Data Website Freelance di Indonesia 2022: Insights Penting untuk Pemula

Dari sekian banyak website yang berfungsi untuk menjembatani antara freelancers dan pemberi kerja, berikut ini data mengenai website terpopuler hingga jenis design dengan kompetisi tertinggi & terendah di market freelance!

Posted: Thursday, Apr 14, 2022

Updated: Thursday, Apr 14, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Thursday, Apr 14, 2022

Share:

Data Website Freelance di Indonesia 2022: Insights Penting untuk Pemula cover

Mengembangkan karier sebagai freelancer menjadi pilihan banyak orang di era digital saat ini, tidak hanya sebagai pekerjaan sampingan tetapi juga sebagai profesi full-time


Kemudahan untuk bekerja dengan jam kerja fleksibel dan tidak terikat oleh pemberi kerja biasanya menjadi alasan utama mengapa pekerjaan lepas kini diminati.


Lantas, bagaimana cara para freelancers ini mendapatkan pekerjaan?


Saat ini telah banyak situs yang menjembatani antara freelancers dan para clients, baik situs yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. 


Ini merupakan kali pertama di mana MyEduSolve mengadakan studi sederhana mengenai situs-situs yang berfungsi sebagai perantara antara freelancer dan pemberi kerja (client/advertiser). Dari studi tersebut, ditemukan data mengenai:

  1. Website freelance terpopuler di Indonesia (berdasarkan data interest over time Google Trends)

  2. Jenis jasa design paling kompetitif di Fiverr

  3. Jenis jasa design dengan kompetisi terendah di Fiverr


Meskipun website freelance luar negeri menempati posisi teratas, ternyata ada beberapa website freelance asal Indonesia yang juga tidak kalah populer dan banyak dicari di mesin pencarian selama satu tahun terakhir.


Selain itu, temuan menarik lainnya adalah jenis design yang paling kompetitif di freelancing market ternyata cukup beragam, tidak hanya terbatas pada jenis design populer seperti logo design, brochure, flyer, dan lain sebagainya. Data mengenai kompetisi jenis design di website dalam studi ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan terutama bagi para freelancer pemula saat menentukan strategi dalam memasarkan jasa mereka.

Website Freelance Terpopuler di Indonesia

Untuk dapat melihat website freelance terpopuler di Indonesia, MyEduSolve mengumpulkan data website yang saat ini paling banyak dicari oleh semua orang di mesin pencarian. Oleh karena itu, kami mengumpulkan data interest over time Google Trends yang dikumpulkan selama satu tahun terakhir (Maret 2021-Maret 2022). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa dari 15 situs yang dikumpulkan dari berbagai sumber artikel, 10 di antaranya terumasuk ke dalam website freelance yang paling banyak dicari di Google.


Data interest over time tidak menunjukkan seberapa banyak orang yang mencari keywords tertentu, tetapi hanya merepresentasikan proporsi pencarian keywords tersebut terhadap semua topik yang dicari pada periode waktu tertentu.


Angka interest over time bervariasi dari 0-100 dengan angka tertinggi mengindikasikan popularitas keywords yang lebih tinggi pula. 


Berikut ini merupakan 10 website freelance terpopuler berdasarkan data Google Trends di Indonesia:



Fiver

Fiverr merupakan situs perantara para freelancers dan clients yang berasal dari dalam dan luar Indonesia. Jadi, para freelancers di Indonesia bisa memiliki kesempatan untuk dilirik oleh client dari berbagai belahan dunia. Mata uang yang digunakan adalah US Dollar yang mengharuskan kita untuk memiliki akun Paypal terlebih dahulu saat registrasi di Fiverr.


Apa saja jenis jasa yang bisa kita pasarkan di Fiverr? Tentunya sangat beragam, mulai dari Graphics & Design, Digital Marketing, Writing & Translation, Video & Animation, dan lain-lain. Pendaftaran bisa dilakukan secara gratis namun ada potongan sebesar 20% untuk setiap honor yang freelancers dapatkan melalui Fiverr.

Sociabuzz

Sociabuzz merupakan influencer marketing platform yang menghubungkan client dengan para freelancers khususnya social media influencer. Hal ini bertujuan untuk menyukseskan strategi Word of Mouth di media sosial seperti Instagram, Blog, Youtube, dan Twitter.


Followers kamu masih sedikit? Tidak perlu khawatir karena siapa saja sebenarnya bisa bergabung dengan Sociabuzz, mulai dari selebriti, selebgram, youtuber, blogger, buzzer, sampai micro-influencer. Saat ini influencer yang bergabung dengan SociaBuzz kebanyakan memang berasal dari tanah air. Tetapi SociaBuzz sedang dalam proses pengembangan sehingga influencer se-Asia Tenggara juga dapat bergabung.

Sribulancer

Sribulancer menyediakan hingga 47 jenis jasa yang saat ini banyak dicari oleh para advertiser, di antaranya adalah pembuatan website, desain, social media marketing, optimasi SEO, hingga jasa penulisan. 


