5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse

Apa saja profesi yang dibutuhkan dalam dunia metaverse yang diprediksi akan menguasai teknologi di masa depan? Ketahui selengkapnya melalui artikel ini!

Posted: Thursday, Feb 10, 2022

Updated: Thursday, Feb 10, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Thursday, Feb 10, 2022

Share:

5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse cover

Metaverse adalah gabungan dari artificial intelligent (AI) dan virtual reality (VR) sehingga dapat menciptakan ekosistem virtual yang diakses melalui internet. Kini, metaverse semakin populer usai  Mark Zuckerberg, selaku CEO dari Facebook yang mengumumkan pergantian nama perusahaannya menjadi “Meta” pada tanggal 28 Oktober 2021 lalu.

Baca juga: Mengenal Istilah Metaverse dan Cara Kerjanya

Seiring dengan perkembangan Metaverse, yang sudah ada seperti game online Roblox, Minecraft, dan sejenisnya, membuat berbagai perusahaan cenderung membutuhkan tenaga kerja yang berkompeten dalam bidang IT dan menguasainya. Berikut ini adalah lima profesi atau pekerjaan teratas yang akan menjadi tren di era Metaverse di masa mendatang:

1. Software Engineer

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berinovasi, perusahaan teknologi dan game akan diminta untuk menangani sejumlah besar data dan informasi yang akan melampaui pencarian web.

Oleh karena itu, perusahaan akan membutuhkan software engineer yang memiliki keahlian dalam mendesain sistem yang berskala besar termasuk jaringan dan penyimpanan data, distributed computing, UI design, artificial intelligence, dan lain sebagainya.

Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

2. Game Designer

Sebagai game designer untuk perusahaan yang bergelut di dunia Metavers, kamu akan diminta untuk menjadi garda terdepan dalam pembuatan prototype, mulai dari pembuatan, perancangan, dan game berbasis virtual reality (VR).

Dengan demikian, para game designer akan diminta untuk merancang game dari awal sampai akhir saat bekerja dengan tim Produk, Desain, dan Eksekutif. Skill yang dibutuhkan yakni sebagai seorang game designer, kamu harus memiliki soft skill seperti memberikan umpan balik atau feedback secara real-time dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat.

3. NFT Strategist

Apakah kamu pernah mendengar istilah NFT? NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token yang merupakan aset digital dalam mata uang crypto. NFT ini digunakan sebagai bukti kepemilikan barang dengan menggunakan cryptocurrency. Barang yang dapat dibeli pada umumnya media digital, contohnya seperti karya seni, musik, rekaman video, dan sejenisnya.

Sebagai NFT Strategist, kamu dituntut untuk harus memiliki pengetahuan mendalam seputar teknologi blockchain dan juga terlibat dalam menciptakan konsep dan program dari NFT. Jika kamu ingin menjadi seorang NFT Strategist, kamu juga harus memiliki kemampuan menganalisis tren industri untuk memberikan wawasan dan peluang strategis yang dapat ditindaklanjuti. Selain itu, kamu juga harus membuat berbagai strategi untuk menggabungkan konsep NFT, gamification, implementasi taktis, dan desain untuk menciptakan user experiences yang menarik.

4. Blockchain Engineer

Seorang blockchain engineer adalah individu yang membantu dalam implementasi dan pembuatan blockchain digital untuk perusahaan. Idealnya, mereka harus bekerja pada platform blockchain untuk merancang, mengimplementasikan, menguji, menyebarkan, dan juga mengelola sistem perangkat lunak.

Jika kamu tertarik menggeluti bidang ini, kamu wajib memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai alat pemrograman dan pemahaman seputar ekosistem yang terdesentrasi. Selain itu juga, harus berkolaborasi dengan software engineer lainnya dan membantu mereka mengembangkan dan menyebarkan software.

5. Product Manager

Product manager yang bekerja di perusahaan Metaverse, akan bertanggung jawab atas pemasaran produk di bidang virtual reality (VR), berinovasi dalam teknologi agar bisa menjangkau dan memperluas koneksi antar manusia secara jarak jauh, dan juga mereka akan terlibat dalam strategi pemasaran produk. Fokus utama bagi seorang product manager yaitu dapat memahami sudut pandang dari pengguna, mengumpulkan umpan balik, dan memanfaatkan peluang yang tepat.

Baca juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Itu dia kelima profesi yang akan dibutuhkan dalam dunia Metaverse yang akan datang. Apakah kamu sudah tertarik untuk berkarier di bidang tersebut? Lantas, sudahkah kamu menyiapkan skill dan kompetensimu di bidang IT, agar bisa berkontribusi terhadap perkembangan Metaverse di Indonesia maupun dalam skala internasional?

Salah satu alternatifnya kamu bisa mengambil sertifikasi IT Specialist di MyEduSolve. Sertifikasi IT Specialist adalah sertifikasi yang bertaraf internasional oleh Pearson Vue untuk memvalidasi skill kamu di bidang IT, termasuk network and security, artificial intelligence and computing, software development, maupun coding.

Baca juga: Ingin Berkarier di Bidang IT? Kenali Apa Itu Sertifikasi IT Specialist

Fasilitas yang akan kamu dapatkan jika mengikuti sertifikasi IT Specialist ini, di antaranya:

1. Akses CertPREP

CertPREP merupakan aplikasi simulasi tes yang di dalamnya berisi soal-soal ujian akurat yang sesuai dengan objective domain dan ujian sertifikasi sebenarnya. Jadi, kamu bisa belajar melalui instruksi step-by-step di setiap soal menggunakan Training Mode. Kemudian kamu juga bisa latihan ujian sertifikasi menggunakan Testing Mode, supaya pada saat waktu ujian nanti kamu sudah terbiasa dengan jenis soalnya!

2. Retake Voucher

Dapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi ulang apabila kamu belum mencapai skor 700/1000.

Tunggu apalagi, segera ikuti sertifikasi IT Specialist di MyEduSolve!


Referensi:
Top 5 'Metaverse' Jobs That Will Rule The Future Of Tech Industry. Diakses pada 9 Januari 2022.

Article Tag:

Profesi,Karier,Pekerjaan IT

Category:

Teknologi

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse

Posted: Thursday, Feb 10, 2022

Updated: Thursday, Feb 10, 2022

Article Tag:

Profesi,Karier,Pekerjaan IT

Category:

Teknologi

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.