Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Kenalan dengan 3D Desain yang Diproyeksikan Jadi Pekerjaan Favorit Masa Depan

ketahui tentang profesi 3D desainer, yang akan diproyeksikan menjadi pekerjaan favorit dimasa depan. Siapkan dirimu dengan mengetahui apa saja tugas, gaji, dan program yang harus dipelajari!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Thursday, Jan 04, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Kenalan dengan 3D Desain yang Diproyeksikan Jadi Pekerjaan Favorit Masa Depan cover

Zaman sekarang kamu dapat menjumpai animasi tiga dimensi di mana saja dengan mudah. Mulai dari film, video musik, iklan, hingga loading screen sebuah website kerap menggunakan animasi tiga dimensi.

Tahukah kamu orang yang bekerja membuat karakter tiga dimensi disebut 3D artist? Yuk, ketahui lebih dalam tentang profesi 3D artist, mulai dari pengertian, tugas, dan gajinya yang akan dijelaskan secara lengkap di artikel berikut. Simak sampai akhir, ya!

Pengertian 3D Artist

Seorang 3D artist adalah seniman yang menggambar dan mengembangkan objek visual tiga dimensi menggunakan kombinasi teknik gambar tangan dan program komputer.

Dalam proses menggambar animasi, para 3D artist biasanya menggambar sketsa animasi menggunakan teknik tradisional atau gambar tangan.

Kemudian, barulah mereka menciptakan grafik animasi memakai citra yang dihasilkan oleh komputer atau umumnya dikenal dengan istilah CGI (Computer Generated Imagery). Dari citra CGI tersebut, 3D artist tidak hanya bisa menggambar animasi saja, tapi juga membuat model dan efek visualnya.

Animasi tiga dimensi yang dibuat 3D artist seringnya dipakai untuk film, game, video musik, iklan, tampilan antarmuka website, branding perusahaan, dan masih banyak lagi. Lalu, apabila sedang mengerjakan sebuah proyek animasi, 3D artist seringkali bekerja dalam tim dengan 3D artist lainnya untuk membuat animasi yang berkualitas.

Baca juga: Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

Apa Saja Tugas 3D Artist?

Tugas utama seorang 3D artist adalah membuat karakter tiga dimensi yang diminta klien melalui proses kreatif 3D modelling. Dalam proses 3D modelling ini meliputi empat proses, yakni proses desain, proses pengukuran dengan metode tiga dimensi, proses membuat kerangka dan pemodelan, dan proses pemberian tekstur serta visualisasi.

Jadi, tugas seorang 3D artist bukan hanya menggambar animasi saja, tetapi mereka juga terlibat pada keseluruhan proses pembuatan animasi. Mereka bertanggung jawab pada semua proses yang diawali dari penentuan konsep, menggambar desain visual, mengedit animasi, dan menambahkan efek visual agar hasilnya lebih dramatis.

Dalam pembuatan animasi tiga dimensi, 3D artist berhak menentukan seperti apa tampilan animasinya, bagaimana animasinya bergerak, komposisi warna apa yang digunakan agar hasil animasi terlihat bagus di layar, bagaimana setiap animasi berinteraksi dengan elemen di sekitarnya, seperti apa visual efek yang ingin ditambahkan, dan sebagainya.

Supaya kamu lebih mudah mencernanya, berikut ini daftar tugas dan tanggung jawab seorang 3D artist.

  1. Berdiskusi dengan klien terkait konsep dan ide.

  2. Membuat draft desain karakter animasi yang hendak digambar.

  3. Melakukan riset desain.

  4. Menentukan proporsi objek visual yang akan dibuat.

  5. Mengimplementasikan gerak mekanis dan fisik pada animasi.

  6. Bekerja sama dengan pengisi suara.

  7. Mengelola dokumen animasi.

Baca juga: Data Website Freelance di Indonesia 2022: Insights Penting untuk Pemula

Program yang Harus Dipelajari 3D Artist

Untuk menjadi 3D artist, tentunya kamu harus mahir mengoperasikan program desain grafis agar bisa menyelesaikan proyek dengan baik. Berikut ini tool yang paling banyak digunakan oleh 3D artist. Yuk, intip apa saja!

  1. Sketchup.

  2. Fusion 360.

  3. Cinema 4D.

  4. 3DS Max.

