Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ketahui lebih dalam mengenai Network Security dan Pentingnya Untuk Bisnismu!

Network security merupakan sistem keamanan yang berfokus pada perlindungan komputer dan sistem dari ancaman dan serangan yang muncul melalui jaringan.

Posted: Monday, Aug 21, 2023

Share:

Ketahui lebih dalam mengenai Network Security dan Pentingnya Untuk Bisnismu! cover

Kemajuan teknologi yang begitu cepat memaksa kita beradaptasi atau ditinggalkan! Salah satu profesi yang akhirnya muncul karena adanya perkembangan teknologi adalah Network Security. Keamanan jaringan di era digital menjadi sangat penting karena berkaitan erat dengan keamanan data, mulai dari perusahaan raksasa hingga pengguna perangkat pribadi haruslah diamankan.

Ancaman keamanan siber juga semakin kompleks dan bermacam-macam, para ahli Network Security menjadi garda terdepan yang menjaga keutuhan, kerahasiaan, dan ketersediaan data di dunia maya. Mereka adalah prajurit modern yang menjelajahi medan tempur siber mengamankan kita dari penjahat yang terus mencari celah untuk merusak dan mencuri data penting milik perusahaan hingga pribadi.

Mari kita bahas lebih lanjut apa itu Security System, Network Security dan bagaimana agar bisa menjadi IT specialist dan berprofesi di bidang security System. Sebuah profesi yang saat ini sangat dibutuhkan dan gaji yang ditawarkan pun sangat besar.

Pengertian Network Security

Network security adalah suatu rangkaian atau kumpulan langkah-langkah, perangkat, dan prosedur yang dirancang secara sistematis untuk melindungi pengguna jaringan dari berbagai risiko yang mungkin timbul dari malware, virus, serta memantau jaringan untuk aktivitas yang dirasa mencurigakan. Dengan kata lain network security akan memprediksi dan mengantisipasi segala ancaman, serangan yang berpotensi merusak sistem keamanan jaringan dari segala bahaya yang tidak diinginkan.

Tujuan utama dari network security adalah untuk meningkatkan keamanan jaringan. Network security akan mengoptimalkan secara ketat tingkat resiko kebocoran informasi dan memastikan data atau file perusahaan terjaga kerahasiaannya, integritas, dan menjamin ketersediaan data pada jaringan perusahaan. Mencegah terjadinya pelanggaran keamanan jaringan yang berkemungkinan membocorkan informasi yang menyebabkan kerugian, melindungi perangkat dari potensi akses yang tidak sah atau perusakan oleh pihak tidak berwenang.

Baca juga : Pentingnya Memahami Cyber Security di Era Modern

Jenis-Jenis Network Security

Tanpa sistem keamanan jaringan yang memadai, keamanan jaringan dapat dengan mudah menjadi sasaran dan sangat rentan terhadap serangan dan pelanggaran keamanan yang tidak diinginkan. Terdapat beragam jenis, fungsi dan fitur yang berbeda pada network security. Berikut ini adalah beberapa jenis network security yang paling umum dijumpai.

Anti-virus

Merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mendeteksi, mencegah, dan menghapus virus pada jaringan komputer. Virus adalah program berbahaya yang dapat menginfeksi dan merusak file atau sistem operasi pada komputer. Anti-virus akan memindai file dan program yang ada di komputer untuk mencari tanda-tanda virus dan menghapusnya apabila ditemukan.

Anti-malware

Apabila virus dapat merusak fungsi normal sistem perangkat komputer, malware bisa memiliki tujuan yang lebih luas, termasuk pencurian data, pencurian identitas, eksploitasi finansial, hingga merusak reputasi perusahaan. Anti-malware akan melakukan scanning file secara keseluruhan guna memastikan keamanan data yang ada dalam jaringan.  melindungi dari berbagai ancaman seperti spyware, adware, trojan, worm, dan berbagai bentuk perangkat lunak berbahaya lainnya.

Firewall

Firewall merupakan tools yang digunakan sebagai penghalang keamanan untuk melindungi jaringan komputer dari akses yang tidak sah atau aktivitas berbahaya. Firewalls dapat berbentuk perangkat keras atau perangkat lunak dan berfungsi dengan memantau lalu lintas jaringan dan mengatur mana yang diizinkan masuk atau keluar dari jaringan. Memungkinkan pengguna membatasi, menolak izin akses jaringan pada aplikasi lain, hingga memblokir situs web berbahaya.

Email Security

Email Security merupakan rangkaian tindakan dan perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi sistem dan pengguna dari ancaman yang terkait dengan email. Ini termasuk deteksi dan pencegahan phishing (upaya memperoleh informasi sensitif dengan pura-pura menjadi orang lain), melalui lampiran email, spam yang berpotensi mencurigakan. Memasang network security pada email sangat penting untuk menjaganya agar tetap aman. Tanpa aplikasi tambahan, biasanya email sudah dibekali dengan fitur keamanan seperti software anti-spam. Fitur ini berguna untuk melindungi pengguna dari email spam yang mungkin berisi ancaman serangan cyber.

Web Security

Web security merupakan Jenis keamanan yang digunakan untuk melindungi website, Web bisnis sangat penting untuk diamankan karena di dalamnya menyimpan banyak data pelanggan. Keamanan web melibatkan pencegahan dan deteksi serangan siber seperti serangan injeksi SQL, serangan cross-site scripting (XSS), serangan cross-site request forgery (CSRF), dan serangan lainnya yang dapat memanfaatkan celah keamanan pada website.

Baca juga : Inilah Cara Terbaik Mendapatkan Sertifikat Cyber Security Dengan Mudah

Keamanan jaringan di era digital saat ini begitu penting dimana segala hal serba terkoneksi,  Hacker akan selalu mencari cara untuk membobol pertahanan jaringan demi kepentingan pribadi. Sistem keamanan jaringan yang tidak baik bisa mengakibatkan masalah dan kerusakan pada jaringan komputer dan mengakibatkan kerugian, mulai dari kerusakan perangkat hingga gagal closing akibat calon pelanggan tidak dapat berinteraksi dan memperoleh informasi dengan baik.

Ayo menjadi seorang IT Specialist handal bersama MyEduSolve

Kebutuhan Network Security begitu tinggi akan tetapi ahli di bidang tersebut belum begitu banyak tersedia di Indonesia. Peluang kerja sebagai Network Security  terbuka lebar. Langkah awal yang bisa kamu lakukan apabila ingin menjadi seorang profesional di bidang IT adalah mengikuti sertifikasi bersama MyEduSolve. Di sana tersedia Sertifikasi IT Specialist yang bisa menjembatani kamu sukses menjadi Network Security, profesi yang begitu dicari dan dibutuhkan di pesatnya perkembangan teknologi seperti saat ini.


Referensi:

https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-network-security/ 

https://cloudmatika.co.id/blog-detail/network-security-adalah 

https://cloudmatika.co.id/blog-detail/macam-macam-keamanan-jaringan 

Related Tags

IT Specialist
Network Security
Keamanan Siber

708

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.