Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Jaringan Komputer: Pengertian, Sistem Kerja, Tipe, dan Manfaatnya

Telusuri dasar-dasar Jaringan Komputer termasuk pengertian, sistem kerja, berbagai tipe, dan manfaatnya. Artikel ini menyediakan panduan lengkap bagi kamu yang ingin memahami konsep jaringan komputer secara dasar.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Dec 22, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Jaringan Komputer: Pengertian, Sistem Kerja, Tipe, dan Manfaatnya cover

Mobilitas semakin tinggi dan perkembangan era digital yang semakin pesat membuka akses komunikasi jadi lebih mudah. Perangkat komputer menjadi salah satu media komunikasi yang sering digunakan, karena memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi.

Lantas, apa itu jaringan komputer? Yuk, temukan jawabannya di artikel berikut, simak sampai akhir, ya!

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih untuk bertukar dan membagi informasi. Perangkat komputer meliputi handphone hingga server yang saling terhubung melalui kabel fisik seperti fiber optic maupun nirkabel.

Jaringan komputer pertama kali dibuat tahun 1960-an yang disebut dengan ARPANET. Proyek ini dibiayai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mempermudah berbagi informasi melalui perangkat komputer.

Setelah penemuan tersebut, jaringan komputer pun terus berkembang hingga ditemukan jaringan internet yang saat ini kita gunakan sehari-hari untuk bertukar informasi ke seluruh dunia.

Sistem Kerja Jaringan Komputer

Jaringan komputer dibuat dengan merangkai beberapa perangkat komputer melalui suatu penghubung yang disebut node.

Lalu, node ini dapat berbentuk modem, hub, switch, atau data terminal equipment. Node berperan sebagai penentu cara menerima dan transfer data lewat link, serta berperan untuk mengikuti protokol.

Sementara itu, terdapat empat komponen utama yang membentuk jaringan komputer, yakni protokol komunikasi, tautan, perangkat jaringan, dan jaringan keamanan.  Jaringan komputer baru bisa dipakai jika empat komponen utama tersebut sudah dirangkai dan terintegrasi dengan baik.

Supaya lebih jelas lagi, berikut penjelasan lengkap mengenai keempat komponen utama jaringan komputer.

  1. Perangkat Jaringan

Perangkat jaringan atau node adalah perangkat keras yang harus tersambung dalam jaringan. Perangkat jaringan ini meliputi: komputer, handphone, server, router, switch, dan gateaway.

  1. Tautan

Tautan adalah media transmisi yang umumnya terbagi menjadi dua tipe, yakni kabel dan nirkabel. Untuk tautan kabel umumnya berupa fiber optic, telepon kabel, kabel coaxial, dan sebagainya. Lalu, untuk tautan nirkabel meliputi radio, LAN, dan masih banyak lagi.

  1. Protokol Komunikasi

Protokol komunikasi adalah aturan-aturan yang diikuti oleh semua node termasuk dalam transfer data. Beberapa protokol internet yang sering digunakan misalnya TCP/IP, IEEE 802, Ethernet, dan nirkabel LAN.

  1. Jaringan Keamanan

Node, tautan, dan protokol komunikasi menjadi dasar dari sebuah jaringan komputer. Akan tetapi, saat ini jaringan komputer rata-rata sudah terhubung internet, sehingga sangat memerlukan jaringan keamanan. Maka dari itu jaringan keamanan termasuk ke dalam komponen penting jaringan komputer modern.

Contoh jaringan keamanan adalah firewall, IDS (Intrusion Detection Systems), IPS (Intrusion Prevention Systems), NAC (Network Access Control), content filters, proxy servers, perangkat anti-DDoS, dan load balancers.

Baca juga: Ketahui lebih dalam mengenai Network Security dan Pentingnya Untuk Bisnismu!

Tipe-Tipe Jaringan Komputer

Jaringan komputer terbagi menjadi beberapa kriteria yang akan dibahas secara singkat di bawah ini.

