Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Inilah Pentingnya Memiliki Sertifikasi Unity di Indonesia Sebagai Game Developer

Memiliki sertifikasi unity di Indonesia menjadi sangat penting, karena Indonesia menempati peringkat 12 pada pasar gaming dunia. Baca selengkapnya di sini!

Posted: Wednesday, Jun 15, 2022

Share:

Inilah Pentingnya Memiliki Sertifikasi Unity di Indonesia Sebagai Game Developer cover

Unity game engine merupakan software untuk membuat game yang paling banyak digunakan saat ini. Jika kamu adalah seorang game developer, sertifikasi Unity di Indonesia akan sangat bermanfaat buatmu.

Pemilik sertifikasi Unity ini bisa dikatakan kompeten dan kredibel dalam mengembangkan program atau game menggunakan Unity game engine.

Seorang game developer yang sudah memiliki sertifikasi akan lebih stand out dan menarik perhatian saat melamar pekerjaan. Penasaran tentang sertifikasi Unity? Cari tahu di bawah ini ya!

Mengenal Unity Game Engine

Unity 3D merupakan nama software game engine yang dibuat oleh Unity Technologies yang didirikan pertama kali tahun 2004 di Copenhagen, Denmark. Unity dapat digunakan untuk membuat game di berbagai platform karena bersifat cross-platform.

Cross-platform artinya kamu bisa membuat dan mempublikasikan game di berbagai platform,  mulai dari iOS, Android, Windows, Linux, Playstation, Wii dan lain-lain. Unity 3D ini banyak disukai para game developer terutama oleh pemula. Alasannya, Unity 3D memiliki user interface yang lebih sederhana dibandingkan game engine lainnya, sehingga lebih mudah dipahami.

Genre atau jenis game yang bisa dibuat menggunakan Unity 3D ini juga bermacam-macam, mulai dari game bergaya casual, VR (Virtual Reality) hingga AR (Augmented Reality). Berbagai tools telah tersedia dalam Unity 3D untuk memudahkan penggunanya dalam membuat dan mengembangkan game.

Baca juga: Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan?

Macam-macam Fitur dalam Unity 3D 

Berikut ini adalah beberapa fitur dalam Unity 3D yang perlu kamu ketahui.

1. Rendering

Pada Unity 3D, terdapat beberapa jenis graphics engine yang digunakan untuk rendering game, yaitu OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii).

Selain itu, ada pula jenis rendering tambahan lainnya, seperti bump mapping Screen Space Ambient Occlusion (SSAO), reflection mapping, dan sebagainya.

2. Text Editor

Unity 3D juga menyediakan fitur text editor yang berfungsi untuk memasukkan script ke dalam game bernama Mono Develop.

Script yang dimasukkan kedalam text editor ini menggunakan bahasa pemrograman C# (C-Sharp) atau JavaScript. Namun, untuk versi Unity 3D terbaru JavaScript sudah tidak digunakan lagi karena dirasa sudah usang.

3. Assets Store

Assets store atau toko aset adalah fitur Unity 3D yang berfungsi untuk mencari aset seperti 2D dan 3D. Jenis aset yang terdapat pada assets store ada yang gratis dan juga berbayar tergantung dari yang kita pilih.

Pentingnya Memiliki Sertifikasi Unity di Indonesia

Sebagai seorang game developer, sertifikasi Unity tentunya merupakan hal yang sangat penting dan juga bermanfaat. Game developer yang sudah berstatus Unity certified akan dinilai lebih kompeten dan capable dalam membuat dan mengembangkan sebuah game.

Menurut data ISPL (Indonesia Esports Premier League), Indonesia menduduki posisi 12 di pasar gaming dunia dengan jumlah pemain game aktif mencapai 62,1 juta orang. Berdasarkan informasi tersebut, game developer akan sangat dibutuhkan di Indonesia.

Seorang game developer yang memiliki sertifikasi Unity akan meningkatkan value, lebih mudah dilirik HRD, dan mendapatkan bayaran yang lebih tinggi. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menjadi game developer profesional sebaiknya memiliki sertifikasi Unity ini.

Baca juga: iOS Developer: High Demand, Competitive Salary, Creative Work? Pelajari Skill nya Sekarang!

Untuk mendapatkan sertifikasi Unity, kamu bisa mengikuti program Unity Certified User dari MyEduSolve. Terdapat tiga jenis sertifikasi Unity yang bisa kamu pilih di MyEduSolve, yaitu Unity Certified Programmer, Unity Certified Artist, dan Unity Certified VR Developer.


Setelah berhasil menyelesaikan program tersebut dengan baik, kamu akan mendapatkan sertifikasi Unity yang diakui secara nasional dan internasional untuk meningkatkan kredibilitas sebagai game developer profesional. Tertarik memiliki sertifikasinya? Hubungi MyEduSolve melalui WhatsApp (+6287857067313) untuk informasi lebih lanjut.


Cukup sekian informasi terkait pentingnya memiliki sertifikasi Unity di Indonesia kali ini, semoga bermanfaat ya.

Related Tags

sertifikasi unity di Indonesia
unity
sertifikasi unity

2,925

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.