Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Berkarier di Digital Marketing

Digital marketing adalah kunci utama bagi perusahaan di era digital. Simak apa saja tren, skill, yang harus dipelajari serta gaji seorang profesional digital marketing!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Jan 29, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Berkarier di Digital Marketing cover

Digital marketing menjadi bidang pekerjaan yang sedang digandrungi karena memiliki proyeksi yang menjanjikan di masa depan.

Bagi orang yang masih asing dengan digital marketing sering kali mengalami kebingungan, sebab digital marketing memiliki banyak elemen yang perlu dipelajari, seperti content marketing, paid advertising, search engine optimization, dan sebagainya.

Yuk, belajar digital marketing lebih dalam lagi dengan menyimak penjelasan pada artikel ini.

Tren dalam Digital Marketing

Pengertian dari digital marketing adalah metode pemasaran melalui internet dan media digital. Zaman dulu media pemasaran umumnya melalui baliho, brosur, banner, majalah, radio, dan koran.

Namun kini zaman sudah memasuki era digital, metode pemasaran pun ikut mengalami perkembangan dan muncullah metode pemasaran digital marketing yang beberapa tahun terakhir sedang banyak digiati perusahaan.

Strategi digital marketing menjadi tren dan mulai dilirik banyak perusahaan, karena metode pemasaran ini dinilai lebih efektif, hemat, dan optimal. Perusahaan bisa memperluas jangkauan pasar mereka secara efektif hanya melalui internet.

Dikarenakan berbasis internet dan media sosial membuat tren digital marketing sangat cepat berubah. Jadi, apabila kamu tertarik berkarier di bidang digital marketing, kamu harus peka dan terus mengikuti tren.

Berikut ini tren digital marketing yang diprediksi ramai dibahas di 2024. Yuk, simak deretan daftarnya.

  1. Artificial Intelligence

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan teknologi baru yang sedang gencar dikembangan beberapa tahun terakhir.

Teknologi AI akan menjadi tren di dunia digital marketing, karena dapat membantu digital marketer dalam menganalisa segmentasi pasar, membantu membuat konten, menyarankan ide konten, hingga melakukan riset pada sentimen pasar terhadap suatu brand.

Tidak hanya itu saja, teknologi AI juga mampu meningkatkan user engagement, karena memiliki fitur chatbot yang bisa cepat merespon pertanyaan dan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Asah 11 Skill Digital Marketing Ini untuk Siap Bersaing!

  1. Konten Storytelling

Pada tahun 2024 konten storytelling diproyeksikan menjadi tipe konten yang digemari para user, terutama konten storytelling yang berkonsep humanis yang memancing simpati audiens.

Melansir dari laman Glints, beberapa tahun terakhir makin banyak user yang menggemari konten yang bersifat memanusiakan. Artinya user lebih senang dengan brand yang bisa mengerti dan menjalin koneksi dengan mereka. Oleh karena itu, konten storytelling diprediksi dapat menjangkau audiens yang besar.

  1. Pemasaran Interaktif

Pemasaran jadi semakin efektif jika melibatkan konsumen ke dalam kampanye mereka. Untuk mengundang keterlibatan konsumen, strategi pemasaran yang mungkin menjadi tren adalah pemasaran interaktif.

Dengan mengaplikasikan pemasaran interaktif, membuat konsumen merasa dimengerti. Strategi pemasaran interaktif tidak terbatas pada konten interaktif, tapi juga termasuk menyebut nama user dalam promo penawaran yang dikirimkan di chat dan e-mail.

  1. Hyper-Personalization

Strategi pemasaran hyper-personalization juga digadang-gadang semakin populer di tahun 2024. Dalam praktek marketing, strategi ini berhasil menarik banyak audiens untuk terus setia memakai sebuah produk atau layanan tertentu.

Dalam menjalankan strategi hyper-personalization ini, perusahaan tidak hanya menyebut nama user saja dalam kampanye iklannya, tapi juga menyimpan data user. Memanfaatkan data user ini, brand dapat menampilkan perjalanan pemakaian seorang user yang dapat memberikan kesan lebih personal dan autentik.

Contoh perusahaan yang memakai strategi ini adalah Spotify dengan kampanye Spotify Wrapped.

Baca juga: Digital Branding: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Melakukannya

Skill yang Wajib Dikuasai dalam Digital Marketing

Digital marketing memiliki peran besar untuk menarik pelanggan potensial sebanyak-banyaknya supaya mau membeli dan memakai produk yang ditawarkan perusahaan.

Demi mencapai tujuan tersebut, seorang yang bekerja di bidang digital marketing harus menguasai beberapa skill berikut:

  1. Video Marketing

Mengutip dari laman Digital Marketing Institute, sebanyak 8 dari 10 orang tertarik membeli sebuah produk setelah menonton video marketing di media sosial. Berdasarkan survey dari Video Marketing Statistic, video marketing ternyata efektif memberikan ROI (Return on Investment) sebesar 87% pada perusahaan.

