Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

15 Contoh Pertanyaan Saat Interview User Ketika Wawancara Kerja!

Ketahui apa saja pertanyaan yang biasanya ditanyakan saat sesi interview kerja bersama user. Persiapkan jawabanmu dan simak beberapa tips dari blog MyEduSolve!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Apr 03, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

15 Contoh Pertanyaan Saat Interview User Ketika Wawancara Kerja! cover

Wawancara kerja merupakan tahap terakhir dari rangkaian seleksi penerimaan kerja. Hasil wawancara kerja inilah yang jadi penentu seorang pelamar diterima atau tidaknya untuk menjabat suatu posisi.

Supaya kamu bisa lolos tahap wawancara, tentu saja kamu perlu mempersiapkan diri secara matang. Lalu, bagaimana cara menghadapi interview user? Artikel ini akan merangkum pertanyaan untuk user yang sering keluar saat wawancara. Yuk, simak baik-baik artikel ini agar kamu bisa lolos tahap interview.

Pengertian Interview User

Interview user adalah wawancara secara face-to-face antara kandidat dengan tim recruiter dari perusahaan. Melalui interview user ini tim recruiter dapat menilai langsung kemampuan dan karakter dari pelamar.

Sesi interview sering dianggap sebagai momok menakutkan bagi para kandidat. Sebab, mereka akan berinteraksi dan diwawancara secara langsung oleh tim recruiter yang menjadi calon atasan di kantor nantinya.

Bahkan biasanya tim recruiter tidak hanya menanyakan pertanyaan-pertanyaan teknis saja. Beberapa tim recruiter ada yang melakukan pertanyaan studi kasus untuk menguji pengetahuan dan keterampilan dari pelamar.

Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui jika interview user dan interview HRD berbeda.

Interview user adalah tahap wawancara kerja dengan calon atasan agar mereka dapat memahami karakter dan kemampuan juniornya dengan baik. Biasanya tahap interview user berada di tahap paling akhir sebagai penentu apakah kandidat diterima atau tidak bekerja di perusahaan.

Sementara itu, interview HRD adalah sesi wawancara yang dipimpin oleh stafstaff divisi Human Resources untuk menguji kecocokan pelamar dengan budaya perusahaan. Tahap interview dengan HRD umumnya dilakukan lebih awal daripada sesi interview user.

Baca juga: Tips dan Contoh Menjawab Pertanyaan Interview Ceritakan tentang Diri Anda

Tujuan Wawancara Kerja

Dalam proses recruitment karyawan baru, perusahaan pasti mengadakan sesi wawancara kerja. Meski terkesan menakutkan, tetapi sesi wawancara memberikan keuntungan bagi pelamar. Yuk, simak apa saja!

  1. Membuktikan Keterampilan

Adanya sesi interview kerja ini bisa menjadi ajang pembuktian keterampilan-keterampilan yang kamu miliki. Sebab, kamu pasti akan diminta menunjukkan kelebihan dan kemampuan kamu dalam berbagai hal. Mulai dari soft skill sampai keterampilan teknis.

Jika kamu dapat menunjukkan skill dengan rasa percaya diri, seharusnya tahap interview kerja tidak menjadi masalah besar buatmu.

  1. Kesempatan untuk Mengetahui Job Desc Lebih Rinci

Sering kali job desc pekerjaan di lapangan berbeda dengan daftar job desc yang dicantumkan di poster lowongan pekerjaan. Melalui sesi interview user, kamu bisa bertanya lebih rinci pada calon atasan mengenai tugas dan tanggung jawab yang akan kamu kerjakan nantinya.

Nah, setelah kamu mengetahui tugas dan tanggung jawabnya secara detail, baru kamu bisa mempertimbangkan apakah sanggup memenuhi tugas yang diberikan padamu atau tidak.

  1. Memahami Budaya Perusahaan

Salah satu faktor yang tidak boleh luput dari pertimbangan pelamar adalah kecocokan dengan budaya perusahaan. Ketika hendak memutuskan untuk melamar ke perusahaan, kamu sebagai pelamar harus mempertimbangkan beberapa hal. Dimulai dari visi dan misi perusahaan, gaya manajemen perusahaan, SOP, sistem gaji, dan sebagainya.

Di samping itu, saat interview user, kamu juga berkesempatan melihat seperti apa calon atasan kamu serta rekan-rekan kamu nantinya. Dengan begitu kamu sudah mendapat bayangan jika seandainya bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Memahami Apa Itu Exit Interview dan Contoh Pertanyaannya

Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Interview User

Bagaimana cara menghadapi interview user? Sejatinya interview dapat dilalui dengan baik apabila kamu mempersiapkan diri dengan matang. Berikut ini ada beberapa tips mempersiapkan diri sebelum ikut interview user.