Client dan freelancer bisa langsung memulai kerjasama hanya dalam kurun waktu 5 menit setelah seluruh transaksi pembayaran diselesaikan. Untuk mendaftar sebagai freelancer, kamu bisa langsung registrasi tanpa biaya apapun. 

Sribu

Sribu dan Sribulancer? Serupa tapi tak sama, Sribu memang masih satu bagian dari Sribulancer. Bedanya, Sribu merupakan platform khusus untuk menawarkan jasa desain grafis saja.


Meskipun hanya terdapat satu jenis jasa, tetapi jenis desain yang bisa kamu tawarkan cukup beragam, mulai dari logo desain hingga interior desain. Menariknya lagi, platform ini sering mengadakan kontes yang dapat menambah peluang dan nilai tambahmu sebagai freelancer.


Baca Juga: Seberapa Pentingkah Memiliki Sertifikasi untuk Freelance?

99designs

99designs termasuk ke dalam top 5 website freelance terpopuler berdasarkan data Google Trends dalam studi ini. Sesuai dengan namanya, situs ini merupakan platform khusus bagi para designer untuk dapat memasarkan jasanya kepada para client.


Sama seperti Sribu, kamu juga bisa menawarkan berbagai jenis desain di 99designs. Bedanya, jika Sribu merupakan produk tanah air, 99designs merupakan situs yang berasal dari luar negeri seperti Fiverr. Jika kamu masih pemula, di 99designs terdapat banyak artikel yang dapat membantumu dalam mambangun karier freelance.

Upwork

Sistem pembayaran di Upwork sedikit berbeda karena dapat dihitung berdasarkan hitungan per jam ataupun per proyek yang diselesaikan. Hal ini memungkinkan adanya fleksibilitas yang lebih baik untuk freelancers maupun client


Salah satu keunggulan Upwork adalah terdapatnya fitur-fitur pendukung karir freelance, seperti collaborative space dan pembuat invoice bawaan. Sehingga, website freelance ini sangat akomodatif untuk para freelancer pemula.

Designhill

Sesuai dengan namanya dan mirip seperti 99designs, situs satu ini dapat dimanfaatkan khusus untuk para penyedia jasa di bidang desain seperti desain website, brand, dan merchandise. 


Designhill merupakan platform yang berbasis komunitas. Fitur ini memungkinkan kamu untuk dapat memperluas jejaring sosial dengan sesama pekerja lepas. Mirip dengan Sribu, di Designhill, kamu juga bisa berpartisipasi dalam kontes yang diadakan oleh para clients untuk menambah nilai portofoliomu.

Freelancer

Freelancer juga termasuk situs freelance terbaik dengan jumlah pengguna terbanyak. Berdasarkan laporan dari freelancer.com, setidaknya ada lebih dari 42 juta pencari kerja dan klien yang menggunakan situs Freelance ini. 


Satu hal yang membedakan Freelancer dengan situs freelance lainnya adalah kamu diharuskan membayar untuk menjadi anggota di sini. Tetapi, kamu tidak akan diminta untuk langsung membayar begitu saja.  Kamu baru diharuskan membayar setelah mengajukan delapan proposal kepada pencari jasa (client).

Projects

Projects.co.id termasuk ke dalam salah satu situs freelance Indonesia paling terkenal.

Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis jasa dari berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah programming, desain, media sosial, audio/video, hingga jasa tulis menulis.


Satu fitur unik di Projects.co.id yang jarang ada di situs freelance lainnya adalah program bernama Affiliate Referral. Program ini memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan komisi apabila ada orang yang mendaftar ke Projects.co.id dan melakukan transaksi melalui link yang kamu berikan.


Baca Juga: Ingin Bekerja Sebagai Illustrator? Persiapkan 3 Hal ini Dari Sekarang!

Toptal

Jika di situs-situs sebelumnya kamu bisa registrasi dengan mudah, situs kali ini membutuhkan effort yang lebih. Untuk mendaftar di Toptal, kamu harus punya beberapa portofolio berkualitas.


Toptal menawarkan client dengan talenta-talenta terbaik yang ada di dunia. Sehingga proses seleksi di sini juga sangat ketat. Tetapi manfaat dari sistem yang seperti ini adalah ketika kamu bisa lolos, kamu bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi di Toptal daripada situs freelance lainnya.

Menentukan Niche Jasa Design untuk Dipasarkan di Fiverr


Mari sedikit membahas lebih dalam website freelance terpopuler yang menempati urutan no 1, yaitu Fiverr. Setidaknya, terdapat 49 jenis jasa design yang dapat ditemukan oleh client dan ditawarkan oleh para freelancers di Fiverr.


Dari ke-49 jenis jasa design tersebut, urutan 10 besar jenis jasa design dengan penyedia service terbanyak dapat dilihat melalui data di bawah ini.


data freelance design di fiverr


This is where things get more interesting.


