Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ingin Berkarir Sebagai Credit Marketing Officer? Ketahui Peran, Tugas, dan Gajinya

Credit marketing officer adalah salah satu profesi yang banyak dicari ini. Setiap perusahaan atau lembaga yang bergerak di bidang keuangan pasti membutuhkan pekerja di bidang ini. Simak informasi lengkapnya di artikel ini!

Posted: Tuesday, Jul 18, 2023

Share:

Ingin Berkarir Sebagai Credit Marketing Officer? Ketahui Peran, Tugas, dan Gajinya cover

Pernahkah kamu mendengar Credit Marketing Officer? Pekerjaan ini berada di bidang leasing dan biasanya ada di perusahaan berbasis keuangan atau finance. Sebenarnya apakah Credit Marketing Officer itu? Lalu, seperti apa tugasnya? Yuk, cari informasi lengkap mengenai Credit Marketing Officer di artikel berikut ini.

Pengertian Credit Marketing Officer

Credit Marketing Officer atau sering disingkat CMO adalah sebuah pekerjaan di ranah leasing dan berada di divisi marketing.

Jadi orang yang memiliki jabatan CMO adalah orang yang bertugas memperkenalkan ke masyarakat dan membantu calon nasabah untuk meminjam uang di bank atau di aplikasi pinjaman.

Seorang CMO juga punya tugas untuk meningkatkan jumlah peminjam dan portofolio volume produksi. Dengan kata lain, CMO adalah pegawai yang bertugas di lapangan dan lebih sering bekerja secara mandiri.

Secara garis besar Credit Marketing Officer bekerja menghadapi klien secara langsung untuk sosialisasi pinjaman ke masyarakat, melakukan survey pada calon nasabah, dan mengevaluasi kelayakan calon nasabah dalam pengajuan pinjaman.

Baca juga: Golden Circle: Pengertian, 3 Pilar Penting, dan Cara Menerapkannya

Peran Credit Marketing Officer

Meskipun pekerjaan utama CMO sebagai surveyor nasabah, tetapi pekerjaan mereka masuk ke divisi marketing di perusahaan finance. Hal itu dikarenakan mereka bekerja secara lapangan untuk melakukan sosialisasi pinjaman ke calon nasabah dan membina relasi baik dengan konsumen.

Berikut ini penjabaran secara garis besar pekerjaan seorang CMO yang wajib kamu ketahui terutama jika kamu tertarik ingin melamar sebagai Credit Marketing Officer.

  1. Melakukan sosialisasi produk pembiayaan (leasing) pada masyarakat yang bertujuan menarik calon nasabah baru.

  2. Mencari nasabah.

  3. Membantu nasabah dalam memproses pinjaman di Bank atau aplikasi pinjaman.

  4. Melaporkan informasi di lapangan tentang kelayakan calon nasabah yang ingin melakukan pinjaman.

  5. Menjalin hubungan baik dengan pihak nasabah dan dealer.

  6. Menganalisa kredit tahap pertama dan mengevaluasi calon nasabah yang akan menerima fasilitas pinjaman.

Melihat dari banyaknya tugas utama seorang Credit Marketing Officer seperti yang disebutkan di atas, kualitas nasabah tergantung dari survey yang dilakukan oleh CMO.

Maka dari itu, sebelum menjadi seorang CMO, perusahaan finance akan melakukan berbagai macam training dan memastikan kualifikasi orang tersebut sudah memadai untuk melakukan beban pekerjaan CMO yang banyak dan cukup berat.

Tugas Credit Marketing Officer

Setelah mengetahui peran Credit Marketing Officer secara ringkas, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai tugas CMO di perusahaan finance.

1. Sebagai Analis Data Nasabah yang Ingin Melakukan Pinjaman

Seorang nasabah yang ingin mengajukan pinjaman harus melalui beberapa tahap sebelum mulai pencairan pinjaman. Pihak pertama dari perusahaan finance yang melakukan seleksi dan survey ke calon nasabah adalah CMO.

CMO akan melakukan analisa data pengajuan kredit calon nasabah yang kemudian data tersebut akan diajukan ke divisi Credit Analyst. Apabila Credit Marketing Officer melakukan survey dengan benar, maka Credit Analyst akan langsung memberikan persetujuan pencairan pinjaman.