  1. Nanoscale Network

Jaringan nanoscale network ini memungkinkan komunikasi antara sensor dan aktuator kecil.

  1. Personal Area Network

Personal Area Network atau sering disebut dengan PAN adalah jaringan yang dipakai oleh satu orang untuk terhubung dengan perangkat keras lainnya, misalnya antara laptop dengan printer.

  1. Local Area Network

Local Area Network atau LAN dapat menghubungkan perangkat terbatas di dalam suatu area geografis. Misalnya jaringan komputer di sebuah sekolah, rumah sakit, atau kantor.

  1. Storage Area Network

SAN merupakan jaringan komputer yang bisa menyimpan data tingkat blok. Biasanya Storage Area Network digunakan untuk perangkat penyimpanan seperti array disk dan tape libraries.

  1. Campus Area Network

Campus Area Network merupakan kumpulan dari jaringan LAN. Kebanyakan jaringan CAN dipakai untuk keperluan di suatu area yang besar seperti kampus dan kantor pemerintahan.

  1. Metropolitan Area Network

MAN adalah jaringan komputer besar yang menghubungkan perangkat komputer dalam satu kota.

  1. Wide Area Network

Wide Area Network mendukung terhubungnya perangkat komputer dalam wilayah yang lebih besar lagi. Bisa untuk menghubungkan perangkat komputer dalam satu kota, satu provinsi, hingga satu negara.

  1. Enterprise Private Network

EPN atau Enterprise Private Network adalah jaringan komputer tunggal yang seringnya digunakan sebuah komunitas besar untuk menghubungkan antar perangkat komputer dalam satu lokasi.

Baca juga: Pengertian Firewall, Jenis-Jenis, dan Cara Kerjanya

  1. Virtual Private Network

VPN merupakan jaringan pribadi yang membentang di atas jaringan publik.

  1. Cloud Network

Cloud Network sebetulnya memiliki konsep yang sama dengan WAN, tapi cara kerjanya berbeda karena Cloud Network menggunakan sistem cloud yang harus terhubung internet.

Manfaat Jaringan Komputer

Sejak diciptakannya jaringan komputer nyatanya memang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, terutama untuk kemudahan dalam berkomunikasi. Berikut ini deretan manfaat jaringan komputer yang wajib kamu ketahui.

  1. Berbagi Informasi

Jaringan komputer memungkinkan akses data oleh pengguna di mana saja tanpa terhalang lokasi geografis, sehingga dapat membantu mempercepat proses pembagian informasi dan pemrosesan data jarak jauh.

  1. Menyediakan Sumber Daya

Jaringan komputer memastikan kalau sumber daya yang ingin diakses pengguna selalu berada dalam jangkauan. Caranya dengan mencadangkan data ke beberapa mesin, tujuannya supaya pengguna tetap bisa mengaksesnya jika tiba-tiba terjadi suatu insiden yang menyebabkan komputer padam.

  1. Menghemat Waktu

Jaringan komputer bisa menghemat waktu karena memungkinkan penggunanya mengakses berbagai informasi secara cepat, praktis, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

  1. Hiburan

Jaringan komputer memiliki beragam manfaat. Selain untuk mengakses informasi, bisa juga dijadikan akses hiburan. Pengguna bisa memainkan game, menonton video, dan mencari berbagai informasi mengenai hobi.

Baca juga: Malware: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Tips Mencegah Serangan Malware

Demikian penjelasan mengenai apa itu jaringan komputer yang penting untuk diketahui. Yuk, perdalam pengetahuanmu tentang jaringan komputer dengan bergabung di kelas sertifikasi IT Specialist: Networking Certification dari MyEduSolve. Info menarik lainnya bisa diakses di MyEduSolve.

Sumber:

What Is a Computer Network? Definition, Objectives, Components, Types, and Best Practiceshttps://www.spiceworks.com/tech/networking/articles/what-is-a-computer-network/ (Diakses Desember 2023)

Related Tags

Jaringan Komputer
Teknologi

850

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.