Kenal Lebih Jauh Apple WWDC 2022 di Juni Mendatang!

Apple WWDC 2022 merupakan singkatan dari Worldwide Developers Conference, yang memiliki arti yaitu semua tentang software ketiga yang membuat aplikasi untuk produk Apple contohnya, seperti iPhone, iPad, Mac, dan sebagainya. Akan mengadakan konferensi tahunannya yang akan diadakan pada bulan Juni 2022. Apple mengundang para developers untuk mengangkat topik mengenai perubahan seluruh sistem yang akan datang di tahun mendatang sehingga mereka.

Posted: Monday, May 16, 2022

Updated: Wednesday, May 25, 2022

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

| Posted: Monday, May 16, 2022

Share:

Kenal Lebih Jauh Apple WWDC 2022 di Juni Mendatang! cover

Kenal Lebih Jauh Apple WWDC 2022 di Juni Mendatang!

    WWDC merupakan singkatan dari Worldwide Developers Conference, yang memiliki arti yaitu semua tentang software ketiga yang membuat aplikasi untuk produk Apple contohnya seperti iPhone, iPad, Mac, dan sebagainya. Apple mengundang para developers untuk mengangkat topik mengenai perubahan seluruh sistem yang akan datang di tahun mendatang sehingga mereka. Di konferensi itu akan ada kegiatan lain seperti pidato, acara networking dan juga workshops. 

    Kenal Lebih Jauh Apple WWDC 2022 di Juni Mendatang!

    • Sumber: 9to5mac.com
    • Apa itu WWDC 2022?

      WWDC merupakan konferensi pengembang seluruh Dunia tahunan yang diselenggarakan oleh Apple di mana pengembang atau developer dapat menghadiri acara dan bertemu dengan beberapa staff Apple yang bekerja di bidang aplikasi. Setiap tahun, biasanya di pertengahan tahun kira - kira bulan Juni. Apple mengadakan konferensi pengembang untuk mengumumkan pembaruan software utama yang akan datang ke semua platformnya.

       Semua pengumuman yang ditujukan kepada konsumen yang disiarkan langsung secara online. Apple sepertinya, juga akan mengadakan presentasi lain untuk ditonton oleh pengembang dan siswa. Ide di balik seluruh konferensi adalah untuk membuat pengembang mengetahui perkembangan terbaru Apple sehingga mereka dapat mempersiapkan dan memperbarui aplikasi mereka secara memadai. Ini juga memberi tanda atau pemeberitahuan kepada mitra mengenai apa yang Apple lakukan.

      Kapan WWDC 2022 Diadakan?

      Apple mengumumkan bahwa WWDC 2022 akan diadakan pada awal Juni, dengan acara tersebut berlangsung dari 6 Juni hingga 10 Juni. Konferensi Pengembang Seluruh Dunia ke-33 ini akan sekali lagi menjadi acara yang diadakan secara online atau digital tanpa pertemuan fisik karena pandemi yang sekarang sedang terjadi.

      Bagaimana Cara Menonton WWDC 2022?

      Jika dilihat dari acara WWDC tahun - tahun sebelumnya, juga diadakan secara online. Untuk WWDC 2022, beberapa peserta akan dapat hadir. Apple akan menyiarkan langsung pidato pembukaan untuk semua di situs webnya dan di tempat lain, seperti di YouTube. 

      Apple akan menyiarkan langsung keynote utamanya di YouTube channel Apple sendiri. Setelah siaran keynote, Apple juga akan menjadi tuan rumah presentasi State of the Union untuk pengembang dan siswa. Kita dapat menonton presentasi di berbagai jenis produk Apple. 

      Apa yang bisa kita nantikan untuk WWDC 2022?

      Diperkirakan bahwa Apple akan memperkenalkan perangkat lunak yang terbaru untuk beberapa produknya yaitu iOS 16, iPadOS 16, macOS 13, tvOS 16, dan watchOS 9 di WWDC 2022. Apple juga akan memberi pengembang akses ke insinyur dan teknologi Apple untuk mempelajari cara membuat aplikasi inovatif dan pengalaman interaktif. Apple juga berencana, setelah meluncurkan pembaruan perangkat lunak ini, Apple akan menawarkan beta test atau tes dulu oleh para pengembang, apakah ada kesalahan pada perangkat lunak tersebut sebelum di rilis secara resmi ke seluruh dunia. 

      Untuk iOS 16 sendiri, tidak terlalu banyak info mengenai pembaruan perangkat lunak baru. Tetapi berdasarkan rumor akhir-akhir ini tidak ada perubahan desain besar yang akan datang tahun ini, tetapi akan datang beberapa fitur baru yang menarik yang cocok bagi pengguna.

      Di acara besar ini Apple WWDC 2022 mengadakan lomba untuk siswa yang tertarik dengan coding atau membuat aplikasi. Pemenang dari lomba ini akan mendapatkan hadiah yang sangat menarik, seperti bisa langsung mendapatkan kesempatan menjadi anggota di Apple Developer Program loh.  

      Baca juga : 5 Alasan Mengapa iOS Developer Adalah Profesi yang Menjanjikan

      Apa yang Developer/Pengembang butuhkan untuk membuat Aplikasi untuk Apple?

      Swift adalah bahasa pemrograman yang kuat dan intuitif yang dibuat oleh Apple untuk membuat aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Ini dirancang untuk memberi pengembang lebih banyak kebebasan dari sebelumnya. Swift mudah digunakan dan open source. Jadi, siapa pun yang memiliki ide dapat membuat sesuatu yang luar biasa.

      Apple Swift merupakan program bahasa khusus Apple yang cepat dan efisien yang memberikan umpan balik waktu nyata dan dapat digabungkan dengan mulus ke dalam kode Objective-C yang ada. Jadi pengembang dapat menulis kode yang lebih aman dan andal, menghemat waktu, dan menciptakan pengalaman aplikasi yang lebih kaya.

      Untuk kalian yang ingin menjadi Apple Developer, bisa banget loh belajar sendiri tanpa adanya naungan dari perusahan lain. Setelah kalian sudah belajar dan merasa bisa menjadi Apple Developer, kamu butuh sertifikasi untuk mevalidasi skill kamu untuk menambahkannya di CV atau Linkedin, yang bisa menjadi nilai tambah yang besar untuk para perekrut kerja merekrut diri kalian. MyEduSolve Apple Swift merupakan salah satunya. Sebelum kamu mengambil sertifikasi Apple Swift ini kamu bisa belajar terlebih dahulu dari kurikulum yang disediakan, belajar melalui Learn Key dan latihan dengan CertPrep. Kamu akan menjadi lebih siap untuk mendapatkan sertifikasinya.

      Referensi:
      WWDC22 - Apple Developer. Diakses pada 16 May 2022

    Article Tag:

    WWDC 2022Apple SwiftApple WWDCBahasa Pemrograman Apple Swift

    Category:

    Teknologi

    Written By

    author:Aldy Immanuel Admin

    Aldy Immanuel

    Articles Info

    author:Aldy Immanuel Admin

    Aldy Immanuel

    Kenal Lebih Jauh Apple WWDC 2022 di Juni Mendatang!

    Posted: Monday, May 16, 2022

    Updated: Wednesday, May 25, 2022

    Article Tag:

    WWDC 2022Apple SwiftApple WWDCBahasa Pemrograman Apple Swift

    Category:

    Teknologi

    Share:

    Recommended Articles

    Suggest a Topic

    What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.