Urutan pertama ditempati oleh Logo Design. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis design yang satu ini. Namun, jika kita lihat daftarnya hingga ke nomor 10, ada banyak sekali jenis design yang lumayan jarang kita dengar.


Sebut saja Pattern Design yang berada di posisi kedua. Sebuah design yang membentuk pattern atau pola tertentu ternyata dibutuhkan untuk berbagai macam hal, mulai dari kertas kado, wallpaper dinding, dan lain-lain.


Baca Juga: Tertarik Belajar Desain? Kembangkan Skill-mu di Adobe Bootcamp!


Setelah itu kita lihat Menu Design yang berada di posisi ke 8 dan Tattoo Design di posisi ke 10. Visual merupakan kekuatan utama untuk menggugah seseorang melakukan pembelian. Siapa sangka bahwa bisnis yang bergerak di industri FnB (Food and Beverages) juga banyak yang mencari freelancer untuk membuat desain menu makanannya.


Di Indonesia sendiri pasti sudah terdapat banyak tattoo artist, tapi seberapa seringkah kamu mendengar profesi Tattoo Designer? Ternyata pekerjaan merancang gambar untuk sebuah tatto bisa dijadikan pilihan dalam meniti karier sebagai freelancer.


Sebaliknya, di antara 49 jenis dasa design yang ada, berikut inilah 10 jenis jasa design dengan tingkat kompetisi paling rendah karena penyedia services yang belum terlalu banyak:


data freelance design di fiverr


Posisi terbawah ditempati oleh Building Information Modelling atau yang biasa disingkat BIM. BIM merupakan pemodelan informasi bangunan yang digunakan untuk membuat dan mengelola gambaran digital dari ciri fisik dan fungsional sebuah bangunan. BIM designer biasanya bekerja sama dengan para teknisi dan arsitek dalam mengembangkan desainnya untuk client.


Character Modelling merupakan proses mengubah konsep atau ide menjadi model 3D. Biasnya tools yang banyak digunakan adalah Blender. Aset visual ini banyak dibutuhkan karena identitas sebuah brand kian menarik dengan adanya karakter 3D.


Jenis desain lain yang masih ‘sepi’ jumlah penyedia services-nya namun lumayan populer di antaranya ada Web Banner Design, Fashion Design, Poster Design, Brosur Design, dan lain-lain. 

Jenis Design Mana yang Ingin Kamu Fokuskan?

Jumlah penyedia services di masing-masing jenis jasa design dapat menjadi pertimbanganmu dalam menentukan market jasa freelance terutama di website Fiverr.


Semakin banyak penyedia jasa, maka semakin tinggi pula kompetisinya karena kamu harus bersaing dengan lebih banyak orang untuk mendapatkan suatu project.


Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak memiliki kesempatan sedikitpun untuk dapat berhasil menawarkan jasamu. Kamu tidak perlu ragu jika memang ingin memfokuskan untuk menyediakan jasa di jenis jasa yang tergolong kompetitif, karena setiap orang memiliki gaya desain, market harga, serta sisi unik yang berbeda. Keunikan tersebutlah yang perlu kamu tingkatkan agar kamu bisa standout atau unggul dibandingkan para freelancers lainnya. 


Di Fiverr, kamu bisa mengunggah sertifikasi yang kamu miliki saat melengkapi profilmu. Hal ini dapat berpengaruh secara signifikan apalagi ketika kamu masih baru memulai karena pengguna baru pasti belum memiliki rating atau review yang dapat mengesankan calon client.


Demikianlah penjelasan data website freelance di Indonesia selama bulan Maret 2021 hingga Maret 2022. Selain portofolio, sertifikasi Adobe Certified Professional dapat membantumu menjadi stand out dibandingkan dengan freelancers lainnya. Sertifikasi ini diterbitkan langsung oleh Adobe dan berlaku secara internasional. Jadi, tak perlu ragu untuk mulai meniti karier freelance bahkan di situs luar negeri sekalipun. Jika kamu memiliki kendala atau kebingungan, silakan bertanya melalui Customer Service MyEduSolve di +6287857067313 untuk mempelajari lebih lanjut mengenai ujian sertifikasi Adobe Certified Professional!


Referensi: Data Website Freelance di Indonesia oleh MyEduSolve

10+ Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Uang. Diakses pada 10 Maret 2022.

15+ Situs Freelance Terbaik & Paling Besar Potensi Cuan 2021. Diakses pada 10 Maret 2022.

5 Situs yang Wajib Kamu Coba untuk Kerja Freelance. Diakses pada 10 Maret 2022.

Article Tag:

website freelance,sertifikasi untuk freelance,freelance desain grafis,

Category:

Kreatif

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Data Website Freelance di Indonesia 2022: Insights Penting untuk Pemula

Posted: Thursday, Apr 14, 2022

Updated: Thursday, Apr 14, 2022

Article Tag:

website freelance,sertifikasi untuk freelance,freelance desain grafis,

Category:

Kreatif

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.