Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Digital Branding: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Melakukannya

Mengetahui pengertian digital branding serta contoh strategi untuk melakukannya sangat penting bagi perkembangan bisnis kamu!

Posted: Friday, Feb 24, 2023

Share:

Digital Branding: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Melakukannya cover

Pada zaman dengan perkembangan teknologi yang semakin masif, memaksimalkan strategi penjualan melalui online bisa bermanfaat untuk perkembangan bisnis kamu.


Mengapa bisa begitu? Sekarang ini masyarakat erat dengan pemakaian teknologi seperti di media sosial hingga internet, sehingga memiliki strategi penjualan online yang baik bisa membantu bisnismu terlihat lebih gampang oleh konsumen.


Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membangun digital branding agar bisa menjangkau konsumen lebih luas.


Maka dari itu, kali ini MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu pengertian, manfaat, serta contoh melakukan digital branding yang efektif untuk kelancaran bisnis kamu.


Simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Digital Branding

Menurut Digital Branding Institute, digital branding adalah upaya untuk memperkenalkan bisnis atau produk kepada publik melalui berbagai platform digital seperti website, aplikasi, media sosial, dan lainnya.


Di era yang serba digital ini, branding merupakan salah satu strategi marketing yang paling efektif agar nilai produk bisa tersampaikan dengan baik dan menjalin koneksi dengan konsumen.


Selain itu, melakukan digital branding bisa membantu kamu untuk menjalankan strategi bisnis yang baik dengan melakukan berbagai penawaran khusus atau mempromosikan produk tertentu.


Alhasil, melakukan digital branding akan membantu untuk membangun sebuah brand image dan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada bisnismu.


Baca juga: Apa itu Personal Branding dan Manfaatnya dalam Dunia Kerja


Manfaat Digital Branding

Melakukan digital branding yang tepat bisa memberikanmu berbagai manfaat untuk membangun bisnismu, seperti:


  1. Membangun interaksi dengan konsumen

Berinteraksi dengan konsumen adalah langkah yang sangat penting dalam membangun digital branding.


Berbagai langkah bisa kamu lakukan agar bisa berinteraksi dengan konsumenmu, misalnya dengan membuat konten yang interaktif, mengadakan giveaway, serta membuat konten storytelling.


Dengan melakukan cara-cara tersebut, konsumen bisa tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.


  1. Membuat brand jadi lebih diingat

Digital branding bisa sukses dibangun jika konsumen mengetahui dan selalu mengingat apa ciri khas dari bisnis kamu.


Ciri khas yang gampang diingat ini bisa kamu bangun melalui warna logo, bentuk font, atau gaya bahasa yang dilakukan saat promosi.


Maka dari itu, ciri khas ini bisa menjadi pembeda dari kompetitor bisnis kamu.


  1. Memperluas jangkauan konsumen

Menggunakan strategi digital branding yang baik dapat membantu kamu untuk memperluas jangkauan konsumen bisnis.


Mempromosikan produk melalui online bisa mempermudah konsumen melihat bisnismu dan bahkan punya kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan bisnis lain.


Sehingga, digital branding tidak hanya bisa memperluas jangkauan konsumen namun juga memperluas koneksi bisnis.


Contoh Digital Branding yang Efektif

Agar bisa membangun digital branding yang efektif bagi bisnis, kamu perlu mengetahui beberapa contoh strategi yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan bisnismu di berbagai platform digital, berikut adalah contohnya:


  1. Membuat logo

Logo dibuat sebagai agar bisa mewakili visi dan misi bisnismu serta diusahakan mudah diingat oleh konsumen.


Bisnis kamu harus membuat logo yang merepresentasikan nilai-nilai bisnis, produk, serta target audiens.


  1. Membuat website

Membuat website bisnis dapat membantu konsumen agar bisa lebih tahu banyak tentang informasi produk yang dijual oleh bisnis kamu.


Biasanya, isi website mencakup informasi umum produk, jam kerja pelayanan, testimoni, alamat, serta lainnya.


Agar konsumen nyaman saat mengunjungi website, pastikan website mudah dinavigasi, menjaga konsistensi brand dengan pemilihan warnanya, serta setiap halaman diberikan informasi yang singkat dan padat.


Baca juga: Brand Image: Pengertian, Indikator, dan Cara Membangunnya


  1. Optimasi SEO

Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk dioptimasi agar bisnis kamu bisa ditemukan di mesin pencari seperti Google.


Kamu bisa mengoptimasi SEO bisnis kamu dengan memilih keyword yang relevan dengan bisnis, sehingga bisa disisipkan di artikel yang menjelaskan tentang produk bisnismu hingga tutorialnya.


  1. Menggunakan media sosial

Menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga TikTok bisa memudahkan bisnismu untuk dijangkau oleh konsumen.


Mengapa? Masyarakat sekarang selalu menggunakan Instagram hingga TikTok dalam menjalani kesehariannya, maka dari itu kamu bisa memanfaatkannya untuk bisa menarik konsumen.


Kamu bisa melakukannya dengan mengoptimasi konten media sosial seperti waktu posting, jenis konten, serta gaya bahasa yang digunakan.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar tips karier dan kesehatan mental namun bingung harus bertanya ke siapa, bisa kamu ceritakan secara anonim ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve hanya di #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Digital Branding

2,446

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.