  5. Blender.

  6. Mudbox.

  7. Houdini.

Tips Menjadi 3D Artist

Kalau kamu tertarik bekerja sebagai 3D artist, kamu bisa pelajari dan ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Bersekolah di Sekolah Tinggi Khusus Seni Rupa

Meskipun tidak semua perusahaan mengharuskan 3D artist memiliki ijazah resmi dari sekolah seni rupa, tetapi jika ingin bekerja menjadi 3D artist profesional lebih baik memilih berkuliah di universitas yang membuka jurusan seni rupa khususnya di jurusan desain 3D.

Dengan mendapat ijazah dan gelar di bidang seni, membuat kamu memiliki kualitas yang diharapkan perusahaan. Di samping itu, kamu juga pastinya sudah mempunyai pemahaman yang kuat tentang teknis dan dasar-dasar desain, sehingga dapat meningkatkan peluang kamu diterima perusahaan sebagai 3D artist profesional.

Supaya kesempatanmu semakin tinggi untuk diterima perusahaan dengan jabatan 3D artist, kamu wajib menguasai: 3D modeling, menghitung proporsi spasial, membuat bayangan dan tekstur secara digital, mengembangkan karakter, menganimasikan skrip, membuat lingkungan animasi dalam bentuk 3D, dan membuat gerakan pada animasi.

Baca juga: Apa Itu Unity Certified User dan Cara Mendapatkannya

  1. Menguasai Perangkat Lunak untuk Desain

Sebagian 3D artist masih membuat sketsa desain secara tradisional, lalu baru menyelesaikan desainnya dengan software. Oleh karena itu, jika ingin menjadi 3D artist, kamu wajib menguasai software desain. Setidaknya pelajari teknis dan fitur-fitur dasar pada software tersebut.

  1. Mengembangkan Skill

Terdapat beberapa skill yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan value dan portofolio sebagai 3D artist. Kamu bisa mencoba belajar desain game, 3D printing, periklanan, visualisasi produk, pemodelan arsitektur, animasi forensik dan medis, film, virtual reality, dan augmented reality.

  1. Ikut Magang

Langkah awal meniti karir menjadi 3D artist adalah memiliki portofolio. Nah, untuk mengisi portofolio, tentu saja kamu wajib memiliki pengalaman kerja. Salah satu caranya dengan mengikuti magang.

Dari periode magang tersebut, kamu akan belajar cara menerapkan pengetahuan teknis dan keterampilan yang kamu pelajari di dunia kerja. Kemudian, kamu juga akan belajar cara berinteraksi dengan klien, bekerja sama dalam tim, serta memaksimalkan potensi dan kemampuanmu dalam desain.

  1. Susun CV Terbaik

Sebelum mulai mencari pekerjaan sebagai 3D artist, mulai susun CV yang menarik. Bagaimana caranya? Pertama, tulis apa saja software desain yang kamu kuasai, masukkan riwayat pendidikan, cantumkan sertifikasi desain untuk melegitimasi kemampuanmu, dan jangan lupa sertakan portofolio digital agar perusahaan dapat melihat hasil karyamu secara objektif.

Gaji 3D Artist di Indonesia

Buat kamu yang tertarik menjadi 3D artist tapi masih maju-mundur karena masalah gaji, tenang saja jabatan 3D artist di Indonesia sudah mendapatkan gaji yang layak. Melansir dari website Indeed, gaji rata-rata 3D artist di Indonesia berada di kisaran Rp5.548.941 per bulan.

Itulah rangkuman informasi mengenai profesi 3D artist, meliputi pengertian, tugas, skill yang perlu dikuasai, dan juga gajinya. Bagaimana? Apakah kamu tertarik? Yuk, ikuti program sertifikasi Unity Certified Artist dari MyEduSolve untuk menambah value dan peluang kamu menjadi 3D artist profesional. Dapatkan info menarik lainnya dengan mengakses laman MyEduSolve.

Sumber:

Learn How To Become a 3D Artist https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/how-to-become-3d-artist(diakses Desember 2023)

Gaji 3d artist di Indonesia https://id.indeed.com/career/3d-artist/salaries(diakses Desember 2023)

How To Become A 3D Artist: Skills, Qualifications And Duties https://in.indeed.com/career-advice/finding-a-job/how-to-become-3d-artist(diakses Desember 2023)

Related Tags

3d desain
unity
autodesk

271

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.