Cerita Perjalanan Adjie Dzikry, Juara 3 MOS National Championship 2021

Adjie Dzikry merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi yang meraih posisi juara 3 pada Microsoft Office Specialist National Championship 2021, kategori Microsoft Excel. Mari baca perjalanannya meraih juara 3 kejuaraan nasional!

Posted: Monday, Nov 29, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Anita Djie

Anita Djie

| Posted: Monday, Nov 29, 2021

Share:

Cerita Perjalanan Adjie Dzikry, Juara 3 MOS National Championship 2021 cover

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Ini adalah ungkapan yang sesuai untuk Adjie Dzikry yang merupakan pemenang juara 3 di Microsoft Office Specialist National Championship 2021 atau MOS National Championship 2021, kategori Microsoft Excel. Di tengah kesibukannya, Adjie tetap disiplin belajar dan mengasah kemampuannya dalam mengoperasikan Microsoft Excel.

Baca juga: Berangkat ke Amerika Lewat Microsoft & Adobe National Championship!

Kenalan dengan Adjie Dzikry

Adjie Dzikry atau Adjie merupakan seorang mahasiswa Akuntansi semester lima di Universitas Negeri Semarang. Ia sekarang berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Selain berkuliah, Adjie juga mengikuti berbagai pelatihan, kursus, dan webinar mengenai akuntansi dan data science yang merupakan salah satu bidang yang Adjie minati.

Mahasiswa semester lima ini sempat membaca artikel di internet soal future job survey di tahun 2020. Menurut survei tersebut, di tahun 2025 nanti, akan ada 10 pekerjaan yg paling banyak dicari, salah satunya adalah pekerjaan di bidang data atau data analyst.

Ini yang membuatnya tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut soal bidang data. Tapi, Adjie memerlukan usaha dan disiplin yang besar untuk mempelajarinya karena ia memulai semuanya dari nol. Akhirnya, Adjie memutuskan untuk mengambil kursus Python dan MySQL.

Ia sebenarnya lebih suka belajar secara otodidak daripada mengikuti pelatihan online, tapi untuk materi yang sulit, ia lebih memilih untuk mengikuti kursus agar bisa belajar secara sistematis dan dapat lebih memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk menjadi data analyst.

Baca juga: Didukung oleh Kemendagri RI, MyEduSolve Gelar Microsoft Office Specialist & Adobe Certified Professional National Championship 2021

Perjalanan Menuju Kemenangan

Awalnya, Adjie tidak tahu apa-apa soal sertifikasi Microsoft di Indonesia, tapi dia memang sudah berencana untuk mengikuti program Kampus Merdeka saat liburan semester lalu. Ia berinisiatif mendaftarkan diri untuk belajar mengenai Microsoft Excel for accounting dan data analyst. Sayangnya, waktu itu ia tidak diterima.

Adjie merasa kecewa karena ia sebenarnya ingin menjadi lebih produktif semasa liburan. Dua hari setelahnya, ia iseng melihat Instagram dan menemukan postingan iklan MyEduSolve. Tertarik dengan penawaran sertifikasi Microsoft dari MyEduSolve di Indonesia, Adjie mulai mencari tahu soal sertifikasi Microsoft Office Specialist.

Berhubung dia tidak diajarkan Microsoft Excel secara intensif selama perkuliahannya, Adjie memutuskan untuk mengikuti sertifikasi Microsoft Office Specialist agar bisa memvalidasi kemampuannya.

Menurutnya, sertifikasi ini akan sangat membantunya untuk lebih menonjol dari orang lain yang hanya sekedar mencantumkan ‘mampu mengoperasikan Microsoft Excel’ di CV. Apalagi, sertifikat yang didapatkan resmi dari Microsoft dan tidak hanya membuka peluang kerja di Indonesia, tapi juga secara global.

Di kala itu, orang-orang yang mengambil sertifikasi Microsoft Office Specialist akan langsung otomatis dimasukkan sebagai partisipan Microsoft Office Specialist National Championship 2021. Mengetahui hal tersebut, Adjie langsung menjadi bersemangat untuk menjalani ujian sertifikasi dan mencapai skor ujian yang tinggi.

Baca juga: Indonesia Menempati 10 Besar di 3 Kategori MOS World Championship

Persiapan untuk Kejuaraan Microsoft Office Specialist

Agar bisa mendapatkan skor yang tinggi di Microsoft Office Specialist National Championship 2021, Adjie belajar secara otodidak melalui YouTube. Ia belajar dari berbagai content creator tentang tips mengoperasikan Microsoft Excel secara efektif dan mencari referensi soal ujian sertifikasi untuk mendapatkan gambaran ujian nantinya.