  1. Lakukan Riset Seputar Perusahaan

Sebelum wawancara, pastikan jika kamu sudah melakukan riset tentang perusahaan. Mulai dari visi dan misi perusahaan, industri yang digeluti perusahaan, sejarah berdirinya perusahaan, dan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Riset yang kamu lakukan ini bisa menunjukkan seberapa besar pengetahuan dan ketertarikanmu pada perusahaan. Selain itu, kamu akan dapat menilai kecocokan antara value perusahaan dengan value personal.

  1. Percaya Diri

Ketika menghadiri wawancara kerja, tentu kamu harus bisa meyakinkan tim recruiter tentang kemampuan serta kelebihanmu dengan kandidat lain. Maka, kamu harus bisa menjawab pertanyaan dengan nada lugas dan percaya diri.

Jangan terlalu memperlihatkan kegugupan, karena akan mempengaruhi artikulasi dan intonasi kamu saat bicara. Jika intonasi dan artikulasi tidak jelas, tentu tim recruiter akan kehilangan minat untuk mendengarkan.

  1. Berpakaian Sesuai Ketentuan

Pastikan kamu memakai busana sesuai ketentuan. Sebab, beberapa perusahaan sudah menentukan aturan berbusana pada pelamar. Contohnya tidak memakai alas kaki yang terbuka dan mengenakan kemeja berkerah.

  1. Tunjukkan Antusiasme

Meski cukup sulit, tapi usahakan untuk menunjukkan aura positif dan antusiasme selama wawancara kerja. Dengan menunjukkan minat dan antusiasme yang besar, tim recruiter akan menilai jika kamu serius melamar jabatan tersebut.

Baca juga: 5 Contoh Menolak Panggilan Interview dengan Sopan dan Profesional

Contoh Pertanyaan Interview User yang Sering Keluar

Supaya sesi interview user berjalan lancar, kamu harus sering berlatih tanya-jawab agar kamu tidak mudah gugup. Di bawah ini terdapat rangkuman pertanyaan-pertanyaan untuk user yang sering keluar saat interview.

  1. Coba ceritakan tentang dirimu.

  2. Apa yang kamu ketahui tentang pekerjaan ini?

  3. Apakah kamu sudah memahami job desc pekerjaan ini?

  4. Tools apa saja yang sudah kamu kuasai?

  5. Apa yang kamu lakukan jika mendapatkan pekerjaan mendadak dengan deadline yang sempit?

  6. Apakah kamu memiliki kelebihan lain selain yang disebutkan?

  7. Apakah kamu pernah mengalami kendala ketika sedang bekerja dan bagaimana caramu menyelesaikannya?

  8. Seperti apakah dirimu lima tahun mendatang?

  9. Apakah kamu pernah mengalami konflik dengan atasan atau rekan kerja? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

  10. Apa yang akan kamu lakukan jika tidak sependapat dengan atasan atau rekan kerja?

  11. Apa yang kamu harapkan jika diterima perusahaan dan mengisi jabatan ini?

  12. Apa yang akan kamu lakukan jika seandainya kamu diterima tetapi dipindahkan ke divisi lain?

  13. Pernahkah kamu membuat kesalahan di tempat kerja dan bagaimana cara kamu mengatasinya?

  14. Apa yang kamu lakukan jika berada dalam situasi penuh tekanan?

  15. Apakah kamu tidak keberatan jika diminta untuk melakukan pekerjaan di luar tugas dan tanggung jawabmu?

Itu dia rangkuman informasi seputar interview user dan lima belas contoh pertanyaan untuk user yang sering ditanyakan ketika wawancara kerja. Kalau kamu mengalami kesulitan dalam wawancara kerja atau terdapat masalah pada karier, yuk konsultasikan masalahmu dengan ahlinya secara anonim di fitur #TalkToDIAN dari MyEduSolve.

Sumber:

30 Pertanyaan Interview User yang Wajib Kamu Tahu, Lengkap dengan Contoh! https://glints.com/id/lowongan/pertanyaan-interview-user/ (Diakses Maret 2024)

What To Expect at a Working Interview https://www.indeed.com/career-advice/interviewing/working-interview (Diakses Maret 2024)



Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

15 Contoh Pertanyaan Saat Interview User Ketika Wawancara Kerja!

Posted: Wednesday, Apr 03, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

user interview
pencarian kerja

121

Recommended Articles