Maka dari itu, seorang CMO harus ahli dalam menghitung DSR (Debt Service Ratio) calon nasabah agar dapat memperkirakan keputusan divisi Credit Analyst.

Baca Juga: Email Marketing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

2. Melakukan Marketing

Seperti yang kamu tahu, divisi marketing atau pemasaran adalah divisi yang berperan besar pada kenaikan omset. Namun, divisi marketing di perusahaan finance seperti perbankan atau leasing memiliki target untuk meningkatkan jumlah nasabah yang mengajukan pinjaman.

Semakin banyak jumlah nasabah yang dibawa oleh CMO, maka semakin besar pula insentif yang akan diperoleh. Meski terlihat menggiurkan, tetapi harus diingat bahwa tanggung jawab CMO cukup besar karena mereka-lah yang menentukan kualitas nasabah.

3. Survey

Sebelum calon nasabah mengajukan pinjaman, pastilah pihak perusahaan akan melakukan survey dan evaluasi kelayakan calon nasabah. Orang yang bertugas melakukan survey adalah Credit Marketing Officer.

Saat melakukan survey, seorang CMO harus memastikan keaslian data yang diajukan calon nasabah. Meliputi data tempat tinggal, pekerjaan, penghasilan perbulannya, dan juga jumlah anggota keluarga yang ditanggung calon nasabah.

CMO melakukan survey untuk memastikan kualitas dan kondisi keuangan calon nasabah. Screening tahap pertama yang dilakukan CMO akan menghasilkan evaluasi berupa persetujuan atau penolakan pengajuan pinjaman calon nasabah.

4. Memastikan Kelancaran Pembayaran Pinjaman oleh Nasabah

Beban pekerjaan CMO yang paling berat adalah memastikan kelancaran pembayaran kredit oleh nasabah. Maka dari itu, CMO tidak boleh asal menarik calon nasabah tanpa melihat kualitas dan arus keuangan nasabah.

Perusahaan finance pun menetapkan kebijakan pada CMO agar mereka terus mempertahankan kualitas dan performa kerja supaya tidak merugikan perusahaan. Perusahaan menjadikan FID (First Installment Default) atau besaran cicilan nasabah setiap bulan sebagai salah satu indikator performa kerja dari CMO.

Dengan kata lain, CMO wajib memastikan jika nasabah dapat memenuhi kewajiban pembayaran cicilan setiap bulannya., menjaga mutu cicilan nasabah, dan menjaga agar nasabah melakukan pembayaran tepat waktu sebelum jatuh tempo.

5. Menjalin Relasi Baik dengan Nasabah

Saat pengajuan pinjaman oleh nasabah telah disetujui Credit Analyst, tugas CMO tidak serta-merta selesai. CMO harus terus menjalin hubungan baik dengan nasabah. Sebab, mereka perlu memantau kualitas kredit nasabah dan memastikan nasabah dapat membayar FID yang ditetapkan perusahaan.

Lalu, jika nasabah memiliki mutu cicilan yang bagus dan selalu membayar tepat waktu, perusahaan finance biasanya akan menawari produk pinjaman lainnya melalui CMO. Oleh karena itu, CMO wajib menjalin relasi baik dengan nasabah yang bersangkutan.

Baca Juga: MyEduSolve & Kampus Merdeka Buat Program Sertifikasi Studi Independen

Berapa Jumlah Gaji Credit Marketing Officer?

Jumlah gaji seorang Credit Marketing Officer bisa jadi berbeda-beda tergantung perusahaan. Biasanya perusahaan akan menyesuaikan gaji dengan UMK suatu daerah. Namun biasanya rata-rata gajinya sekitar 3 jutaan.

Itu dia informasi lengkap mengenai Credit Marketing Officer meliputi peran, tugas, dan gajinya. Jika kamu tertarik meniti karir sebagai CMO, yuk, asah keahlian Excel-mu dengan mengikuti kursus sertifikasi Microsoft Excel di MyEduSolve yang sudah diakui secara internasional oleh Microsoft langsung! Tunggu apalagi, gabung kelasnya sekarang di sini!

Sumber:

Sumber:

Voi.id karir.com

Related Tags

credit marketing
pencarian kerja

17,331

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.