Dalam sehari, Adjie bisa belajar tiga materi Microsoft Excel. Menurutnya, lebih baik belajar dan menganalisis setiap hari secara perlahan daripada menerapkan sistem kebut semalam.

Adjie juga terbantu dengan adanya G-Metrix yang memberikan simulasi ujian sertifikasi untuk latihannya. Melalui G-Metrix, ia jadi bisa tahu kisaran skor yang akan didapatkannya saat ujian nanti.

Saat ada materi yang sulit atau tidak dipahami di G-Metrix, ia akan mencatatnya di buku kecil lalu mencari solusi atau penjelasannya di YouTube ataupun platform lainnya. Baginya cara belajar yang efektif adalah saat kita bisa mempraktikkan apa yang sudah dipelajari.

Adjie mengambil ujian sertifikasi di bulan Agustus 2021 dan bisa melewatinya dengan baik karena ia sudah mempersiapkan diri secara matang.

Juara 3 Microsoft Office Specialist National Championship 2021

Adjie bersyukur mengetahui kalau dia mendapatkan peringkat ketiga di kejuaraan Microsoft Office Specialist. Ia sebenarnya sempat kaget karena nilai ujian aslinya lebih tinggi dari yang didapatkannya melalui G-Metrix. Di simulasi, ia hanya mendapatkan skor di kisaran 800-an, tapi saat ujian aslinya, ia mendapatkan nilai 957/1000.

Waktu itu Adjie merasa kalau masih banyak orang yang memiliki skor lebih tinggi darinya. Ia berusaha untuk tetap optimis karena merasa sudah melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin. Ketika ada notifikasi email pengumuman pemenang dari MyEduSolve, Adjie tidak menyangka bahwa ia akhirnya berhasil menjadi tiga terbaik pada MOS National Championship 2021. Perjuangan dan pengorbanannya akhirnya membuahkan hasil.

Ia sangat berterima kasih kepada orang tua dan teman-teman yang telah mendukungnya. Awalnya orang tua mengira Adjie hanya bermain di depan laptop saja, namun ia mampu membuktikan bahwa ia berhasil meraih juara 3 nasional.

Banyak pengorbanan yang sudah dilakukan Adjie sampai bisa memenangkan kejuaraan Microsoft Office Specialist ini. Namun, berkat usah, doa, dan disiplin, ia berhasil meraih peringkat ketiga.

Baca juga: Sempat Gagal, Gina Berhasil Raih Juara 3 ACA World Championship 2021

Impian di Balik Kejuaraan Microsoft Office Specialist

Memenangkan kejuaraan Microsoft Office Specialist bukanlah satu-satunya mimpi Adjie. Ke depannya, ia ingin menjadi public accountant di salah satu perusahaan Big 4 di Indonesia. Untuk bisa mencapai impiannya, ia mengikuti sertifikasi Microsoft Excel untuk bisa memiliki poin plus dibanding dengan kandidat lainnya, mengingat dunia kerja yang kian kompetitif.

Adjie lulus sertifikasi pada tanggal 18 Agustus lalu dan sertifikasi itu menjadi titik awalnya untuk menjadi pribadi yang produktif. Melalui sertifikasi Microsoft ini, Adjie jadi lebih bersemangat untuk mencari sertifikasi-sertifikasi lainnya yang relevan di Indonesia.

Banyak temannya yang meminta tips dan trik untuk bisa seperti Adjie. Ia membagi kisahnya kepada teman-temannya dan berharap mereka juga bisa sukses di jalannya sendiri. Menurutnya, seseorang bisa sukses asal mereka mau berusaha, tetap konsisten, dan tidak lupa berdoa.

Baca juga: Penulis Muda Ini Ingin Wujudkan Pendidikan Inklusif di Indonesia!

Ingin Bisa Seperti Adjie?

Ikuti langkah Adjie dengan menjalani sertifikasi Microsoft Office Specialist! Kamu bisa mengasah dan memvalidasi skill yang kamu Microsoft Office yang kamu miliki melalui sertifikasi resmi yang bertaraf internasional ini. Dapatkan sertifikasimu di situs web MyEduSolve!

Article Tag:

Sertifikasi Microsoftsertifikasi Microsoft IndonesiaMicrosoft Office SpecialistMicrosoft Office Specialist National Championshipkejuaraan Microsoft Office Specialist

Category:

Inspirasi

Written By

author:Anita Djie

Anita Djie

Articles Info

author:Anita Djie

Anita Djie

Cerita Perjalanan Adjie Dzikry, Juara 3 MOS National Championship 2021

Posted: Monday, Nov 29, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

Sertifikasi Microsoftsertifikasi Microsoft IndonesiaMicrosoft Office SpecialistMicrosoft Office Specialist National Championshipkejuaraan Microsoft Office Specialist

Category:

Inspirasi

Share:

577

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.