Kesuksesan video marketing dalam menarik audiens dan mengembangkan pasar juga didukung oleh popularitas media sosial berbasis video singkat seperti TikTok, Reels Instagram, dan Youtube Short.

Maka dari itu, jika ingin bekerja di digital marketing, penting untuk menguasai teknik membuat video marketing yang menarik banyak penonton.

  1. SEO dan SEM

Dalam dunia digital marketing terdapat istilah SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Setiap orang yang baru berkecimpung di digital marketing harus mempelajari SEO dan SEM sebagai landasan dasar dari digital marketing.

Apabila konsep keduanya berhasil dikuasai, kamu tidak akan kesulitan melakukan optimasi konten yang bisa menarik audiens. Kampanye iklan yang kamu tangani pun berhasil mencapai target.

  1. Content Marketing

Content marketing juga termasuk elemen dasar dari digital marketing sehingga wajib dikuasai. Peran dari content marketing cukup krusial karena tujuannya untuk menaikkan engagement dan menarik audiens sebanyak-banyaknya untuk membeli atau memakai sebuah produk.

Namun, tugas membuat content marketing cukup berat. Kamu harus mempelajari cara membuat konten SEO-friendly yang berkualitas supaya audiens mau memakai layanan dan produk yang ditawarkan.

  1. Data dan Analisa

Digital marketing tidak terlepas dari data dan analisa. Penguasaan data dan analisa berguna untuk memikirkan strategi pemasaran yang bisa dipakai untuk membuat kampanye iklan yang tepat sasaran.

Data yang umumnya dicari adalah topik yang sedang tren, minat audiens di berbagai rentang usia, perilaku konsumen, dan sebagainya. Untuk mengumpulkan data tersebut tools yang sering dipakai adalah Google Analytics atau Ahrefs.

  1. Sosial Media

Selain erat dengan pembuatan konten, digital marketing juga erat kaitannya dengan penguasaan sosial media. Sebab, sosial media menjadi alat penting untuk menarik audiens sesuai target pasar.

Pasalnya membuat sosial media bukan sekadar membuat konten lalu unggah. Supaya tujuan pemasaran bisa tercapai, konten di sosial media harus dibuat relevan, memiliki segmentasi yang jelas, dan juga atraktif supaya orang-orang tertarik melihat konten dan mengunjungi akun sosial media perusahaan.  

Baca juga: Email Marketing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Gaji Digital Marketing

Gaji digital marketing di Indonesia cukup variatif. Besaran gaji biasanya tergantung pada domisili dan pengalaman kerja.

Melansir dari laman Indeed.com, gaji rata-rata digital marketing berada di angka Rp6.046.365,00. Namun di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Kuta, gaji digital marketing bisa mencapai 7 jutaan.

Tips Melamar di Posisi Digital Marketing

Bidang digital marketing memang sedang jadi incaran banyak orang, terutama untuk generasi Milenial dan Gen Z. Di bawah ini akan dijelaskan tips agar kamu bisa diterima saat melamar posisi digital marketing. Yuk, simak!

  1. Latih dan tunjukkan kemahiranmu dalam memainkan sosial media, misalnya bisa membuat konten Instagram yang menarik dan viral.

  2. Belajar berkomunikasi yang baik dan bekerja sama dalam tim. Bisa dengan berlatih public speaking, komunikasi interpersonal, dan berdiskusi.

  3. Pelajarilah sistem algoritma sosial media.

  4. Memahami teknik pengumpulan data dan statistik.

  5. Mengembangkan kemahiran dalam menulis, karena digital marketing erat kaitannya dengan penulisan konten.

  6. Mempelajari konsep desain grafis yang akan sangat membantu kamu membuat visualisasi konten yang atraktif di sosial media.

  7. Ikuti sertifikasi digital marketing untuk memantapkan pemahaman dan penguasaan skill.

Itu dia penjelasan lengkap seputar digital marketing yang wajib diketahui. Untuk kamu yang ingin belajar digital marketing ke tingkat profesional, bisa mendaftarkan diri ke Meta Digital Marketing Associate dari MyEduSolve.

Pada program tersebut kamu akan diajarkan tentang keterampilan digital marketing yang efektif baik secara teori maupun implementasinya. Info lebih lanjut kunjungi laman MyEduSolve.

Sumber:

  1. 6 Tren Digital Marketing 2024 yang Buat Brand Makin Dipercaya https://glints.com/id/lowongan/tren-digital-marketing-2024/ (Diakses Januari 2024)

  2. 10 Essential Skills Every Digital Marketer Needs to Know https://digitalmarketinginstitute.com/blog/7-essential-skills-every-digital-marketer-should-know (Diakses Januari 2024)

  3. Gaji Digital marketer di Indonesia https://id.indeed.com/career/digital-marketer/salaries (Diakses Januari 2024)

  4. How To Get a Job in Digital Marketing in 7 Steps (Plus Tips) https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/how-to-get-a-job-in-digital-marketing (Diakses Januari 2024)

Related Tags

digital marketing

393

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.