6 Contoh Pertanyaan Interview Project Manager dan Tips Menjawabnya

Sedang mempersiapkan diri untuk interview project manager? Coba baca artikel ini supaya kamu lebih punya gambaran cara menghadapi wawancara tersebut!

Posted: Friday, Feb 04, 2022

Updated: Friday, Feb 04, 2022

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

| Posted: Friday, Feb 04, 2022

Share:

6 Contoh Pertanyaan Interview Project Manager dan Tips Menjawabnya cover

Tahap wawancara terkadang masih menjadi ketakutan terbesar bagi sebagian orang. Beda posisi yang dilamar, berbeda pula pertanyaan yang biasanya perekrut ajukan. Khusus di artikel ini, mari kita pelajari contoh pertanyaan interview Project Manager serta strategi menjawabnya!

  1. Ceritakan tentang project yang pernah kamu kerjakan.

Rekruter atau user bisa bertanya tentang project terakhir yang kamu kerjakan untuk mendapatkan gambaran tentang project apa yang biasanya kamu handle, pendekatan project management yang kamu gunakan, jumlah anggota tim, dan detail lainnya.


Deskripsikanlah informasi penting tentang project tersebut seperti tujuan utama project, ukuran tim, dan bagaimana pendekatan yang kamu lakukan. Kamu juga bisa menyebutkan sesuatu yang kamu pelajari atau kesuksesan project tersebut secara kuantitatif.


Baca Juga: Apa Pentingnya Pelatihan dan Sertifikasi Project Management?
  1. Apakah kamu pernah bekerja di industri ini sebelumnya?

Karena perusahaan pasti ingin memilih orang yang punya hard skill dan soft skill yang relevan dengan perusahaan, pertanyaan ini kemungkinan besar akan diajukan. Jika kamu memang pernah punya pengalaman bekerja di industri perusahaan yang kamu lamar, ini bisa jadi poin plus.


Tetapi, jika kamu belum memiliki pengalaman tersebut, jangan menyerah karena peluang untuk diterima tetap ada. Kamu perlu menunjukkan bahwa project management skill yang kamu punya, bisa kamu terapkan di industri mana pun. Jawab dengan percaya diri, ya!

  1. Apakah kamu pernah mengatur budget suatu project?

Suatu project pasti berkaitan erat dengan penganggaran keuangan, salah satunya di tahap pembuatan project management plan. Biasanya, mereka akan menanyakan hal ini untuk tahu seberapa luas project management skill yang kamu punya.


Ceritakan pengalamanmu mengatur keuangan di project sebelumnya mulai dari mengestimasi budget, alokasi dana, pencatatan pengeluaran, dan bagaimana kamu menyiapkan pengeluaran yang tidak terduga.


Jika kamu belum memiliki pengalaman mengatur keuangan, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menjelaskan apa yang kamu ketahui tentang budget management atau pengalaman mengelola keuangan di kehidupan pribadimu jika memang relevan. Keinginan untuk mempelajari skill baru seharusnya tetap bisa menjadi poin plus.


Baca Juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager
  1. Bagaimana cara kamu mengatur skala prioritas?

Mengetahui cara mengatur prioritas merupakan kunci dalam project management. Ada kemungkinan rekruter akan menanyakan hal ini beserta alasan di balik pengaturan skala prioritasmu. Dengan begitu, task & time management skill yang kamu miliki juga dapat dinilai oleh pewawancara.


Sambungkan kembali jawabanmu dengan kepentingan project yang kamu kerjakan. Jawabanmu mungkin juga berisi tentang pertimbanganmu terhadap deadline, kebutuhan stakeholder, atau tugas-tugas penting yang dapat berpengaruh besar terhadap keseluruhan project. Kamu juga bisa memberikan contoh dari project yang telah kamu pimpin sebelumnya.

  1. Coba ceritakan project-mu yang paling sukses/berhasil.

Di pertanyaan ini, rekruter tidak hanya ingin tahu sejauh mana keberhasilanmu dalam mengatur project, tetapi mereka juga ingin melihat apa definisi kesuksesan suatu project menurutmu.


Jangan terlalu undersell diri kamu dan jangan juga terlalu jumawa. Manfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kekuatanmu sebagai Project Manager. Suatu project yang sukses dapat dinilai dari tercapai atau tidaknya project goals, ketepatan waktu/deadlinees, atau efisiensi budget. Namun, keberhasilan juga bisa dilihat dari perubahan/dampak yang bisa terwujud dari project tersebut.

  1. Coba ceritakan pengalamanmu saat project yang kamu kerjakan tidak berjalan lancar.

Jangan tutupi kesulitan atau ketidaklancaran dalam project karena hambatan merupakan hal yang biasa terjadi. Rekruter ingin melihat bagaimana caramu menghadapi situasi saat project tidak berjalan sesuai rencana.


Kamu bisa menjelaskan pengalamanmu di project sebelumnya dan bagaimana caramu melakukan suatu perubahan dalam proses project management. Coba gunakan metode STAR saat menjawab pertanyaan ini.

S = Situation. Jelaskan secara singkat tentang hambatan yang kamu dapati dan apa saja penyebabnya.
T = Task. Tugas apa yang kamu kerjakan atau delegasikan ke anggota tim untuk menyelesaikan hambatan tersebut.

A = Action. Deskripsikan apa yang kamu lakukan dan bagaimana caramu melakukannya.

R = Result. Jelaskan hasil dari upaya yang telah dilakukan dan pelajaran apa yang kamu ambil dari pengalaman tersebut.


Dari beberapa contoh pertanyaan di atas, dapat dilihat bahwa seorang Project Manager harus memiliki soft skill yang sangat beragam. Jika kamu tertarik untuk menekuni konsep dan bidang project management serta tools dan framework apa saja yang bisa dipelajari untuk diterapkan di berbagai industri, kamu bisa mengikuti sertifikasi Project Management Ready. Sertifikasi ini berlaku secara internasional dan berlaku seumur hidup. Jika kamu telah tersertifikasi, maka kamu memiliki bukti kredibel atas project management skill yang kamu punya dibandingkan dengan mereka yang belum tersertifikasi.


Demikian contoh pertanyaan interview Project Manager dan strategi menjawabnya. Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai tips wawancara kerja, post pertanyaanmu secara anonim di Talk to DIAN untuk mendapatkan solusi dari Career Consultant kami. Semoga kamu berhasil di tahap wawancara, ya!


Referensi

12 Project Manager Interview Questions and How to Answer Them. Diakses pada 2 Februari 2022.


Best 25 Project Manager Interview Questions (2022). Diakses pada 2 Februari 2022.

Article Tag:

pertanyaan interview project manager,tanggung jawab project manager,sertifikasi project management

Category:

Pencarian Kerja

Written By

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

Articles Info

author:Alisatul Aini

Alisatul Aini

6 Contoh Pertanyaan Interview Project Manager dan Tips Menjawabnya

Posted: Friday, Feb 04, 2022

Updated: Friday, Feb 04, 2022

Article Tag:

pertanyaan interview project manager,tanggung jawab project manager,sertifikasi project management

Category:

Pencarian Kerja

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.