Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Kenali 5 Tanda-tanda Kamu Gagal Interview Kerja

Kamu sudah melewati proses interview kerja, tapi belum dapat balasannya? Artikel ini bisa jadi jawaban pertanyaanmu!

Posted: Wednesday, Sep 21, 2022

Share:

Kenali 5 Tanda-tanda Kamu Gagal Interview Kerja cover

Salah satu tahapan rekrutmen kerja yaitu melewati proses interview kerja. Pertanyaan wawancara yang diberikan oleh HRD sudah kamu jawab dengan baik. Namun berbulan-bulan kemudian, belum ada balasan mengenai kelanjutan rekrutmen. Apa yang salah? Mungkin kamu tidak menyadarinya saat berlangsungnya interview. Berikut kami rangkum 5 tanda-tanda jika kamu gagal interview kerja. 


  1. Interviewer Tidak Menunjukkan Ketertarikan

Tanda yang paling mudah untuk dikenali adalah interviewer tidak perlihatkan ketertarikan kepadamu. Menurut Career Sidekick, interviewer akan terlihat tidak tertarik seperti tidak tersenyum, tidak menganggukkan kepala, hingga tidak terlihat minat untuk bertanya lebih kepadamu. Kemungkinan hal ini bisa terjadi karena jawabanmu saat ditanya oleh interviewer tidak sesuai ekspektasinya.


Baca Juga: Inilah 5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik


  1. Interviewer Tidak Menanyakan Skill dan Pengalaman Kerja

Jika interviewer tidak memberikan pertanyaan interview kerja seperti skill dan pengalaman kerja kamu, maka kamu harus waspada. Hal ini bisa terjadi karena mungkin kamu tidak memberikan jawaban yang tepat pada pertanyaan awal interview, sehingga interviewer enggan bertanya secara rinci tentang skill serta pengalaman kerjamu.


  1. Interviewer Memberikan Pertanyaan Tak Relevan

Dilansir dari Indeed, jika kamu mendapatkan pertanyaan di luar dengan posisi yang kamu lamar seperti pengalaman kerja dan skill, maka bisa jadi itu tanda-tanda kamu gagal interview kerja. Saat interviewer tertarik dengan kamu, mereka akan menanyakan pertanyaan yang relevan dengan posisi untuk memastikan apakah kamu punya pengalaman kerja dan skill yang mumpuni.


  1. Interviewer Tidak Memberikan Informasi Penting tentang Posisi Lamaran

Kamu bisa melihat tanda berikutnya jika interviewer tidak memberikan informasi penting terkait posisi yang dilamar. Tahapan ini sangat krusial karena informasi tersebut akan membantumu untuk memilih apakah posisi tersebut cocok dengan perkembangan karier atau tidak. Jika tidak diberikan informasi, maka kemungkinan besar proses rekrutmen kamu tidak dilanjutkan kedepannya.


Baca Juga: 6 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja


  1. Interviewer Tidak Menjelaskan Proses Rekrutmen Berikutnya

Umumnya, interviewer akan bertanya kepada kamu hal-hal seperti:

  • Apakah kamu sedang melakukan proses rekrutmen di perusahaan lain?

  • Berapa hari notice period kamu?

  • Apakah kamu bersedia melakukan serangkaian tes setelah proses interview?


Biasanya pertanyaan tersebut langsung ditanyakan oleh interviewer saat proses wawancara pertama, terkadang juga langsung bertanya tentang skill dan pengalaman kerja kamu. Jika interviewer tidak menjelaskan proses rekrutmen berikutnya, kemungkinan besar kamu gagal proses interview


Namun kamu bisa menanyakan proses rekrutmen berikutnya kepada interviewer. Aksi ini justru bagus karena memperlihatkan kamu sangat tertarik dengan posisi serta perusahaan yang dilamar.


Itu dia tanda-tanda jika kamu gagal interview kerja. Setelah membaca artikel ini, kalau kamu tertarik dengan bertanya seputar tips interview kerja, karier, serta kesehatan mental dapat akses di DIAN ya!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

Kenali 5 Tanda-tanda Kamu Gagal Interview Kerja

Posted: Wednesday, Sep 21, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Interview Kerja
Tips Interview Kerja
Wawancara

4,863

Recommended Articles