Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan ?

Teman teman terutama yang berkecimpung dibidang IT dan Games tentu sudah mengenal dan paham tentang Unity. Banyak games yang dibentuk serta diproduksi dalam Unity sehingga ketika nama ini sudah masuk ke dalam telinga kita, kita tentu paham secara garis besar apa itu Unity dan berbagai jenis didalamnya.

Posted: Wednesday, May 25, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

| Posted: Wednesday, May 25, 2022

Share:

Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan ? cover

Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan?

Teman teman terutama yang berkecimpung dibidang IT dan Games tentu sudah mengenal dan paham tentang Unity. Banyak games yang dibentuk serta diproduksi dalam Unity sehingga ketika nama ini sudah masuk ke dalam telinga kita, kita tentu paham secara garis besar apa itu Unity dan berbagai jenis didalamnya. Ayo kita telusuri lebih dalam yuk, mengenai dunia pembuatan games di Unity.

1. Unity dan Pemahaman Dasarnya 

Seperti yang kita tahu, Unity adalah mesin permainan yang dikembangkan oleh Unity Tehcnology. Unity ini sendiri telah diproduksi sejak sekitar 13 tahun yang lalu oleh Apple Inc. Secara garis besar, Unity ini sendiri sebenarnya bukan hanya berkecimpung dan mengurus dunia game namun juga ada beberapa bidang lain. Bidang yang diambil antara lain Games, Arsitektur, Automotif dan Film. Antara satu bidang dengan yang lain bisa jadi terkesan tidak memiliki kesinambungan yang berarti. Namun Unity berhasil mengembangkan empat bidang utama tersebut dan memiliki nama besar di pasar dunia. Unity bekerja sama dan berhasil menghasilkan dua produk besar, yaitu Unity Pro dan Unity Gaming Services. 


Baca Juga: Mengenal Istilah Metaverse dan Cara Kerjanya

2. Produk Unity 

Jika ditelaah lebih jauh lagi, Unity sampai saat ini menghasilkan banyak produk yang bisa kita gunakan dengan membayar sejumlah harga yang ditentukan. Macam macam produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut : 

Unity Pro : Produk ini cocok digunakan untuk kita semua yang sedang berkecimpung dalam dunia desain. Karena produk ini menyediakan segala fasilitas yang kita butuhkan dalam proses pembuatan dan pengoperasian animasi 3D yang terlihat nyata dalam layar. 

Unity Industrial Collection : Produk ini memberikan fasilitas kepada kita untuk Virtual Reality dengan real time 3D dengan visualisasi alat alat atau fasilitas yang ada. 

Unity Enterprise : Produk pada bidang ini memiliki skala yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena produk ini dihasilkan guna untuk memberikan fasilitas kepada perusahaan besar untuk membuat target (goals) dalam skala besar atau bisa jadi dalam skala nasional dan internasional. 

Unity Ads : Produk ini berada pada bidang keuangan. Fasilitas yang disediakan digunakan untuk  monetisasi dan berbagai solusi untuk menyuport pendapatan kita dan untuk mencapai serta meningkatkan target yang ada. 

Unity MARS : Fasilitas yang disediakan dalam produk ini adalah menciptakan suatu pemikiran dan hasil intelligent dari AR yang tersambung langsung dengan lingkungan sekitar kita berada. 

VisualLive : Unity menyediakan sebuah fasilitas yang lagi lagi disediakan melalui fitur Augmented Reality (AR) menggunakan ponsel atau device untuk meningkatkan efisiensi untuk sebuah bisnis konstruksi. 

Unity Reflect : Produk ini cocok untuk membuat pengalaman baru menggunakan real time 3D termasuk fitur VR dan AR didalamnya. Dari BIM yang ada kita sebagai pengguna semakin mampu lebih memiliki efek dan pasti dalam membuat suatu keputusan. 

Unity ArtEngine : Unity menciptakan produk ini guna untuk membuat sebuah karya dan perbaikian dari material yang ultra realistic dan graphic menggunakan AI-assisted artistry. 

Pixyz Plugin : Produk ini digunakan untuk mengimpor, mempersiapkan dan mengoptimisasi model CAD, mesh dan point cloud untuk menghasilkan visualisasi yang menarik, semenarik yang bisa Unity lakukan. 


Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan ?


Baca Juga: 5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse

3. Solusi yang diberikan oleh Unity. 

Seperti yang telah dijelaskan pada awal pembahasan, ketika kita bahas Unity tentu hal pertama yang kita bayangkan di pikiran adalah games, proses pembuatan dan hasil final berjalannya. Namun setelah melihat produk yang ada, tentu kita paham bahwa Unity bukan hanya menyediakan fasilitas dalam bentuk permainan namun dalam bidang lain yang berhubungan dengan IT. 

Solusi yang disediakan oleh Unity ini sendiri sebenarnya memiliki beberapa poin besar yang diharapkan dengan adanya Unity ini kita semakin terbantu. Solusi yang ada tentu tidak jauh dari penggunaan IT dan teknologi terbarukan. Melalui fasilitas ini diharapkan konsumen dapat memahami bahwa Unity dan berbagai macam produknya menghasilkan banyak fasilitas yang bersedia membantu kita semua dalam membuat banyak karya. 

Beberapa poin solusi yang Unity sediakan adalah sebagai berikut : 

Games 

Automotive, Transportation & Manufacturing

Film, Animations & Cinematics

Architecture, Engineering & Constructions

Government & Aerospace

Gambling 

Accelerate Solutions

Verified Solutions Partner

Case Studies 


Untuk kalian yang ingin menjadi Programmer atau Developer sebuah permainan, kalian dapat mempelajari nya secara mandiri lho, tanpa harus ada naungan dari perusahaan lain. Setelah kalian sudah belajar dan merasa bisa menjadi Programmer atau Developer games, kamu butuh sertifikasi untuk mevalidasi skill kamu untuk menambahkannya di CV atau Linkedin, yang bisa menjadi nilai tambah yang besar untuk para perekrut kerja merekrut diri kalian. MyEduSolve menyediakan test sertifikasi internasional secara resmi. Sebelum kamu mengambil sertifikasi Unity ini kamu bisa belajar terlebih dahulu dari kurikulum yang disediakan, belajar melalui Courseware dan latihan dengan CertPrep. Kamu akan menjadi lebih siap untuk mendapatkan sertifikasinya.

Referensi : 

Unity Real-Time Development Platform. Diakses pada 23 Mei 2022 

Article Tag:

UnityGamesIT

Category:

Teknologi

Written By

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

Articles Info

author:Aldy Immanuel Admin

Aldy Immanuel

Apa itu Unity : 3D Mesin Permainan ?

Posted: Wednesday, May 25, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

UnityGamesIT

Category:

Teknologi

Share:

619

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.