki kriteria khusus yang terukur, sehingga kamu bisa meraih tujuan tepat waktu sesuai dengan perhitungan.

Dalam menerapkan metode SMART juga perlu memasang kriteria supaya kamu dapat memantau progres yang sudah terlaksana. Apabila kamu tidak memasang kriteria, kamu tidak bisa mengetahui progres pencapaianmu.

Sebelum memasang kriteria tersebut, tanyakan beberapa pertanyaan ini pada dirimu supaya dapat membuat target yang terukur: (1) Seberapa banyak? (2) Bagaimana cara mencari tahu apakah target sudah tercapai atau belum? (3) Apa indikator yang digunakan untuk melihat progres capaian target?

Dengan memakai contoh sebelumnya, maka targetmu menjadi: Aku ingin menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia tahun depan supaya bisa mencapai impianku sebagai psikolog anak. Setiap hari belajar materi SNBT setidaknya 2 jam, supaya mencapai targetku untuk dapat nilai 750 di SNBT.

  1. Achievable

Achievable memiliki arti bisa dicapai dan memungkinkan untuk tercapai. Dengan begitu, kamu bisa mencari tahu cara untuk mencapai target tersebut.

Selain itu, target juga harus dibuat lebih tinggi supaya kamu merasa lebih tertantang untuk mencapainya.

Untuk membuat rencana yang achievable, kamu bisa menanyakan dirimu sendiri beberapa pertanyaan berikut: (1) Apakah aku punya kemampuan dan dukungan untuk mencapai target? Jika tidak, apa yang aku belum miliki? (2) Apakah orang lain ada yang pernah mencapai target tersebut?

Baca juga: Cerita Perjalanan Adjie Dzikry, Juara 3 MOS National Championship 2021 

  1. Realistic

Sebuah rencana yang menerapkan metode SMART haruslah realistic. Artinya target realistis dan masih dalam jangkauan dengan mempertimbangkan dukungan dan waktu.

Cara mencari tahu targetmu sudah realistis atau belum, kamu perlu menanyai dirimu sendiri tiga pertanyaan ini: (1) Apakah target ini masih bisa aku capai? (2) Apakah target bisa aku capai dengan waktu dan dukungan yang aku miliki? (3) Apakah aku bisa berkomitmen untuk mencapai target ini dalam waktu tertentu?

  1. Timely

Terakhir adalah timely, artinya target harus mempunyai garis waktu (timeline) yang jelas dengan tujuan membuat urgensi. Misalnya dengan menentukan tanggal mulainya pengerjaan proyek dan menentukan deadline target.

Apabila kamu tidak membuat urgensi, kamu akan kehilangan motivasi di tengah jalan. Ketika menyusun target, tanyakanlah dua pertanyaan berikut: (1) Apakah aku sudah menentukan deadline pada target yang aku buat? (2) Kapan target yang aku buat sudah harus tercapai?

Kelebihan Menerapkan Metode SMART

Seringkali sebuah perusahaan atau bahkan seorang individu bisa gagal mencapai target mereka, karena tidak menentukan target secara spesifik dan tidak realistis.

Misalnya sebuah perusahaan memasang target “Perusahaan X akan menjadi perusahaan tersukses di industri retail”. Target tersebut baik, tapi kurang tepat karena kurang spesifik.

Dengan menerapkan metode SMART, peluang untuk berhasil akan lebih besar karena target dibuat lebih spesifik dan didukung oleh perencanaan yang matang untuk mencapai target tersebut.

Jadi, kelebihan menerapkan metode SMART adalah perencanaan dan target yang kamu rancang menjadi lebih spesifik, terukur, realistis, dan tepat waktu. Metode SMART dapat mendorong, memotivasi, mengarahkan, mengatur, dan membantu perusahaan atau seseorang dalam mencapai target.

Di samping itu, dengan memakai metode SMART, kamu bisa memusatkan perhatian pada target, memastikan progres untuk mencapai target terus berjalan, meningkatkan kedisiplinan, mengetahui target yang belum terlaksana, dan bisa memilah-milah prioritas.

Baca juga: PKWT dan PKWTT: Perbedaan yang Wajib Diketahui Pekerja! 

Itulah ulasan lengkap tentang metode SMART yang dapat membantu dan mengarahkan untuk mencapai target. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Jika kamu memiliki kendala di lingkungan kerja atau masih struggle mencari kerja, kamu bisa menceritakan keluhanmu di #TalkToDIAN secara anonim tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Sumber:

corporatefinanceinstitute.com

www.indeed.com

Related Tags

metode smart
pengembangan diri

879

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.